PENERAPAN APLIKASI “E-KIR DISHUB SOLO” DI DINAS PERHUBUNGAN KOTA SURAKARTA

Turas Rahmat Maulana, Anton Subarno, Nur Rahmi Akbarini

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui: 1) Bagaimana penerapan Aplikasi E-KIR DISHUB SOLO, 2) Kendala apa saja yang dihadapi dalam penerapan Aplikasi E-KIR, 3) Upaya yang dilakukan Dinas Perhubungan dalam menghadapi kendala penerapan E-KIR. Jenis penelitian yaitu deskriptif kualitatif, pendekatan studi kasus. Teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling dan snowball sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan Aplikasi E-KIR DISHUB SOLO di Dinas Perhubungan Kota Surakarta meliputi: a) perencanaan dan persiapan kelengkapan administrasi, b) sosialisasi Aplikasi E-KIR DISHUB SOLO kepada masyarakat, c) pelaksanaan pendaftaran Uji KIR melalui aplikasi E-KIR DISHUB SOLO, d) monitoring dan evaluasi pelaksanaan aplikasi E-KIR DISHUB SOLO. 2) kendala penerapan aplikasi E-KIR DISHUB SOLO diantaranya: a) masyarakat yang masih belum mengetahui aplikasi E-KIR DISHUB SOLO dan cara penggunaanya, b) jaringan yang tidak stabil, c) database pemohon uji kir tidak terbaca oleh sistem, d) mesin daftar mandiri yang tidak berfungsi dengan baik. 3) Upaya yang dilakukan Dinas Perhubungan dalam menghadapi kendala tersebut antara lain: a) sosialisasi secara masif kepada pemilik kendaraan bermotor wajib uji, b) koordinasi dengan pihak terkait agar dilakukan penguatan jaringan internet, c) melakukan backup data dan perbaikan sistem jaringan, d) perbaikan mesin daftar mandiri oleh pihak pengembang.

Keywords

e-kir, uji kir, dinas perhubungan

Full Text:

PDF

References

Ahmad, & Pambudi, B. S. (2014). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan, Keamanan dan Ketersediaan Fitur terhadap Minat Ulang Nasabah Bank dalam Menggunakan Internet Banking (Studi pada Program Layanan Internet Banking BRI). Competence: Journal of Management Studies, 8(1), 1- 11. Ariefni, D, F & Legowo, M, B. (2018). Penerapan Konsep Monitoring dan Evaluasi dalam Sistem Informasi Kegiatan Mahasiswa di Perbanas Institute Jakarta. Jurnal Teknik Informatikan dan Sistem Informasi, 4(3). Fikri, H., Suharto, D. G., & Nugroho, R. A. (2018). The utilization of electronic government in realizing transparency and accountability of village government: Synergy of implementation of electronic village budgeting and electronic monitoring system by Banyuwangi government. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 5(4), 453-469. Herlinda. (2016). Pengaruh Teknologi Informasi Terhadap Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik PT. POS Indonesia Di Kecamatan Tanah Grogot Kabupaten Paser. ejournal Ilmu Pemerintahan. 4(1), 306-318. Kaleb, B. J., Lengkong, V. P., & Taroreh, R. N. (2019). Penerapan Sistem Informasi Manajemen Dan Pengawasannya Di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 7(1), 781-790. Kertati, I. (2020). Implementasi Smart Government Kota Surakarta. Public Service and Governance Journal, 1(01), 1- 16. Mahedy, K, S. (2021). Implementasi Sistem Backup Data Pada Sistem Informasi Perpustakaan Universitas Pendidikan Ganesha. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 18(2), 216-225. Mulawarman, K., & Rosilawati, Y. (2014). Komunikasi Organisasi pada Dinas Perijinan Kota Yogyakarta untuk meningkatkan pelayanan. Jurnal Ilmiah Komunikasi Makna, 5(1), 31-41. Nashihuddin, W. (2016). Promosi Layanan Perpustakaan khusus melalui media sosial dan kegiatan sosialisasi: Tinjauan Kegiatan Promosi di PDII-LIPI. In Conference Paper. https://www.researchgate.net/publi cation/313312786 (diakses 23 Februari 2022). Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor PM 133 tahun 2015 Tentang Pengujian Berkala Kendaraan Bermotor. Jakarta. Purba, P. P. (2022). Analisis Kepuasan Pasien Terhadap Sistem Pendaftaran Rawat Jalan Online di RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta. Infokes: Jurnal Ilmiah Rekam Medis dan Informatika Kesehatan, 12(1), 44-48. Raintaria I., Rasyidan M., Aulia R. (2020). Aplikasi Layanan Pengujian Kendaraan Bermotor (PKB) pada Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Dinas Perhubungan Kabupaten Barito Timur. (Doctoral Dissertation Universitas Islam Kalimantan MAB). Septianti, F. S., & Prabawati, I. (2019). Implementasi Program E-Uji KIR di Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Pengujian Kendaraan Bermotor (PKB) Tandes Kota Surabaya. Publika, 7(1). Sibu, S. Y., Pangkey, M. S., & Ruru, J. M. (2017). Partisipasi Masyarakat Pada Perencanaan Pembangunan Di Desa Igo Kecamatan Loloda Utara Kabupaten Halmahera Utara. Jurnal Administrasi Publik, 4(48). Winerungan, O, L. (2013). Sosialisasi Perpajakan, Pelayanan Fiskus dan Sanksi Perpajakan Terhadap Kepatuhan WPOP di KPP Manado dan KPP Belitung. Jurnal EMBA, 1(3). Yunas, N, S. (2016). The development of e-government system in Indonesia. Jurnal Bina Praja: Journal of Home Affairs Governance, 8(1), 97-108.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.