Hubungan media komunikasi massa dan motivasi belajar terhadap hasil belajar peserta didik SMK Wikarya Karanganyar

Ria Novitasari, Patni Ninghardjanti, Susantiningrum Susantiningrum

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui adakah hubungan antara media komunikasi massa dengan hasil belajar siswa di SMK Wikarya Karanganyar. (2) untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara motivasi belajar siswa dengan hasil belajar siswa di SMK Wikarya Karanganyar, dan (3) Untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara media komunikasi massa dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar siswa. di SMK Wikarya Karanganyar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode korelasional. Teknik pengumpulan data dengan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda dengan bantuan program IBM SPSS 24.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Terdapat hubungan positif antara media komunikasi massa dengan hasil belajar di SMK Wikarya Karanganyar yang ditunjukkan dengan nilai thitung>ttabel (2,106>2,010) dengan persamaan signifikansi 0,041<0,05.2)Terdapat hubungan yang positif antara motivasi belajar dengan hasil belajar siswa di SMK Wikarya Karanganyar ditunjukkan dengan nilai thitung>ttabel (2,031>2,010) dengan persamaan signifikansi 0,048<0,05.3) Terdapat hubungan antara media komunikasi massa dengan motivasi belajar secara bersama-sama dengan hasil belajar siswa SMK Wikarya Karanganya yang ditunjukkan dengan Fhitung>Ftabel (6,56>3,19) dengan persamaan signifikansi 0,003<0,05.

Kata kunci: dorongan; kuantitatif; penyampaian pesan

Abstract: This study aimed (1) to determine whether there was a relationship between mass communication media and student learning outcomes in SMK Wikarya Karanganyar. (2)to find out whether there was a relationship between student learning motivation and student learning outcomes in SMK Wikarya Karanganyar Vocational School, and (3)To determine whether there is a relationship between mass communication media and students' learning motivation on student learning outcomes in SMK Wikarya Karanganyar Vocational School. This research is quantitative research with the method of correlational. Data collection techniques with questionnaires and documentation. The data analysis technique used multiple linear regression analysis with the help of the IBM SPSS 24.0 program. The results showed that 1)There was a positive relationship between mass communication media and the learning outcomes at SMK Wikarya Karanganyar as indicated by tcount>ttable(2.106>2.010)with a significance equation of 0.041 <0.05.2)There was a positive relationship between learning motivation and learning outcomes of students in SMK Wikarya Karanganyar as indicated by tcount>ttable(2,031>2,010)with a significance equation of 0.048<0.05.3)There is a relationship between mass communication media and learning motivation together with the results learning of students at SMK Wikarya Karanganya, which is indicated by Fcount>Ftable (6.56>3.19) with a significance equation of 0.003<0.05.

Keywords: communication; motivation; quantitative




Keywords

dorongan; kuantitatif; penyampaian pesan; communication; motivation; quantitative

Full Text:

PDF

References

Amir,S. (2019). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa D3 Keperawatan Akper Kaltara Tarakan Semester V Tahun 2018. Jurnal Ilmiah Kesehatan Pencerah. 08(2) 81-86. Diperoleh 18 februari 2022, dari https://stikesmu-sidrap.e-journal.id/

Arikunto. (2013). Prosedur Penelitian. Jakarta. PT. Rineka Cipta.

Berahmana (2020). Skripsi pengaruh Manajemen Waktu Dan Media Sosial Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Stambuk 2017 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan.Diperoleh 20 februari 2022, dari http://digilib.unimed.ac.id/42005

De Vito, Joseph. 1997. Komunikasi Antarmanusia. Professional Books: Jakarta

Festiawan, R. (2020). Belajar dan pendekatan pembelajaran. Universitas Jendral soedirman. Diperoleh dari https://www.academia.edu

Kadek A, DKK. (2019). Faktor-Faktor Eksternal Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa Kelas Viii Di Smp Negeri 3 Singaraja Tahun Ajaran 2018/2019. Jurnal Pendidikan Ekonomi. 11(2). Diperoleh 18 Maret 2022,dari https://ejournal.undiksha.ac.id/

Nurjalia (2018). Skripsi Pengaruh Media Sosial Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Uinar-Raniry. Diperolah 22 Februari 2022, dari https://repository.ar-raniry.ac.id/

Sardiman (2019). Skripsi faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar siswa kelas 10 SMA Negeri I Piyungan, pada mata pelajaran ekonomi tahun ajaran 2015/2016.

Suparno, P. 2012. Filsafat Konstruktivisme Dalam Pendidikan. Yogyakarta: Kanisius

Uno, H. B. (2014). Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan. Bumi Aksara.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.