Pelaksanaan manajemen perbekalan kantor di dinas tenaga kerja Kota Surakarta
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan, hambatan, dan upaya yang dilakukan untuk menghadapi hambatan dalam pengelolaan perlengkapan kantor di Subbagian Tata Usaha, Kepegawaian, dan Organisasi Dinas Tenaga Kerja Kota Surakarta. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Data penelitian ini bersumber dari sumber primer dan sekunder. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive dan snowball sampling. Wawancara mendalam, observasi, dan studi dokumen ditetapkan sebagai teknik pengumpulan data. Penelitian ini menggunakan analisis data model interaktif. Penelitian dilakukan berdasarkan prosedur yang sistematis. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) pelaksanaan manajemen perlengkapan kantor meliputi perencanaan, penganggaran, pengadaan, pencatatan, penyimpanan dan pendistribusian, pemeliharaan, penghapusan, dan pengendalian; (2) kendala-kendala yang dihadapi antara lain terbatasnya ketersediaan anggaran, terbatasnya jumlah sumber daya manusia untuk barang yang tidak tahan lama, kurangnya kompetensi IT pegawai bagian perlengkapan, dan kurangnya tanggung jawab pegawai dalam penggunaan barang; (3) upaya yang dilakukan untuk mengatasi kendala, yaitu menetapkan skala prioritas dalam pengadaan barang persediaan, mengajukan usulan penambahan pegawai persediaan ke BKD Kota Surakarta dan memberdayakan pegawai magang, melakukan pelatihan dan pendampingan IT kepada pegawai persediaan, serta memberikan arahan kepada pegawai dan membuat SOP tentang pengelolaan barang persediaan
Kata Kunci: kualitatif; manajemen perlengkapan kantor; studi kasus
Abstract: This study aims to know the implementation, obstacles, and efforts made to deal with obstacles in office supply management at Sub Bagian Administrasi, Kepegawaian, and OrganisasiDinas Tenaga Kerja Kota Surakarta. The approach of this research is qualitative, based on the type of case study. The data for this research was sourced from primary and secondary sources. Sampling using purposive and snowball sampling techniques. In-depth interviews, observations, and document studies are established as data collection techniques. This research uses interactive model data analysis. The research is conducted based on a systematic procedure. The results of the study are:
(1) the implementation of office supply management includes planning, budgeting, procurement, recording, storage and distribution, maintenance, deletion, and control; (2) constraints including limited budget availability, a limited number of human resources for non-durable goods, lack of IT competence for supply employees, and lack of responsibility for employees in the use of goods; (3) efforts made to overcome obstacles, namely setting a priority scale in the procurement of supply, submitting additional proposals for supply employees to BKD Kota Surakarta and empowering interns, conducting training and IT assistance to supply employees, and providing directions to employees and making SOP on the supply management.
Keywords: case study; office supply management; qualitative
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Armiwal. (2018). Proses manajemen perkantoran di Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Pidie. Jurnal Sosial Humaniora Sigli, 1(2), 46-57.
Djoeharie, I. N., & Khamdevi, M. (2017). Hubungan penataan perabot ruang kerja terhadap efektivitas kinerja PNS. Jurnal Ilmiah Penelitian Marka, 1(1), 13-18.
Habsy, B. A. (2017). Seni memahami penelitian kualitatif dalam bimbingan dan konseling: Studi literatur. Jurnal Konseling Andi Matappa, 1(2), 90-100.
Hasibuan, dkk. (2021). Manajemen logistik dan supply chain management. Medan: Yayasan Kita Menulis.
Jusoh, Z. M., & Kasim, N. (2017). Influential factors affecting materials management in construction projects. Management and Production Engineering Review, 8(4), 82-90.
Lestari, E. S. P., Chotimah, I., & Parinduri, S. K. (2021). Analisis manajemen logistik bagian pengadaan alat kesehatan Rumah Sakit Islam Bogor tahun 2019. Promotor, 4(2), 106-113.
Lubis, M. A., Murni, I., & Arfansyah, M. H. (2017). Pengaruh penerapan sistem informasi pemeliharaan peralatan dan mesin kantor pada efisiensi. Jurnal Edik Informatika, 3(1), 8-17.
Pundissing, R., & Pagiu, C. (2021). Manajemen pengendalian inventarisasi dalam menunjang aktivitas perbekalan pada RSUD Lakipadadatana Toraja. SEIKO: Journal of Management & Business, 4(2), 1-13.
Rahmaningtyas, W., Ismiyati, & Pramusinto, H. (2017). Mengelola manajemen logistik dengan efektif di Universitas Negeri Semarang. Jurnal Sains Sosial dan Humaniora, 1(2), 69-75.
Saleh, S. (2016). Administrasi perbekalan/logistik. Bandung: Pustaka Ramadhan.
Siswandi. (2017). Administrasi logistik & gudang (Kasus dan aplikasi perusahaan). Jakarta: Lentera Ilmu Cendekia.
Sitorus, J. (2019). Manajemen dalam konteks pengembangan organisasi. Jurnal Manajemen Pendidikan dan Keislaman, 8(1), 71-85.
Susanti, T., Murtini, W., & Widodo, J. (2018). Pelaksanaan manajemen perbekalan di bagian umum dan perlengkapan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret. Jurnal Informasi dan Komunikasi Pendidikan Administrasi Perkantoran, 2(4), 53-64.
Utami, N., & Sitorus, O. F. (2015). Manajemen logistik di Giant Ekstra. Jurnal Utilitas, 1(1), 92-103.
Refbacks
- There are currently no refbacks.