Pengaruh disiplin belajar dan metode e-learning terhadap prestasi belajar siswa SMKN 1 Wonogiri selama pandemi

Bunga Indrahayu Serena, Tri Murwaningsih, Muhammad Choerul Umam

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) pengaruh kedisiplinan terhadap prestasi belajar mata pelajaran kearsipan kelas X OTKP di SMKN 1 Wonogiri; 2) pengaruh metode pembelajaran daring terhadap prestasi belajar mata pelajaran kearsipan kelas X OTKP di SMKN 1 Wonogiri; dan 3) pengaruh disiplin belajar dan metode pembelajaran daring terhadap prestasi belajar mata pelajaran kearsipan kelas X OTKP di SMKN 1 Wonogiri. Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel yang disebut sampling jenuh. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa X OTKP yang berjumlah 72 siswa. Kuesioner dan analisis dokumen digunakan untuk memperoleh data. Analisis regresi linier berganda dengan prosedur prasyarat digunakan untuk menganalisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Terdapat pengaruh disiplin belajar terhadap prestasi belajar (thitung 2,652 > ttabel 1,667); 2) Terdapat pengaruh metode pembelajaran daring terhadap prestasi belajar (thitung 2,003 > ttabel 1,667); dan 3) Terdapat pengaruh kedisiplinan belajar dan metode pembelajaran daring terhadap prestasi belajar (thitung 8,416 > ttabel 3,13).

Kata Kunci: covid-19; prestasi belajar; disiplin belajar; kuantitatif

Abstract: The purpose of this research was to determine: 1) the effect of discipline on the learning achievement of archival subjects in X OTKP at SMKN 1 Wonogiri; 2) the effect of online learning methods on the learning achievement of archival subjects in X OTKP at SMKN 1 Wonogiri; and 3) the influence of learning discipline and online learning methods toward the learning achievement of archival subjects in X OTKP at SMKN 1 Wonogiri. This research is quantitative with a correlational approach. This research used a sampling technique called saturated sampling. The population of this research is all students of X OTKP, consisting of 72 students. Questionnaires and document analysis were used to obtain the data. Multiple linear regression analysis with precondition procedures is used to analyze the data. The results showed that: 1) There is an effect of learning discipline toward learning achievement (tstatistic 2.652 > ttable 1.667); 2) There is an effect of online learning methods toward learning achievement (tstatistic 2.003 > ttable 1.667); and 3) There is an effect of disciplined learning and online learning methods toward learning achievement (tstatistic 8.416 > ttable 3.13). 

Keywords: covid-19; learning achievement; learning discipline; quantitative


Keywords

covid-19; prestasi belajar; disiplin belajar; kuantitatif; covid-19; learning achievement; learning discipline; quantitative

Full Text:

PDF

References

Abidin, Z., Hudaya, A., & Anjani, D. (2020). Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19. Research and Development Journal of Education, 1(1), 131-146. http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v1i1.7659

Adinoto, P. (2019). Pengaruh Kegiatan Awal Pembelajaran, Disiplin Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar. Jurnal Ilmiah Pendidikan & Pembelajaran, 3(1), 53-64. http://dx.doi.org/10.23887/jipp.v3i1.17110

Aini, N.A., Wardani, D.K., & Nugroho, J.A. (2016). Pengaruh Disiplin Belajar Dan Kreativitas Guru Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ips Siswa Di Smk Batik 1 Surakarta. Jurnal Pendidikan Bisnis dan Ekonomi, 2(2), 1-16. https://doi.org/10.20961/bise.v2i2.17082

Al-Fath, A.M. (2015). Pengaruh Motivasi, Lingkungan Dan Disiplin Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V SDN 19 Banda Aceh. Visipena, 6(1), 1-11. https://doi.org/10.46244/visipena.v6i1.344

Fitri, A.S., Suarman, Haryana, G. (2018). Pengaruh Disiplin Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi SMA Negeri 1 Teluk Kuantan. Jurnal Online Mahasiswa, 5(2), 1-8.

Lawrence, A. & Vimala, A. (2012). School Environment And Academic Achievement Of Standard IX Students. Journal Of Education And Instructional Studies In The World, 2(3), 210-215.

Maja, I. (2013). Pengaruh Motivasi, Metode Pembelajaran Dan Disiplin Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Teknik Di Politeknik Negeri Sriwijaya. Jurnal Orasi Bisnis: Jurnal Ilmiah Administrasi Negara, 9(3), 1-10.

Nugraha, I.G., Yasna, I.M., & Nayun, I.W. (2021). Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Masa Pandemi Covid-19 Di SMP Negeri 2 Tabanan. Jurnal Mahasiswa Pendidikan,3(1), 23-23.

Saragih, C.L., Ahyani, N., & Suriadi, A. (2021). Pengaruh Metode Pembelajaran Daring Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Di Kelas XI IPA SMA Shailendra Palembang. Jurnal Sejarah Dan Pembelajaran Sejarah,7(1), 37-42. http://dx.doi.org/10.31851/kalpataru.v7i1.6307

Refbacks

  • There are currently no refbacks.