STRATEGI PUBLIC RELATIONS UNTUK MENINGKATKAN DAYA TARIK WISATA, BUDAYA DAN PENDIDIKAN DI MUSEUM KERIS SURAKARTA

Jihan Ramadhani Ekawati, C. Dyah Sulistyaningrum I, Anton Subarno

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi strategi public relations yang dilaksanakan oleh humas Museum Keris Surakarta. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian dilaksanakan di Museum Keris Surakarta  dan UPT Museum Surakarta. Data diperoleh dari informan, dokumen dan peristiwa dengan purposive sampling. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Validitas data diperoleh dengan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Teknik analisis data menggunakan analisis data model interaktif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi strategi public relations di Museum Keris meliputi: 1) Pencarian Masalah, 2) Perencanaan Strategi, 3) Tindakan dan Komunikasi dengan menggunakan a) Strategi Operasional, b) Pendekatan Persuasif dan Edukatif, c) Pendekatan Kerja Sama, 4) Evaluasi Pelaksanaan Strategi.

 

Keywords

Musuem Keris, strategi, public relations

Full Text:

PDF

References

Anfruns, J. (2014). International Council of Museums (ICOM). Dalam Encyclopedia of Global Archaeology (hal. 3964-3965). New York, NY: Springer New York.

Febrianti, D. F., Sugandi, & Althalets, F. (2019). Strategi hubungan masyarakat dinas pariwisata dalam meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan di kabupaten Kutai Kartanegara. eJournal Ilmu Komunikasi, 307-319.

Masril, M., & Siagian, M. T. (2019). Strategi hubungan masyarakat terhadap keputusan berkunjung . KomunikA: Jurnal Ilmu Komunikasi, 1-10.

Ruslan, R. (2016). Manajemen public relation & media komunikasi : konsepsi dan aplikasi. Jakarta: Rajawali Pers.

Sugiyono. (2016). Memahami Penelitian Kuaitatif. Bandung: ALFABETA.

Taqwan, B., & Haji, S. (2019). Pengaruh pembelajaran luar kelas (Outdoor Learning) terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas V SMP Negeri 05 Seluma. Jurnal Pendidikan Maematika Raflesia, 10-18.

Widodo, A. (2020). Nilai budaya ritual perang topat sebagai sumber pembalajaran IPS berbasis kearifan lokal di Sekolah Dasar. Gulawentah: Jurnal Studi Sosial, 1-16

Refbacks

  • There are currently no refbacks.