Pengaruh gaya kepemimpinan dan komunikasi interpersonal kepala sekolah terhadap kinerja guru SMAN 6 Depok

Meta Savari, Edy Prihantoro

Abstract

Abstrak: Guru mempunyai peran dalam meningkatkan sumber daya manusia dan mempunyai hak strategis untuk menyajikan materi dalam kegiatan belajar mengajar, sehingga guru merupakan aset penting yang dimiliki oleh lembaga pendidikan tingkat sekolah. Keberhasilan sumber daya manusia di SMAN 6 Depok harus diimbangi dengan jumlah guru yang dinilai dari kinerjanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya kepemimpinan kepala sekolah dan komunikasi interpersonal pada masa pandemi COVID-19 terhadap kinerja guru di SMAN 6 Depok. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Sampel penelitiannya adalah seluruh guru di SMAN 6 Depok yaitu 54 responden. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Terdapat pengaruh yang signifikan gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru yang ditunjukkan dengan nilai t hitung sebesar 2,327 > t tabel (2,00665) dan sig. 0,001 < 0,05 (2) Terdapat pengaruh yang signifikan komunikasi interpersonal kepala sekolah terhadap kinerja guru yang ditunjukkan dengan nilai t hitung sebesar 3,38 > t tabel (2,001) dan sig. 0,02 < 0,05; (3) Terdapat pengaruh yang signifikan gaya kepemimpinan kepala sekolah dan komunikasi interpersonal sekolah terhadap kinerja guru yang ditunjukkan dengan nilai F hitung 36,51 > t tabel (3,18) dan sig. 0,00< 0,05.

Kata Kunci: hubungan interpersonal; model kepemimpinan; prestasi guru

Abstract: Teachers have a role in improving human resources and have a strategic right to present material in teaching and learning activities, so teachers are critical assets owned by school-level educational institutions. The success of human resources at SMAN 6 Depok must be balanced with the number of teachers judged by their performance. This study aims to determine the influence of the principal's leadership style and interpersonal communication during the COVID-19 pandemic on teacher performance at SMAN 6 Depok. This research uses quantitative research. The research sample was all teachers at SMAN 6 Depok, namely 54 respondents. The analytical technique used in this research is multiple linear regression analysis. The results of the study show: (1) There is a significant influence of the principal's leadership style on teacher performance, as indicated by the t arithmetic value of 2.327 > t table (2.00665) and sig. 0.001 <0.05 (2) There is a significant effect of principal interpersonal communication on teacher performance, as indicated by the t count value of 3.38 > t table (2.001) and sig. 0.02 < 0.05; (3) There is a significant influence of the principal's leadership style and school interpersonal communication on teacher performance, as indicated by the F arithmetic value of 36.51 > t table (3.18) and sig. 0.00< 0.05.

Keywords: interpersonal relationships; leadership model; teacher achievement


Keywords

hubungan interpersonal; model kepemimpinan; prestasi guru; interpersonal relationships; leadership model; teacher achievement

Full Text:

PDF

References

Kartini K., Syarwani A, & Syaiful E. (2020). Pengaruh gaya kepemimpinan kepala sekolah dan komunikasi interpersonal terhadap kinerja guru. Journal of Education Research,1(3), 290–94.

Larimore, R. A. (2020). Preschool science education: a vision for the future. Early Childhood Education Journal,48(6), 703–14.

Rashuan, H. L., Sawiji, H., & Susantiningrum, S. (2021). Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Komunikasi Interpersonal terhadap Kinerja Karyawan Fkip UNS. JIKAP (Jurnal Informasi Dan Komunikasi Administrasi Perkantoran), 4(4), 53–66. https://doi.org/10.20961/jikap.v4i4.47811

Rasmuin, R. (2019). Pola komunikasi kepemimpinan kepala sekolah pada lembaga pendidikan islam untuk menciptakan iklim kompetitif di sd islam al azhar 31 Yogyakarta. Andragogi : Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam,1(1), 57.

Ritonga, B. (2020). Pengaruh komunikasi interpersonal, gaya kepemimpinan, budaya organisasi terhadap kinerja guru di man 2 model. Journal of Chemical Information and Modeling,6(2).

Sezgin, Feridun, & Emre Er. (2016). Teacher perception on school principal communication: a qualitative study of a turkish primary school. International Online Journal of Educational Sciences8(4).

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Alfabeta.

Susilo, A., et al. (2020). Coronavirus disease 2019: tinjauan literatur terkini. Jurnal Penyakit Dalam Indonesia,7(1).

Wulandari, T. (2021). 10 SMA terbaik di kota depok berdasarkan nilai UTBK 2020 ltmpt. Detikedu. https://www.detik.com/edu/sekolah/d-5592172/10-sma-terbaik-di-kota-depok-berdasarkan-nilai-utbk-2020-ltmpt.

Yudi, F., & Fani, K. (2020). Pengaruh new normal ditengah pandemi covid-19 terhadap pengelolaan sekolah dan peserta didik. Buana Ilmu,4(2), 99–112.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.