Pelaksanaan job description pegawai di DPMPTSP Kota Surakarta

Lutfiana Fatjriah Anjaswati, Tri Murwaningsih, Nur Rahmi Akbarini

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui pelaksanaan uraian tugas pegawai; (2) mengetahui hambatan dalam penerapan uraian tugas pegawai; dan (3) mengetahui solusi permasalahan pelaksanaan uraian tugas di DPMPTSP Surakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Sumber data penelitian ini meliputi informan, tempat, peristiwa, dan dokumen. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dan snowball sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara semi terstruktur, observasi partisipatif pasif, dan analisis dokumen. Validitas penelitian ini diuji dengan menggunakan triangulasi teknis dan triangulasi sumber. Analisis data menggunakan model interaktif agar hasil penelitian mudah dipahami. Hasil penelitian ini adalah: (1) Pelaksanaan uraian tugas pegawai pada DPMPTSP Kota Surakarta berpedoman pada Visi dan Misi, Peraturan Walikota Surakarta Nomor 40 Tahun 2021, dan Keputusan Walikota Surakarta Nomor 800.1/97.1 Tahun 2021, penyusunannya telah memperhatikan prinsip Sistematis, Jelas, Ringkas, Tepat, dan Taat, serta penempatan pegawai yang tidak sesuai dengan Keputusan Walikota Surakarta Nomor 800.1/97.1 Tahun 2021; (2) Kendala uraian tugas pegawai berupa lambatnya proses pemenuhan jumlah pegawai, belum adanya SOP kerja, bertambahnya beban kerja sebagian pegawai, dan pembatasan pembukaan magang mahasiswa di masa pandemi; dan (3) Solusi permasalahan pelaksanaan uraian tugas pegawai adalah dengan mengajukan usulan kekurangan pegawai kepada BKD Kota Surakarta, menyusun SOP kerja, mengusulkan pembagian beban kerja, dan memanfaatkan sumber daya manusia yang ada.

Kata kunci: beban kerja; kualitatif; sumber daya manusia; uraian tugas

Abstract: This study aims to: (1) determine the implementation of employee job descriptions; (2) know the obstacles in implementing employee job descriptions; and (3) find out the solution to the problem of implementing the job description at DPMPTSP Surakarta. This research uses a qualitative approach with a case study method. This study's data sources include informants, places, events, and documents. The sampling technique used purposive sampling and snowball sampling. Data collection techniques used semi-structured interviews, passive participatory observation, and document analysis. The validity of this research was tested using technical triangulation and source triangulation. Data analysis uses an interactive model to make the research results easy to understand. The results of this study are: (1) The implementation of employee job descriptions at the Surakarta City DPMPTSP guided by the Vision and Mission, Surakarta Mayor Regulation Number 40 of 2021, and Surakarta Mayor's Decree Number 800.1/97.1 of 2021, the preparation has taken into account the principles of Systematic, Clear, Concise, Precise, and Obedient, and the placement of employees who are not in accordance with the Decree of the Mayor of Surakarta Number 800.1/97.1 of 2021; (2) Obstacles in employee job descriptions in the form of the slow process of fulfilling the number of employees, the absence of work SOPs, increasing workloads for some employees, and restrictions on opening student internships during the pandemic; and (3) The solution to the problem of implementing employee job descriptions is submitting a proposal for a shortage of employees to the Surakarta City BKD, compiling work SOPs, proposing workload distribution, and utilizing existing human resources.

Keywords: human resources; job description; qualitative; workload

Keywords

beban kerja; kualitatif; sumber daya manusia; uraian tugas; human resources; job description; qualitative; workload

Full Text:

PDF

References

Afan, I. (2019). Analisis Beban Kerja Pegawai Negeri Sipil Pada Sekretariat Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Energi Sumber Daya Mineral Provinsi DIY (Studi Kasus Jabatan Fungsional Umum). Kumpulan abstrak hasil penelitian STIE Widya Wiwaha Yogyakarta Tahun 2019. Hlm. 20.

Alfariji, M., Rorong, A., & Tampongangoy, D. (2020). Efektivitas Prosedur Rekrutmen Pegawai Negeri Sipil di Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Aparatur Kabupaten Pulau Taliabu. Jurnal Administrasi, 6(97), 70.

Alfian, M., Niswaty, R., Darwis, M., Arhas, S.H., & Salam, R. (2019). Motivasi Kerja Pegawai pada Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Gowa. Journal of Public Administration and Government, 1(2), 43.

Agung, M.M. (2021). Kepastian Hukum Magang Calon Notaris pada Daerah yang Menetapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar. Jurnal Indonesia Sosial Sains, 2(1), 71.

Candra, D. (2022). Pengelolaan E-Arsip di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Surakarta. kumpulan abstrak hasil penelitian Universitas Sebelas Maret Tahun 2022. Hlm. 4.

Efelin, K.S., Pangemanan, S.E., & Kasenda, V. (2022). Peranan Badan Kepegawaian Daerah Dalam Rekrutmen Pegawai Negeri Sipil di Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro Tahun 2019/2020. Jurnal Government.2(1), 2-13.

Hanggraeni, D. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Jorgensen, L. & Asgard, T. (2019). Trust and Control in Project Management. Procedia Computer Science 164, 397-406.

Lumataw, Y.L.H., Massie, R.G.A., & Umboh, J.M.L. (2014). Gambaran Analisis Jabatan, Rekrutmen, Seleksi, Penempatan, dan Promosi Pegawai Pada Jabatan Struktural Dinas Kesehatan Kota Gorontalo Tahun 2014. JIKMU, 4(4), 604.

Mukminin, A., Habibi, A., Prasojo, L.D., & Yuliana, L. (2019). Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Pendidikan. UNY Press.

Mustikawati, F. & Kurniawan, I. (2014). Pengaruh Job Description terhadap Kinerja Karyawan Departemen Security di PT. Wilmar Nabati Indonesia – Gresik. GEMA Ekonomi Jurnal Fakultas Ekonomi, 3(2), 179.

Muzayanah. (2020). Pemahaman Terhadap Tanggung Jawab, Hak, dan Kewajiban Pegawai Terhadap U.U. NO 5 Tahun 2014 Tentang Aparatur Sipil Negara. Jurnal Komunikasi Hukum (JKH) Universitas Pendidikan Ganesha, 6(1), 228-242.

Prayoga, T. (2016). Re-Desain Struktur Organisasi dan Job Analisis PT Citra International Underwriter (CIU Insurance). Kumpulan abstrak hasil penelitian Universitas Airlangga Tahun 2016. Hlm 35.

Priansa, D.J. (2014). Perencanaan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Alfabeta.

Rahardjo, M. (2017). Studi Kasus Dalam Penelitian Kuantitatif: Konsep dan Prosedurnya. Kumpulan abstrak hasil penelitian Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Tahun 2017. Hlm. 2.

Rachmani, A., Susanto, T.D., & Herdiyanti, A. (2014). Pembuatan Standard Operating Procedure (SOP) Service Desk Berdasarkan Kerangka Kerja Itil V3 dengan Menggunakan Metode Analisis Gap Layanan (Studi Kasus: PT. XYZ, Tangerang). Jurnal Teknik Pomits, 3(2), 175-180. http://dx.doi.org/10.12962/j23373539.v3i2.8116

Sativa, O., Mardiana, S., & Lubis, M.S. (2021). Peranan Analisis Jabatan terhadap Kinerja Pegawai pada Sekretariat Daerah Kabupaten Batu Bara. Perspektif. 11(2), 597.

Setiawati, W. (2015). Penyusunan Standard Operating Procedure (SOP) Pada PT Sketsa Cipta Graha di Surabaya. AGORA, 3(1), 515-522.

Supriyanto, S. & Hendriyanti, L. (2021). Analisa Pengaruh SOP (Standard Operating Procedure) Terhadap Kinerja Waiter dan Waitress di In Ballroom Restoran Hotel Ayaartta Malioboro Yogyakarta Indonesia. Journal Of Tourism and Economic, 4(1), 73-84.

Suryani, N. & Lilis. (2020). Manajemen Sumber Daya Manusia (Konsep dan Praktik). Desanta Mulia Visitama.

Utami, H.N., Prasetya, A., & Hendrawan, M.R. (2020). Analisis Beban Kerja Sebagai Dasar Perencanaan Kebutuhan Pegawai. Jurnal Bisnis dan Manajemen, 7(2), 95-105.

Wahjono, Imam, S., Mondy. (2015). Manajemen Sumber Daya Manusia. Salemba Empat.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.