Pengaruh kesadaran diri dan lingkungan teman sebaya terhadap kedisiplinan mahasiswa PAP FKIP UNS

Risti Yuliana, Hery Sawiji, Patni Ninghardjanti

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kesadaran diri dan lingkungan teman sebaya secara parsial dan simultan terhadap tingkat kedisiplinan mahasiswa. Penelitian kuantitatif ini menggunakan metode deskriptif korelasional. Pengambilan sampel menggunakan teknik proporsional stratified random sampling dan menghasilkan 60 siswa sebagai sampel. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan regresi linier berganda dan menggunakan IBM SPSS ver. 25.0. hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) X1 berpengaruh secara parsial terhadap Y (thitung 2,122 > ttabel 2,002) dengan nilai signifikansi sebesar 0,038; 2) X2 berpengaruh secara parsial terhadap Y (thitung 2,245 > ttabel 2,002) dengan nilai signifikansi sebesar 0,029; 3) X1 dan X2 secara simultan mempengaruhi Y (Fhitung 7,487 > Ftabel 3,159) dengan nilai signifikansi sebesar 0,001. Hasil penelitian menunjukkan signifikansi ganda X1 dan X2 terhadap Y dipengaruhi sebesar 20,8% dan sisanya sebesar 79,2% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dieksplorasi dalam penelitian ini.

Kata kunci: ketertiban akademik mahasiswa; lingkungan pergaulan; pemahaman diri

Abstract: This research aimed to investigate the partial and simultaneous effects of self-awareness and peer environment on the disciplinary level of college students. This quantitative study used the correlational descriptive method. The sampling used a proportionate stratified random sampling technique and resulted in 60 students as the sample. The data collection employed a questionnaire. The data analysis used multiple linear regression and utilized IBM SPSS ver. 25.0. the result of the study revealed that: 1) X1 partially affected Y (tcount 2,122 > ttable 2,002) with a significance value of 0,038; 2) X2 partially affected Y (tcount 2,245 > ttable 2,002) with a significance value of 0,029; 3) X1 and X2 simultaneously affected Y (Fcount 7,487 > Ftable 3,159) with a significance value of 0,001. The result of this study showed the multiple significance of X1 and X2 towards Y was affected by 20,8% value and the rest of 79,2% was affected by the other variables that were not explored in this study.

Keywords: college students’ discipline; peer environment; self-awareness


Keywords

college students’ discipline, peer environment, self-awareness

Full Text:

PDF

References

Aeni, A. N. (2011). Menanamkan Disiplin pada Anak Melalui Dairy Activity Menurut Ajaran Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam-Ta'lim, 9(1-2011), 1-13.

Ardiansyah, H. (2013). Faktor–Faktor Yang Mempengaruhi Disiplin Belajar Siswa Kelas Xii Jurusan Administrasi Pekantoran Di Smk Nu 01 Kendal Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi. Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang.

Aripin, M. S. (2020). Hubungan Antara Kesadaran Diri (Self-Awareness) dengan Perencanaan Karier pada SIswa SMK AL Azhaar Tulungagung.

Astuti, J. P., Mayangsari, M. D., & Zwagery, R. V. (2020). Hubungan Kesadaran Diri dengan Flow Akademik pada Siswa di Daerah Lahan Gambut. Jurnal Kognisia, 2(2), 68-74.

DeMink-Carthew, J., Netcoh, S., & Farber, K. (2020). Exploring the Potential for Students to Develop Self-Awareness through Personalized Learning. The Journal of Educational Research. doi:doi:10.1080/00220671.2020.1764467

Dobson, T. (2012). The Role of Senior Secondary School SEE teachers in the Development of Life Skills and Education in Botswana. International Journal of Scientific Research in Education, 5(2), 117-129.

Esmiati, A. N., & Prihartanti, N. &. (2020). Efektivitas Pelatihan Kesadaran Diri untuk Meningkatkan Kedisiplinan Siswa. JIPT (Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan), Vol. 8 No. 1, 85-95. doi:https://doi.org/10.22219/jipt.v8i1.11052

Fatmawati, D., & Widyatmojo, P. (2018). Communication Moderate Influences Motivation and Leadership, Motivation, Discipline Work towards Performance. The 2nd International Conference on Technology, Education, and Social Science 2018 (The 2nd ICTESS 2018).

Fluerentin, E. (2012). Latihan Kesadaran Diri (Self-Awareness) dan Kaitannya dengan Penumbuhan Karakter. Jurnal Inspirasi, 1(1), 9-18.

Ibung, D. (2009). Mengembangjan Nilai Moral Pada Anak (Panduan bagi Orang Tua untuk membimbing Anaknya Menjadi Anak yang Baik). Jakarta: Gramedia.

Julianto, B. (2016). Keefektifan Pelatihan Kesadaran Diri (Self-Awareness Training) sebagai Bimbingan untuk Meningkatkan Penyesuaian Diri Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 2 Ngadirojo Kabupaten Wonogiri Tahun Ajaran 2015/2016. Skripsi. Universitas Sebelas Maret.

Klausmeier. (2016). Retrieved 06 15, 2020, from https://ehost.co.id/2020/06/15/faktor-faktor-yang-mempengaruhi-disiplin/

Kurniawan, Y., & Sudrajat, A. (2017). Peran Teman Sebaya dalam Pembentukan Karakter Siswa MTs (Madrasah Tsanawiyah). SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 14(2). doi:doi:https://doi.org/10.21831/socia.v14i2.17641

Maharani, L., & Mustika, M. (2016). Hubungan Self Awareness dengan Kedisiplinan Peserta Didik Kelas VIII di SMP Wiyatama Bandar Lampung (Penelitian Korelasional Bidang BK Pribadi). KONSELI: Jurnal Bimbingan dan Konseling (E-Journal), 3(1), 57-72.

Mardikarini, S., & Putri, L. C. (2020). Pemantauan Kedisiplinan Siswa melalui Penetapan Indikator Perilaku Disiplin Siswa Kelas III. Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, Volume 2, No. 01, 30-37.

Nihayatus, S. (2017). Hubungan antara Kesadaran Diri dengan Kedisiplinan dan Motivasi Berprestasi Siswa serta Implikasinya terhadap Bimbingan Belajar (Studi pada Siswa MAN 1 Magelang). Yogyakarta: Skripsi. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.

Peregina-Kretz, D., Seifert, T., Arnold, C., & Burrow, J. (2018). Finding Their Way in Post-Secondary Education: The Power of Peers as Connectors, Coaches, Co-constructors and Copycats. Higher Education Research and Development, 1076-1090. doi:doi:https://doi.org/10.1080/07294360.2018.1471050

Pratiwi, R., & Muhsin, M. (2019). Pengaruh Tata Tertib Sekolah, Lingkungan Keluarga, Lingkungan Teman Sebaya, dan Minat Belajar terhadap Disiplin Belajar. Economic Education Analysis Journal, Vol. 7 No. 2, 638-653. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj/article/view/28281

Puspita, S. (2018). Pengaruh Kedisiplinan terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika. Jurnal LEMMA, 4(2), 75-80.

Rahman, M. A. (2011). Kesalahan-kesalahan Fatal Paling Sering Dilakukan Guru dalam Kegiatan Belajar-Mengajar. Yogyakarta: Diva Press.

Rifa'i, R., Achmad, & Anni, C. T. (2012). Psikologi Pendidikan Cetakan Keempat. Semarang: Pusat Pengembangan MKU_MKDK UNNES 2012.

Santrock, J. W. (2009). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Salemba Humanika.

Slamet, S. (2012). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Slavin, R. E. (2011). Psikologi Pendidikan Teori dan Praktik. Jakarta: Indeks.

Sudarmono, Apuanor, & Kurniawati, &. (2017). Pengaruh Kesadaran Diri terhadap Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas IX SMPN 9 Sampit. Jurnal Paedagogie, Volume V, Nomor 2. doi:https://doi.org/10.46822/paedagogie.v5i2.57

Sugiarto, A. P., Suyati, T., & Yulianti, P. D. (2019). Faktor Kedisiplinan Belajar pada Siswa Kelas X SMK Larenda Brebes. Jurnal Mimbar Ilmu, Vol. 24 No. 2. doi:https://doi.org/10.23887/mi.v24i2.21279

Suma, N., & Olga. (2014). Psikologi Pendidikan I. Jakarta: Erlangga.

Tu'u, T. (2004). Peran Disiplin pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: Grasindo.

Widodo, B. (2013). Perilaku Disiplin Siswa Ditinjau dari Aspek Pengendalian Diri (Self Control) dan Keterbukaan Diri (Self Disclosure) pada Siswa SMK Wonosari Caruban Kabupaten Madiun. Widya Warta, 37(01), 140-151.

Wongwung, A. (2013). Change Model of Attributes of Students In Terms of Discipline, Sufficiency Living and Public Mind from Character Education Activities. Jurnal Procedia Social and Behavioral Sciences, Vol. 116, 3996-3999.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.