Pengaruh penggunaan smartphone dan pola belajar terhadap prestasi belajar pada mahasiswa Pendidikan Administrasi Perkantoran Universitas Sebelas Maret

Muhammad Ferri Hermawan, Patni Ninghardjanti, Anton Subarno

Abstract

Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pengaruh penggunaan smartphone terhadap prestasi belajar; (2) mengetahui pengaruh pola pembelajaran terhadap prestasi belajar; dan (3) mengetahui pengaruh penggunaan smartphone dan pola pembelajaran terhadap prestasi belajar. Penelitian ini bersifat deskriptif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara random sampling. Jumlah sampel seluruhnya adalah 42 siswa. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian sebagai berikut: Pertama, tidak terdapat pengaruh positif atau signifikan penggunaan smartphone terhadap prestasi belajar. Kedua, tidak terdapat pengaruh positif atau signifikan pola pembelajaran terhadap prestasi belajar. Ketiga, tidak terdapat pengaruh positif penggunaan smartphone dan pola belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar.


Kata Kunci: gaya pembelajaran; hasil belajar; pembelajaran di smartphone


Abstract: This research aims to (1) determine the effect of smartphone use on learning achievement; (2) determine the effect of learning patterns on learning achievement; and (3) determine the effect of smartphone use and learning patterns on learning achievement. This research is descriptive and quantitative. The data collection technique used a questionnaire. The sampling technique was carried out by random sampling. The total sample size is 42 students. The data analysis technique used multiple linear regression analysis. The results of the study are as follows: First, there is no positive or significant effect of smartphone use on learning achievement. Second, there is no positive or significant effect of learning patterns on learning achievement. Third, there is no positive effect of smartphone use and learning patterns together on learning achievement.


Keywords: learning style; learning achievement; smartphone for learning


Keywords

gaya pembelajaran; hasil belajar; pembelajaran di smartphone; learning style; learning achievement; smartphone for learning

Full Text:

PDF

References

Andriani S, F., & Kurniawati, H. (2015). Pengaruh perilaku belajar dan kebiasaan belajar terhadap prestasi akademik mahasiswa akuntansi (studi pada mahasiswa S1 jurusan akuntansi fe-untar). Jurnal Riset Akuntansi dan Auditing, 2(1), 33-50.

Arista, F. S., & Kuswanto, H. (2018). Virtual physics laboratory applications based on android smartphones improve learning independence and conceptual understanding. International Journal of Instruction.Vol.1.1-16

Augusta, G. (2018). Pengaruh penggunaan smartphone terhadap prestasi belajar mahasiswa melalui motivasi belajar. Skripsi, S. Pd, Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.

Fitri, S. A. (2018). Pengaruh smartphone terhadap perubahan prestasi mahasiswa (studi pada mahasiswa fakultas dakwah dan komunikasi uin ar-raniry jurusan komunikasi dan penyiaran islam). Doctoral dissertation, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

Fitriawan, D. (2018). Komparasi hasil belajar matematika menggunakan pola belajar bimbingan tutor sebaya secara kelompok dan klasik. Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains, 3(2), 126-135.

Muslimin. (2016). Pengaruh motivasi belajar, partisipasi belajar, pemahaman akuntansi, minat belajar dan gaya belajar mahasiswa terhadap prestasi belajar mahasiswa jurusan akuntansi universitas maritim raja ali haji. Universitas Maritim Raja Ali Haji.

Norhidayah, F. (2017). Pengaruh penggunaan handphone dan keterlibatan orang tua terhadap prestasi belajar siswa di mtsn 4 tabalong (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).

Nurhayati, E. (2018). Psikologi pendidikan inovatif (Vol. 2). Pustaka Pelajar.

Syafi'i, A., Mariyanto, T., & Rodiyah, S. K. (2018). Studi tentang prestasi belajar siswa dalam berbagai aspek dan faktor yang mempengaruhi. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 115-123.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.