Analisis penggunaan teknologi informasi dalam pembelajaran daring di SMA Negeri 5 Surakarta

Dinda Amalia Fatika Az Zahra, Anton Subarno, Winarno Winarno

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pemanfaatan teknologi informasi dalam pembelajaran daring di SMA Negeri 5 Surakarta (2) upaya mengatasi lost traffic, keterbatasan sarana, prasarana, dan tenaga IT, serta kurangnya daya tanggap siswa selama pembelajaran daring di SMA Negeri 5 Surakarta; (3) pengembangan yang akan dilakukan terkait dengan keterbatasan sarana prasarana, tenaga IT, dan kurangnya daya tanggap siswa saat pembelajaran daring di SMA Negeri 5 Surakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive dan snowball sampling. Sumber data yang digunakan adalah informan, tempat, dan peristiwa, serta arsip dan dokumen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Validasi data dilakukan dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknis. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis model interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan teknologi informasi dalam pembelajaran daring di SMA Negeri 5 Surakarta meliputi: latar belakang, peran pemanfaatan, peran tenaga TI, berbagai teknologi yang digunakan, upaya yang dilakukan SMA N 5 Surakarta dalam mengatasi kendala, dan pengembangan.

Kata Kunci: jaringan informasi; pembelajaran online; kualitatif

Abstract: This study aims to determine: (1) the use of information technology in online learning at SMA Negeri 5 Surakarta (2) efforts to overcome lost traffic, limited facilities, infrastructure, and IT personnel, and the lack of student responsiveness during online learning at SMA Negeri 5 Surakarta; (3) the development that will be carried out is related to the limitations of infrastructure, IT personnel, and the lack of student responsiveness when learning online at SMA Negeri 5 Surakarta. This research is a qualitative descriptive study. The sampling techniques used are purposive and snowball sampling. Sources of data used are informants, places, and events, as well as archives and documents. The data collection techniques used are interviews, observation, and documentation. Data validation was carried out using source triangulation and technical triangulation. The data analysis technique used is interactive model analysis. The results showed that the use of information technology in online learning at SMA Negeri 5 Surakarta includes: background, role of utilization, role of IT personnel, various technologies used, efforts made by SMA N 5 Surakarta to overcome obstacles, and development.

Keywords: information network; online learning; qualitative


Keywords

jaringan informasi; pembelajaran online; kualitatif; information network; online learning; qualitative

Full Text:

PDF

References

Astini, N. K. (2020). Pemanfaatan teknologi informasi dalam pembelajaran tingkat sekolah dasar pada masa pandemi covid-19. Lampuhyang, 11(2), 13-25.

Budiman, H. (2017). Peran teknologi informasi dan komunikasi dalam pendidikan. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 31-43.

Cambridge Assessment International Education. (2018). Global Education Census Report 2018. Cambridge Assessment International Education.

Hardani, H., Ustiawaty, J., Utami, E. F., Istiqomah, R. R., Fardani, R. A., Sukmana, D. J., & Auliya, N. H. (2020). Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif.CV. Pustaka Ilmu.

Husaini, M. (2014). Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Bidang Pendidikan (E-Education). Jurnal Mikrotik, 2(1).

Kadir, A., & Triwahyuni, T.C. (2013). Pengantar Teknologi Informasi Edisi Revisi. Andi.

Kristanto, A. (2016). Aplikasi Teknologi Pendidikan di Sekolah. Jurnal Teknologi Pendidikan, 4(1), 13-16.

Lestari, A. (2021). Pembelajaran Daring Menggunakan Metode Permainan (Game Based Learning).https://doi.org/10.31219/osf.io/fj9h7

Liana, N. I., Ivada, A. C., Azaria, T., Ningsih, S., & Windarti, T. (2021). Hambatan dan Solusi dalam Proses Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Journal of Education and Technology, 1(2), 62-68.

Nugrahani, F. (2014). Metode Penelitian Kualitatif dalam Penelitian. Pendidikan Bahasa. Cakra Books.

Nurhayati, E. (2020). Meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran daring melalui media game edukasi quizizz pada masa pencegahan penyebaran covid-19. Jurnal Paedagogy, 7(3), 145-150.

Rahayu, A. D., & Haq, M. S. (2021). Sarana dan prasarana dalam mendukung pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 9(1), 186-199.

Salsabila, U. H., Sari, L. I., Lathif, K. H., Lestari, A. P., & Ayuning, A. (2020). Peran Teknologi Dalam Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 17(2), 188-198.

Saway, M. H. (2019). Manajemen pengembangan sarana dan prasarana dalam implementasi manajemen berbasis sekolah di MA Al-Falah Nagreg. MANAZHIM, 1(2), 72-103.

Shima, S. N. (2021, December). Permasalahan, Solusi, dan Harapan Perkuliahan Daring Selama Pandemi Covid-19 dari Mahasiswa FATIK IAIN Ponorogo. PISCES: Proceeding of Integrative Science Education Seminar , 1(1), 611-621.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian, Kuantitatif, Kualitatif & RnD. Alfabeta.

Sugiyono. (2014). Memahami Penelitian Kualitatif. Alfabeta.

Syarifudin, A.S. (2020). Implementasi Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Sebagai Dampak Diterapkannya Social Distancing. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(1), 31-34.

Tamzil, F. (2021). Peranan Teknologi Informasi Digital Dalam Membantu Proses Pembelajaran Daring Di Era Pandemi Covid-19. Forum Ilmiah, 18(3), 331-339.

Tekege, M. (2017). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi Dalam Pembelajaran SMA YPPGI Nabire. JURNAL FATEKSA: Jurnal Teknologi dan Rekayasa, 2(1), 40-52.

Wahyono, P., Husamah, H., & Budi, A. S. (2020). Guru profesional di masa pandemi COVID-19: Review implementasi, tantangan, dan solusi pembelajaran daring. JurnalPendidikan Profesi Guru, 1(1), 51–65.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.