Penerapan aplikasi “Dukcapil Dalam Genggaman” di Kota Surakarta

Nadya Yanika Oentari Putri, Anton Subarno, Nur Rahmi Akbarini

Abstract

Abstrak: Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui: 1) Penyelenggaraan Dukcapil Dalam Genggaman pada Dinas Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Surakarta, 2) Apa saja kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan Dukcapil Dalam Genggaman, 3) Upaya yang dilakukan oleh Dinas Administrasi dan Pencatatan Kependudukan Aparatur Sipil Negara Kota Surakarta dalam menghadapi penerapan Dukcapil Dalam Genggaman. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dan snowball sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) pelaksanaan Dukcapil Dalam Genggaman pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Surakarta meliputi a) perencanaan dan persiapan penerapan Dukcapil Dalam Genggaman, b) pelaksanaan penerapan Dukcapil Dalam Genggaman, c) Monitoring dan evaluasi penerapan Dukcapil Dalam Genggaman. 2) Kendala dalam penerapan Dukcapil Dalam Genggaman antara lain: a) sosialisasi aplikasi yang belum menjangkau seluruh masyarakat Surakarta, b) fitur aplikasi yang perlu dilengkapi, c) alur yang kurang efektif, d) server yang sering 3 ) Upaya yang dilakukan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Surakarta dalam mengatasi kendala tersebut antara lain: a) Sosialisasi mengenai Aplikasi “Dukcapil Dalam Genggaman” kepada masyarakat luas, b) Melakukan pemutakhiran fungsionalitas pada “Dukcapil Dalam Genggaman” Aplikasi, c) Mempersingkat alur layanan agar efektif, d) Melakukan perbaikan server.


Kata Kunci: dukcapil dalam genggaman; e-pemerintahan; kualitatif; penerapan


AbstractThis research was carried out to find out: 1) the Implementation of Dukcapil Dalam Genggaman at the Population Administration and Civil Registration of Surakarta City, 2) What the obstacles are faced in implementing the Dukcapil Dalam Genggaman, 3) Efforts made by the Department of Population Administration and Registration Surakarta City Civil Servant in facing the application of Dukcapil Dalam Genggaman. This type of this research is a descriptive qualitative case study approach. The sampling technique used purposive sampling and snowball sampling. The results showed that 1) implementation of Dukcapil Dalam Genggaman at the Population Administration and Civil Registration of Surakarta City included a) planning and preparation for the application of Dukcapil Dalam Genggaman, b) implementing the application of Dukcapil Dalam Genggaman, c) Monitoring and evaluating the application of Dukcapil Dalam Genggaman. 2) Obstacles to the application of Dukcapil Dalam Genggaman include: a) socialisation of the application that does not reach the entire community of Surakarta, b) application features need to be completed, c) flow is less effective, d) servers that often 3) Efforts made by the Population Administration and Civil Registration Office of Surakarta City in dealing with these obstacles include: a) Socialize regarding the "Dukcapil Dalam Genggaman" App to the broader community, b) Perform the functionality updates on the "Dukcapil Dalam Genggaman" Application, c) Shorten the service flow to make it effective, d) Do a server repair.

Keywords: application; e-government; qualitative


Keywords

dukcapil dalam genggaman; e-pemerintahan; kualitatif; penerapan; application; e-government; qualitative

Full Text:

PDF

References

Alshehri, M., Drew, S., Alhussain, T., & Alghamdi, R. (2012). The Effects of Website Quality on Adoption of E-Government Service: An Empirical Study Applying UTAUT Model Using SEM. 23rd Australasian Conference On Information Systems

Efendi, B. M. S., Mustikarani, N., Triaditama, S., Muqtashida, T., & Wiradimadja, A. (2021). Sosialisasi Pencegahan Penyebaran Hoax Dalam Pembelajaran IPS dengan Aplikasi HBT V2. Jurnal Praksis dan Dedikasi Sosial, 4(1), 9-18.

ElKheshin, S. A., & Saleeb, N. (2020). Assessing the adoption of E-Government using tam model: Case of Egypt. International Journal of Managing Information Technology, 12(1), 1-14.

Harsapranata, A. I. (2021). Perancangan Sistem Informasi Otorisasi Aktifitas Ruang Server. Prosiding Seminar Nasional Teknoka, 5, 1–8.

Hayat. (2017). Manajemen Pelayanan Publik. Raja Grafindo Persada

Herdiana, D. (2018). Sosialisasi Kebijakan Publik: Pengertian dan Konsep Dasar. Jurnal Ilmiah Wawasan Insan Akademik, 1(3),13-26.

Husada, D. Y. (2019). Analisis Fitur–Fitur Pada Aplikasi Perbankan Seluler Yang Mendorong Terbentuknya Keterikatan Pelanggan Serta Dampaknya Terhadap Minat Kelanjutan Penggunaan [Thesis]. Universitas Diponegoro.

Juliarso, A. (2019). Analisis Implementasi E-Government Dalam Meningkatan Kinerja Pelayanan Publik Pada Pemerintah Daerah Kabupaten Ciamis. Kebijakan: Jurnal Ilmu Administrasi, 10(1), 10-15.

Lindriati, S., Suntoro, I., & Pitoewas, B. (2017). Pengaruh Sosialisasi dan Tingkat Pemahaman Masyarakat Terhadap Minat Pembuatan Akta Kematian. Jurnal Kultur Demokrasi, 5(6).

Lukas, M., Tewal, B., & Walangitan, M. D. (2017). Pengaruh Pengawasan, Kepemimpinan dan Kompensasi Terhadap Kinerja Pegawai Pada Badan Pengelola Keuangan dan Barang Milik Daerah Kabupaten Minahasa Utara. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 5(2), 1921–1928

Mardiono, I., & Rahman, A. (2013). Perbaikan Pelayanan Perpustakaan Berdasarkan Integrasi Dimensi Kualitas Jasa dan Pendekatan Perilaku Konsumen (Studi Kasus: perpustakaan Universitas Brawijaya, Malang). Jurnal Rekayasa dan Manajemen Sistem Industri, 1(1).

Mukarom, Z., & Laksana, M. W. (2016) Manajemen Pelayanan Publik. Pustaka Setia

Nikmatillahi, Y., Setiatin, S., & Wiyaksa, I. M. (2021). Optimalisasi Alur Pelayanan Vaksinasi Covid-19 di RSU X Kota Bandung Tahun 2021. Jurnal Health Sains, 2(8), 1109-1117.

Trott, P. (2017). Innovation Management and New Product Development (6th ed.). Pearson.

Rahmi, S. R. S. (2019). Perencanaan SDM Melalui Manajemen Strategik Di Lembaga Pendidikan. Jurnal Intelektualita, 5(1).

Sari, D. P., & Harmawan, A. (2013). Usulan Perbaikan Kualitas Pelayanan Pada Instalasi Rawat Jalan Dengan Metode Servqual dan Triz (Studi Kasus Di RS Muhammadiyah Roemani). J@ti Undip: Jurnal Teknik Industri,7(2), 95–104.

Sherly, S., Candra, V., Nainggolan, N. T., Simatupang, S., Putri, D. E., Pakpahan, G. E., Susanti, E., Silitonga, H. P., Lie, D., Grace, E., Wijaya, A., Sisca, S., & Julyanthry, J. (2020). Pengantar Manajemen Publik dan Bisnis (Tinjauan Teori dan Konseptual). Widina Bhakti Persada.

Solikin, I. (2019). Pengembangan Fitur Notifikasi E-Modul pada Program Studi Manajemen Informatika. Simetris: Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer, 10(1), 189-196.

Soraya, T., & Astuti, P. (2019). Inovasi Pelayanan Administrasi Kependudukan Secara Online di Kabupaten Pati. Journal of Politic and Government Studies, 8(04), 61-70.

Suhartini. (2017). Aplikasi Alat BANTU Belajar Bahasa Inggris Sekolah Dasar Menggunakan Adobe Flash Cs.6 (Studi Kasus: SDIT Fathona Baturaja), Jurnal Sistem Informasi dan Komputerisasi Akuntansi 1(1), 71-80

Wicaksono, F. (2018). Dilema Implementasi E-Government: Analisis Partisipasi Masyarakat Petani di Kabupaten Gunungkidul. Jurnal Ilmiah Manajemen Publik dan Kebijakan Sosial, 2(2), 227–236.

Widjaja, Y.R & Winarso, W. (2019). Bisnis Kreatif dan Inovasi. Yayasan Barcode.

Wijaya, T. (2019). Middleware Data Pembelian ke Aplikasi e-Faktur untuk Meningkatkan Efisien Waktu dan Biaya Pengusaha. Jurnal Teknologi Informasi Techno.Com, 18(1), 26-36.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.