Pengaruh komunikasi dan kecerdasan emosional terhadap kinerja karyawan (Studi pada karyawan swalayan Luwes Gading)

Puspita Kusuma Ningrum, Tri Murwaningsih, Anton Subarno

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui pelaksanaan uraian tugas pegawai; (2) mengetahui hambatan dalam penerapan uraian tugas pegawai; dan (3) mengetahui solusi permasalahan pelaksanaan uraian tugas di DPMPTSP Surakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Sumber data penelitian ini meliputi informan, tempat, peristiwa, dan dokumen. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dan snowball sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara semi terstruktur, observasi partisipatif pasif, dan analisis dokumen. Validitas penelitian ini diuji dengan menggunakan triangulasi teknis dan triangulasi sumber. Analisis data menggunakan model interaktif agar hasil penelitian mudah dipahami. Hasil penelitian ini adalah: (1) Pelaksanaan uraian tugas pegawai pada DPMPTSP Kota Surakarta berpedoman pada Visi dan Misi, Peraturan Walikota Surakarta Nomor 40 Tahun 2021, dan Keputusan Walikota Surakarta Nomor 800.1/97.1 Tahun 2021, penyusunannya telah memperhatikan prinsip Sistematis, Jelas, Ringkas, Tepat, dan Taat, serta penempatan pegawai yang tidak sesuai dengan Keputusan Walikota Surakarta Nomor 800.1/97.1 Tahun 2021; (2) Kendala uraian tugas pegawai berupa lambatnya proses pemenuhan jumlah pegawai, belum adanya SOP kerja, bertambahnya beban kerja sebagian pegawai, dan pembatasan pembukaan magang mahasiswa di masa pandemi; dan (3) Solusi permasalahan pelaksanaan uraian tugas pegawai adalah dengan mengajukan usulan kekurangan pegawai kepada BKD Kota Surakarta, menyusun SOP kerja, mengusulkan pembagian beban kerja, dan memanfaatkan sumber daya manusia yang ada.

Kata kunci: beban kerja; kualitatif; sumber daya manusia; uraian tugas

Abstract: This study aims to: (1) determine the implementation of employee job descriptions; (2) know the obstacles in implementing employee job descriptions; and (3) find out the solution to the problem of implementing the job description at DPMPTSP Surakarta. This research uses a qualitative approach with a case study method. This study's data sources include informants, places, events, and documents. The sampling technique used purposive sampling and snowball sampling. Data collection techniques used semi-structured interviews, passive participatory observation, and document analysis. The validity of this research was tested using technical triangulation and source triangulation. Data analysis uses an interactive model to make the research results easy to understand. The results of this study are: (1) The implementation of employee job descriptions at the Surakarta City DPMPTSP guided by the Vision and Mission, Surakarta Mayor Regulation Number 40 of 2021, and Surakarta Mayor's Decree Number 800.1/97.1 of 2021, the preparation has taken into account the principles of Systematic, Clear, Concise, Precise, and Obedient, and the placement of employees who are not in accordance with the Decree of the Mayor of Surakarta Number 800.1/97.1 of 2021; (2) Obstacles in employee job descriptions in the form of the slow process of fulfilling the number of employees, the absence of work SOPs, increasing workloads for some employees, and restrictions on opening student internships during the pandemic; and (3) The solution to the problem of implementing employee job descriptions is submitting a proposal for a shortage of employees to the Surakarta City BKD, compiling work SOPs, proposing workload distribution, and utilizing existing human resources.

Keywords: human resources; job description; qualitative; workload




Keywords

beban kerja; kualitatif; sumber daya manusia; uraian tugas; human resources; job description; qualitative; workload

Full Text:

PDF

References

Abidin, M. Z., & Nisak, I. (2017). Hubungan Antara Kecerdasan Emosional Dengan Kinerja Guru (Studi Pada Guru SDI Sabilil Huda Sumorame-Candi). Psikologia: Jurnal Psikologi, 1(1), 84-99.

Anto, K. A. (2015). The mediating role of organizational commitment in influence relationships between interpersonal communication and emotional intelligence toward employee performance. International Journal of Business, Economics and Law, 7(2), 47-56.

Ardansyah, W., & Wasilawati, W. (2014). Pengawasan, Disiplin Kerja, dan Kinerja Pegawai Badan Pusat Statistik Kabupaten Lampung Tengah. Jurnal Manajemen, 16.

Ardiansyah, Y., & Sulistiyowati, L. H. (2018). Pengaruh kompetensi dan kecerdasan emosional terhadap kinerja pegawai. Jurnal Inspirasi Bisnis dan Manajemen, 2(1), 91-100.

Arifin, A. R. R. (2019). Pengaruh Komunikasi, Disiplin Kerja, Dan Pengawasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pt Prima Usaha Era Mandiri Di Surabaya (Doctoral dissertation, Universitas Bhayangkara Surabaya).

Arikunto, S. (2012). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Bangun, W. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Erlangga

Goleman, D. (2015). Emotional Intelligence, Kecerdasan Emosional “Mengapa EI Lebih Penting dari IQ”. Terjemahan oleh T Hermaya. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama Pendidikan Nasional.

Kasmir. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Cetakan Kesatu. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Mangkunegara, A.A.A.P. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Palupi, W.N (2022). Analysis of The Effect of Communication on Employee Performance. Journal of Sharia Management and Business Vol.2 No.1 April 2022, 22-26.

Prayogi, M. A., Lesmana, M. T., & Siregar, L. H. (2019). The influence of communication and work discipline to employee performance. In Proceedings of the First International Conference on Administration Science (ICAS 2019) (Vol. 343, pp. 423-426)

Prentice, C. (2019). Managing service encounters with emotional intelligence. Journal of Retailing and Consumer Services, 51, 344-351

Riswati, F., & Mulyono, A. (2021). Pengaruh Komunikasi Dan Kecerdasan Emosional Dalam Meningkatkan Kinerja Pegawai (Studi Kasus pada Pegawai Dinas Kesehatan Kabupaten Sumenep). Ekonomika45: Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi Bisnis, Kewirausahaan, 8(2), 74-81.

Robbins, S.P. & Judge, T.A. (2013). Perilaku Organisasi. Jakarta: Penerbit Salemba Empat.

Robbins, S.P., & Judge, T.A. (2015). Perilaku Organisasi. Jakarta: Salemba Empat.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D dan Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Suharsono & Dwiantara, L. (2013). Komunikasi Bisnis: Peran Komunikasi Interpersonal dalam Aktivitas Bisnis. Yogyakarta: CAPS.

Titang, F. (2013). The impact of internal communication on employee performance in an organization. Available at SSRN 2865675.

Wandi, D., Adha, S., & Asriyah, I. (2019). Pengaruh Komunikasi Terhadap Kinerja Pegawai Pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Banten. Jurnal

Wibowo. (2016). Manajemen Kinerja. Jakarta: Rajawali Pers.

Widodo, S.E. (2015). Manajemen Pengembangan Sumber Daya Manusia. Cetakan ke-1. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.