Pengaruh sarana prasarana dan lingkungan keluarga terhadap motivasi belajar pembelajaran daring mahasiswa Pendidikan Administrasi Perkantoran

Lailatul Syafa'ah, Cicilia Dyah Sulistyaningrum Indrawati, Muhammad Choerul Umam

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) pengaruh sarana prasarana terhadap motivasi belajar daring siswa PAP, (2) pengaruh lingkungan keluarga terhadap motivasi belajar daring siswa PAP, dan (3) pengaruh sarana prasarana dan lingkungan keluarga terhadap motivasi belajar daring siswa PAP. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei dengan populasi sebanyak 158 siswa PAP angkatan 2020 dan 2021. Sampel yang digunakan adalah 113 siswa PAP. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Proportionate Stratified Random Sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan sarana prasarana terhadap motivasi belajar berdasarkan hasil uji t (thitung 3,531 > ttabel 1,981) dan sig. 0,001 < 0,05, (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan lingkungan keluarga terhadap motivasi belajar berdasarkan hasil uji t (thitung 3,755 > ttabel 1,981) dan sig. 0,000 < 0,05), dan (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan secara simultan sarana prasarana dan lingkungan keluarga terhadap motivasi belajar berdasarkan hasil uji F (Fhitung =22,849 > Ftabel = 3,08) dan sig. 0,000 < 0,05).

Kata kunci: hubungan keluarga; infrastruktur; tekad belajar

Abstract: The purpose of this study was to determine (1) the effect of infrastructure on the online learning motivation of PAP students, (2) the influence of the family environment on the online learning motivation of PAP students, and (3) the influence of infrastructure and family environment on the online learning motivation of PAP students. This study uses a quantitative approach with a survey method with a population of 158 PAP students in the class of 2020 and 2021. The sample used is 113 PAP students. The sampling technique used is proportionate stratified random sampling. The results showed that (1) there was a positive and significant effect of infrastructure on learning motivation based on the results of the t-test (tcount 3,531 > ttable 1,981) and sig. 0.001 < 0.05, (2) there is a positive and significant effect of the family environment on learning motivation based on the results of the t-test (tcount 3.755 > ttable 1.981) and sig. 0.000 < 0.05), and (3) there is a simultaneous positive and significant effect of infrastructure and family environment on learning motivation based on the results of the F test (Fcount =22.849 > Ftable = 3.08) and sig. 0.000 < 0.05).

Keywords: family environment; infrastructure; learning motivation


Keywords

hubungan keluarga; infrastruktur; tekad belajar; family environment; infrastructure; learning motivation

Full Text:

PDF

References

Febrianto, P.T., Mas’udah, S., & Megasari, L.A. (2020). Implementasi of Online Learning during the Covid-19 Pandemic on Madura Island, Indonesia. Internasional Journal of Learning, Teaching and Educational research, 19 (8).

Hasbullah. (2013). Dasar-dasar Ilmu Pendidikan, Jakarta: Rajawali Pers.

Kemendikbud RI. (2020). Pembelajaran secara Daring dan Bekerja dari Rumah dalam Rangka penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19). Nomor: 36962/MPK.A/HK/2020. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/03/se-mendikbud-pembelajaran-secara-daring-dan-bekerja-dari-rumah-untuk-mencegah-penyebaran-covid19 diakses tanggal 7 Juli 2021

Morissan. (2012). Metode Penelitian Survei. Jakarta: Kencana.

Nurhidayah. (2014). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Mahasiswa Program Studi PGSD FKIP Universitas Ahmad Dahlan. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 1 (1).

Nurseto, T. (2012). Membuat Media Pembelajaran yang Menarik. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan, 8(1), 19–35.

Pohan, A.E. (2020). Konsep Pembelajaran Daring Berbasis Pendekatan Imliah. Grobogan: CV. Sarnu Untung.

Rahayu, A.D & Haq, M.S. (2021). Sarana dan Prasarana dalam Mendukung Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 9 (1)

Sardiman, A.M. (2014). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Slameto. (2015). Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.

Universitas Sebelas Maret. (2020). Surat Edaran Rektor Universitas Sebelas Maret.. Nomor: 1480/UN27/HK/2020. Surakarta. Universitas Sebelas Maret https://uns.ac.id/id/uns-update/antisipasi-penyebaran-corona-rektor-uns-keluarkan-surat-edaran.html diakses tanggal 10 Juni 2021

Utami, I.T. (2020). Pengaruh Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Pada Mata Kuliah Korespondensi Indonesia. Jurnal Sekretari & Administrasi (Serasi), 18 (2), 17.

Wahab, Rohmalina. (2016). Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali Pe

Refbacks

  • There are currently no refbacks.