Pengaruh gaya kepemimpinan dan komunikasi interpersonal kepala sekolah terhadap kinerja guru SMAN 6 Depok

Meta Savari, Edy Prihantoro

Abstract

Abstrak: Guru mempunyai peran dalam meningkatkan sumber daya manusia dan mempunyai hak strategis untuk menyajikan materi dalam kegiatan belajar mengajar, sehingga guru merupakan aset penting yang dimiliki oleh lembaga pendidikan tingkat sekolah. Keberhasilan sumber daya manusia di SMAN 6 Depok harus diimbangi dengan jumlah guru yang dinilai dari kinerjanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya kepemimpinan kepala sekolah dan komunikasi interpersonal pada masa pandemi COVID-19 terhadap kinerja guru di SMAN 6 Depok. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Sampel penelitiannya adalah seluruh guru di SMAN 6 Depok yaitu 54 responden. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Terdapat pengaruh yang signifikan gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru yang ditunjukkan dengan nilai t hitung sebesar 2,327 > t tabel (2,00665) dan sig. 0,001 < 0,05 (2) Terdapat pengaruh yang signifikan komunikasi interpersonal kepala sekolah terhadap kinerja guru yang ditunjukkan dengan nilai t hitung sebesar 3,38 > t tabel (2,001) dan sig. 0,02 < 0,05; (3) Terdapat pengaruh yang signifikan gaya kepemimpinan kepala sekolah dan komunikasi interpersonal sekolah terhadap kinerja guru yang ditunjukkan dengan nilai F hitung 36,51 > t tabel (3,18) dan sig. 0,00< 0,05.

Kata Kunci: model kepemimpinan; hubungan interpersonal; prestasi guru

Abstract: Teachers have a role in improving human resources and have a strategic right to present material in teaching and learning activities, so teachers are critical assets owned by school-level educational institutions. The success of human resources at SMAN 6 Depok must be balanced with the number of teachers judged by their performance. This study aims to determine the influence of the principal's leadership style and interpersonal communication during the COVID-19 pandemic on teacher performance at SMAN 6 Depok. This research uses quantitative research. The research sample was all teachers at SMAN 6 Depok, namely 54 respondents. The analytical technique used in this research is multiple linear regression analysis. The results of the study show: (1) There is a significant influence of the principal's leadership style on teacher performance, as indicated by the t arithmetic value of 2.327 > t table (2.00665) and sig. 0.001 <0.05 (2) There is a significant effect of principal interpersonal communication on teacher performance, as indicated by the t count value of 3.38 > t table (2.001) and sig. 0.02 < 0.05; (3) There is a significant influence of the principal's leadership style and school interpersonal communication on teacher performance, as indicated by the F arithmetic value of 36.51 > t table (3.18) and sig. 0.00< 0.05.

Keywords: leadership model; interpersonal relationships; teacher achievement


Keywords

model kepemimpinan; hubungan interpersonal; prestasi guru; leadership model; interpersonal relationships; teacher achievement

Full Text:

PDF

References

Ahmed, I. (2010). Effects of motivational factors on employees job satisfaction: A case study of university of the Punjab, Pakistan. International Journal of Business and Management, 5(3), 70–80.

Al-Hajar, Rim K. (2016). The effectiveness of school principal communication on teacher job satisfaction. Theses. http://scholarworks.uaeu.ac.ae/all_theses%0Ahttp://scholarworks.uaeu.ac.ae/all_theses/455.

Fatimah, Djailani, and Khairuddin. (2015). Komunikasi kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru pada SMA Negeri 1 Geumpang Kabupaten Pidie. Jurnal Administrasi Pendidikan Pasca Sarjana Universitas Syiah Kuala 3, 149–59.

Harnani, S. (2020). Efektivitas pembelajaran daring di masa pandemi covid-19. BDK Jakarta Kemenag RI. https://bdkjakarta.kemenag.go.id/berita/efektivitas-pembelajaran-daring-di-masa-pandemi-covid-19.

Hasan, Indra. (2019). Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru pada masa pandemi covid-19. Eko dan Bisnis: Riau Economic and Business Review, 10(4), 493–505.

Kartini, Kartini, Syarwani A, & Syaiful E. (2020). Pengaruh gaya kepemimpinan kepala sekolah dan komunikasi interpersonal terhadap kinerja guru. Journal of Education Research, 1(3), 290–94.

Larimore, Rachel A. (2020). Preschool science education: a vision for the future. Early Childhood Education Journal, 48(6), 703–14.

LTMPT. 2020. Top 1000 Sekolah Dengan Nilai Rerata TPS UTBK Tertinggi Tahun 2020. ltmpt.ac.id. https://top-1000-sekolah.ltmpt.ac.id/site/index2020?PeringkatSearch%5Brank_nas%5D=&PeringkatSearch%5Brank_prov%5D=&PeringkatSearch%5Bnpsn%5D=&PeringkatSearch%5Bnama%5D=&PeringkatSearch%5Bprovinsi%5D=jawa barat&PeringkatSearch%5Bkota%5D=Depok&PeringkatSear.

Luky, Azani Z., Tri K., & Efni C. (2021). The effect of interpersonal communication and work motivation on employee performance in padang city regional company offices (PDAM). Advances in Economics, Business and Management Research, 192(Piceeba), 367–75.

Prof.DR. Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Bandung: Alfabeta.

Rasmuin, Rasmuin. (2019). Pola komunikasi kepemimpinan kepala sekolah pada lembaga pendidikan islam untuk menciptakan iklim kompetitif di sd islam al azhar 31 Yogyakarta. Andragogi : Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, 1(1), 57.

Ritonga, Bulgansyah. (2020). Pengaruh komunikasi interpersonal, gaya kepemimpinan, budaya organisasi terhadap kinerja guru di man 2 model. Journal of Chemical Information and Modeling, 6(2), 1689–99..

Sezgin, Feridun, & Emre Er. (2016). Teacher perception on school principal communication: a qualitative study of a turkish primary school. International Online Journal of Educational Sciences 8(4).

Susilo, Adityo et al. (2020). Coronavirus disease 2019: tinjauan literatur terkini. Jurnal Penyakit Dalam Indonesia, 7(1), 45.

Wulandari, Trisna. (2021). 10 SMA terbaik di kota depok berdasarkan nilai UTBK 2020 ltmpt. detikedu. https://www.detik.com/edu/sekolah/d-5592172/10-sma-terbaik-di-kota-depok-berdasarkan-nilai-utbk-2020-ltmpt.

Yudi F., and Fani K. (2020). Pengaruh new normal ditengah pandemi covid-19 terhadap pengelolahan sekolah dan peserta didik. Buana Ilmu, 4(2), 99–112.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.