Pengaruh lingkungan keluarga dan disiplin belajar terhadap prestasi belajar korespondensi OTKP SMK Batik 2 Surakarta

Intan Nurul Rahmani, Tri Murwaningsih, Anton Subarno

Abstract

 

Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) pengaruh lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar siswa dalam pembelajaran online; (2) pengaruh disiplin belajar terhadap prestasi belajar siswa dalam pembelajaran online; dan (3) pengaruh lingkungan keluarga dan disiplin belajar terhadap prestasi belajar siswa dalam pembelajaran online. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X OTKP SMK Batik 2 Surakarta tahun ajaran 2020/2021 yang berjumlah 47 siswa. Sampel penelitian diambil melalui total sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan analisis dokumen. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda dengan menggunakan program SPSS 25.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat pengaruh yang signifikan lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar mahasiswa pada mata kuliah korespondensi dalam pembelajaran daring (nilai thitung 3,222 > ttabel 2,015) dengan signifikan 0,002 < 0,05; 2) terdapat pengaruh yang signifikan kedisiplinan belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa pada mata kuliah korespondensi dalam pembelajaran daring (nilai thitung 4,054 > ttabel 2,015) dengan signifikan 0,000 < 0,05; 3) terdapat pengaruh yang signifikan lingkungan keluarga dan kedisiplinan belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa pada mata kuliah korespondensi dalam pembelajaran daring (nilai thitung 4,054 054 > ttabel 2,015) dengan signifikan 0,000 < 0,05; 3) terdapat pengaruh yang signifikan lingkungan keluarga dan disiplin belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa pada mata kuliah korespondensi dalam pembelajaran daring (nilai Fhitung 19,793 > Ftabel 3,204) dengan signifikan 0,000 < 0,05.


Kata Kunci: pembelajaran online; penelitian kuantitatif; mata kuliah korespondensi


Abstract: The purpose of this research is to determine: (1) the effect of family environment on the student’s learning achievement in online learning; (2) the effect of learning discipline on the student’s learning achievement in online learning; and (3) the effect of family environment and learning discipline on the student’s learning achievement in online learning. This is a quantitative research using the correlational method. The population in this research were students of SMK Batik 2 Surakarta in X OTKP in the 2020/2021 academic year, 47 students. The research sample was taken through total sampling. Data collection techniques use questionnaires and analysis documents. Data analysis techniques use multiple linear regression analysis using the SPSS 25.0 program. The results show that: 1) there was a significant effect of family environment on the student’s learning achievement in correspondence subjects in online learning (tvalue 3.222 > ttable 2.015) with a significant 0.002<0.05; 2) there was a significant effect of learning discipline on the student’s learning achievement in correspondence subjects in online learning (tvalue 4.054 > ttable 2.015) with a significant 0,000<0,05; 3) there was a significant effect of family environment and learning discipline on the student’s learning achievement in correspondence subjects in online learning (Fvalue 19.793 > Ftable 3.204) with a significant 0.000<0.05.


Keywords: correspondence subjects; online learning; quantitative research

Keywords

pembelajaran online; penelitian kuantitatif; mata kuliah korespondensi; correspondence subjects; online learning; quantitative research

Full Text:

PDF

References

Aurum, A. (2021). Pengaruh lingkungan keluarga dan fasilitas belajar bagi prestasi belajar kimia melalui pembelajaran daring. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(11), 1835–1843.https://doi.org/10.36418/japendi.v2i11.358

Handayani. (2017). Pengaruh perhatian orang tua dan konsep diri siswa terhadap hasil belajar matematika. Jurnal Pendidikan Dasar, 8(1), 127–143.

Khumaero, L., & Arief, S. (2017). Pengaruh gaya mengajar guru, disiplin belajar, dan teman sebaya terhadap prestasi belajar. Economic Education Analysis Journal, 6(3), 689–710.https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj/article/view/20281

Krisnani, T., & Hetty. (2020). Optimalisasi peran pengawasan orang tua dalam pelaksanaan sekolah online di masa pandemi Covid-19. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(1), 54–55.

Munib, A., Budiono, & Suryono, S. (2016). Pengantar ilmu pendidikan. UNNES Press.

Riyana. (2019). Produksi bahan pembelajaran berbasis online. Universitas Terbuka.

Rosid, A., Rosyid, Z., & Mansyur, M. (2019). Prestasi Belajar. Literasi Nusantara.

Sari. (2020). Self-efficacy dan dukungan keluarga dalam keberhasilan belajar dari rumah di masa pandemi Covid-19. Education Journal: Journal Educational Research And Development, 4(2), 127–136.https://doi.org/10.31537/Ej.V4i2.346

Sarjono, Zuhriah, F., & Herawati, S. (2020). Pengaruh minat belajar dan lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi bisnis kelas X SMK PGRI 2 Bojonegoro. Jurnal Pendidikan Edutama, 7(1), 151–160.http://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/JPE

Sirait, E. D. (2016). Pengaruh minat belajar terhadap prestasi belajar matematik. Jurnal Formatif, 6(1).

Slameto. (2015). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Rineka Cipta.

Suparno, S. (2001). Membangun kompetensi belajar. Departemen Pendidikan Nasional.

Wahyu, C., Ariyanto, L., & Harun, L. (2021). Pengaruh kedisiplinan dan motivasi belajar siswa kelas XI saat pandemi covid-19 terhadap prestasi belajar matematika. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(6), 535–546.https://doi.org/10.26877/imajiner.v3i6.9877

Refbacks

  • There are currently no refbacks.