DAMPAK PEMBELAJARAN DARING PADA MAHASISWA BARU PRODI PENDIDIKAN ADMINISTRASI PERKANTORAN UNIVERSITAS SEBELAS MARET SURAKARTA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Dampak positif dan negatif pembelajaran daring pada mahasiswa baru Prodi PAP UNS, 2) Upaya yang dilakukan untuk mengatasi dampak negatif pembelajaran daring Prodi PAP UNS.
Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif menggunakan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, analisis dokumen, arsip. Validitas data diperoleh melalui pengujian transferability, dependability, confirmability. Teknik analisis data menggunakan model interaktif. Tahap penelitian melalui: 1) Pra lapangan, 2) Pekerjaan lapangan, 3) Analisis data, 4) Penarikan kesimpulan dan 5) Laporan penelitian.
Hasil penelitian ditemukan: 1) Dampak positif pembelajaran daring pada mahasiswa baru Prodi PAP UNS yaitu: a) meningkatkan kemampuan menggunakan teknologi pembelajaran, b) beragamnya penggunaan media aplikasi pembelajaran, c) waktu pembelajaran fleksibel dan d) menghemat biaya akomodasi. Adapun dampak negatif yaitu: a) terganggunya penyesuaian diri terhadap pembelajaran, b) beberapa mahasiswa sulit memahami materi, c) motivasi belajar mahasiswa menurun dan d) dosen tidak dapat mengawasi mahasiswa secara langsung. 2) Upaya yang dilakukan untuk mengatasi dampak negatif pembelajaran daring Prodi PAP UNS yaitu: a) memperbanyak informasi seputar Prodi PAP UNS, b) menggunakan metode pembelajaran interaktif, c) meningkatkan motivasi belajar mahasiswa baru dan d) meningkatkan pengawasan dalam pembelajaran.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anugrahana, A. (2020). Hambatan , Solusi dan Harapan : Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 282–289. Argaheni, N. B. (2020). Sistematik Review: Dampak Perkuliahan Daring Saat Pandemi COVID-19 Terhadap Mahasiswa Indonesia. PLACENTUM: Jurnal Ilmiah Kesehatan Dan Aplikasinya, 8(2), 99–108. https://doi.org/10.20961/placentum.v8i2.43008 Cahyani, A., Listiana, I. D., & Larasati, S. P. D. (2020). Motivasi Belajar Siswa SMA pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 3(01), 123–140. https://doi.org/10.37542/iq.v3i01.57 Dewi, Y. F., & Widyaiswara. (2020). Belajar Bermakna Dari Rumah melalui Model Pembelajaran DaSi AsSi. LPPM Jambi. https://lpmpjambi.id/2020/08/18/belajar-bermakna-dari-rumah-melalui-model-pembelajaran-dasi-assi/ Gusty, S., Nurmiati, Muliana, Sulaiman, O. K., Ginantra, N. L. W. S. R., Manuhutu, M. A., Andriasan, S., Leuwol, N. V. L., Sahabuddin, A. A. A., Hastutu, P., Setianto, A. Y., Metanfanuan, T., Uktolseja, L. J., Jamaludin, Karwanto, S. G., Bungin, erni R., Jamaludin, & Warella, S. Y. (2020). Belajar Mandiri Pembelajaran Daring di Tengah Pandemi Covid-19 (J. Simarmata (ed.); Vol. 4, Issue 1). Yayasan Kita Menulis. Handayani, L. (2020). Keuntungan , Kendala dan Solusi Pembelajaran Online Selama Pandemi Covid-19 : Studi Ekploratif di SMPN 3 Bae Kudus Lina Handayani. Journal Industrial Engineering & Management Research (Jiemar), 1(2), 15–23. https://doi.org/https://doi.org/10.7777/jiemar.v1i2 Hasibuan, S. A., & Damanik, L. A. (2020). Metode Pembelajaran Interaktif yang Diselenggarakan Secara Daring Akibat Mewabahnya Covid-19. 182–188. Jamaluddin, D., Ratnasih, T., Gunawan, H., & Paujiah, E. (2020). Pembelajaran Daring Masa Pandemik Covid-19 Pada Calon Guru: Hambatan, Solusi Dan Proyeksi. Karya Tulis Ilmiah UIN Sunan Gunung Djjati Bandung, 1–10. http://digilib.uinsgd.ac.id/30518/ Kartika, R. (2020). Analisis Faktor Munculnya Gejala Stres Pada Mahasiswa Akibat Pembelajaran Jarak Jauh Di Masa Pandemi Covid-19. Edukasi Dan Teknologi, 1(2), 107–115. Pawicara, R., & Conilie, M. (2020). Analisis Pembelajaran Daring Terhadap Kejenuhan Belajar Mahasiswa Tadris Biologi Iain Jember di Tengah Pandemi Covid-19. ALVEOLI: Jurnal Pendidikan Biologi, 1(1). Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Santoso, P. B., Wijayanti, L. M., Choi, C. H., & Putri, R. S. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 1–12. https://ummaspul.e-journal.id/Edupsycouns/article/view/397 Rumhadi, T. (2017). Urgensi Motivasi dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Diklat Keagamaan, 11(1), 33–41. bdksurabaya.e-journal.id ? article ? download Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. Pendidikan Biologi, 6(2), 214–224. https://doi.org/10.17509/t.v6i2.20887 Sadikin, A., & Nasrul, H. (2019). Interactive Media Development of E-Learning in Welcoming 4.0 Industrial RevolutionOn Ecosystem Material for High School Students. Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 5(2), 131–138. https://doi.org/https://doi.org/10.22437/bio.v5i2.7590 Salsabila, U. H., Melania, A., Jannah, A. M., Arni, I. H., & Fatwa, B. (2020). Peralihan Transformasi Media Pembelajaran dari Luring ke Daring dalam Pendidikan Agama Islam. Al-Muaddib: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial & Keislaman, 5(2), 198–216. https://doi.org/10.31604/muaddib.v5i2.198-216 Sindo, K. (2021). Tips Mengenal Lingkungan Kampus Tanpa Harus Mendatanginya. Sindonews.Com. Sutarjo, I. P. E., Putri, D. A. W. M. P., & Suarni, N. K. (2013). Efektivitas teori behavioral teknik relaksasi dan brain gym untuk menurunkan burnout belajar pada siswa kelas vii smp laboraturium undiksha singaraja tahun pelajaran 2013/2014. Bimbingan Dan Konseling. Wahyono, P., Husamah, H., & Budi, A. S. (2020). Guru profesional di masa pandemi COVID-19: Review implementasi, tantangan, dan solusi pembelajaran daring. Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 51–65. http://ejournal.umm.ac.id/index.php/jppg/article/view/12462 Yuangga, K. D., & Sunarsi, D. (2020). Pengembangan Media dan Strategi Pembelajaran untuk Mengatasi Permasalahan Pembelajaran Jarak Jauh di Pandemi Covid- 19. 4(3), 51–58.
Refbacks
- There are currently no refbacks.