Pengaruh metode pembelajaran daring dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar Otomatisasi Tata Kelola Sarana Prasarana

Anita Sukma Wardani, Patni Ninghardjanti, Muhammad Choerul Umam

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh metode pembelajaran online terhadap hasil belajar; (2) pengaruh motivasi belajar mahasiswa terhadap hasil belajar (3) pengaruh metode pembelajaran online dan motivasi belajar mahasiswa terhadap hasil belajar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX OTKP di SMK N 1 Sukoharjo tahun ajaran 2021/2022 yang berjumlah 107. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX OTKP di SMK N 1 Sukoharjo. Teknik pengambilan sampel menggunakan proporsional random sampling dengan jumlah sampel 84 siswa. Metode pengumpulan data berupa kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan metode pembelajaran online terhadap hasil belajar sebesar (thitung 2,981 > ttabel 1,990) dengan signifikansi (0,004 < 0,05); (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar, sebesar (thitung 3,311 > ttabel 1,990) dengan nilai signifikansi (0,001 < 0,05); (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan hasil belajar siswa terhadap motivasi belajar siswa, sebesar (thitung 3,311 > ttabel 1,990) dengan nilai signifikansi (0,001 < 0,05); (4) terdapat pengaruh positif dan signifikan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar siswa, sebesar (thitung 3,311 001<0,05); (3) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara metode pembelajaran online dan motivasi belajar siswa secara bersama-sama terhadap hasil belajar (Fhitung 14,739 > Ftabel 3,190) dengan nilai signifikansi (0,000 < 0,05).


Kata Kunci : hasil belajar; kuantitatif; metode pembelajaran online


Abstract: This study aims to find out: (1) the influence of online learning methods on learning outcomes; (2) the influence of student learning motivation on learning outcomes (3) the influence of online learning methods and student learning motivation on learning outcomes. This research applied quantitative research with correlational methods. The population in this study is all students of OTKP class IX at SMK N 1 Sukoharjo, especially for the 2021/2022 school year, which amounts to 107. The sampling technique used proportional random sampling with a sample count of 84 students. The data collection method is a questionnaire and documentation. Data analysis techniques used prerequisite tests and multiple linear regression analysis. The results of the study showed that: (1) there is a positive and significant influence of online learning methods on the learning outcomes amounting to (tcount 2,981> table 1,990) with significance (0.004 < 0.05); (2) there is a positive and significant influence of student learning motivation on the learning outcomes, amounting to (tcount 3, 311> table 1,990) with significance values (0.001<0.05); (3) there can be a positive and significant influence between online learning methods and student learning motivation together on the learning outcomes (Fcount 14,739 > Ftabel 3,190) with a significance value (0.000 < 0.05).


Keywords: learning outcomes; online learning method; quantitative 


Keywords

hasil belajar; kuantitatif; metode pembelajaran online; learning outcomes; online learning method; quantitative

Full Text:

PDF

References

Arsy, C. W. W., Ariyanto, L., & Harun, L. (2021). Pengaruh kedisiplinan dan motivasi belajar siswa kelas XI saat pandemi Covid-19 terhadap hasil belajar matematika. Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 3(6), 535-546.

Bao, W. (2020). COVID‐19 and online teaching in higher education: A case study of Peking University. Human behavior and emerging technologies, 2(2), 113-115.

Brooks, S., Dobbins, K., Scott, J. J. A., Rawlinson, M., & Norman, R. I. (2014). Learning about learning outcomes: The student perspective. Teaching in Higher Education, 19(6), 721–733.

Cahyani, A., Listiana, I. D., & Larasati, S. P. D. (2020). Motivasi belajar siswa SMA pada pembelajaran daring di masa pandemi Covid-19. IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 3(01), 123–140.

Handayani, D., Hadi, D. R., Isbaniah, F., Burhan, E., & Agustin, H. (2020). Penyakit virus Corona 2019. Jurnal Respirologi Indonesia, 40(2), 119–129.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2020). Surat edaran Kemendikbud Nomor 4 Tahun 2020 tentang pelaksanaan kebijakan pendidikan dalam masa darurat penyebaran Coronavirus disease (Covid-19). Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Lee, J., & Martin, L. (2017). Investigating students’ perceptions of motivating factors of online class discussions. International Review of Research in Open and Distance Learning, 18(5), 148–172.

Saragih, C. L. (2021). Pengaruh metode pembelajaran daring terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah di kelas XI IPA SMA Shailendra Palembang. Kalpataru: Jurnal Sejarah dan Pembelajaran Sejarah, 7(1), 37-42.

Setyaningsih, R., & Atmaja, H. (2021). Pengaruh motivasi belajar dan media pembelajaran terhadap hasil belajar mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Tidar di masa pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 6(2), 191-203.

Slameto. (2013). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. PT. Rineka Cipta.

Sulfemi, W. B. (2018). Hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar IPS di SMP Kabupaten Bogor. Jurnal Edutecno, 18(1), 1-12.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.