PENERAPAN E-FAKTUR DI KANTOR PELAYANAN PAJAK PRATAMA SURAKARTA

Bany Bernike Aurora Putri, Hery Sawiji, Patni Ninghardjanti

Abstract


Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Penelitian dilakukan di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Surakarta. Data penelitian diperoleh dari informan, peristiwa, tempat atau lokasi, dokumen dengan snowball dan purposive sampling. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumen. Validitas data diperoleh dengan triangulasi sumber dan metode. Teknik analisis data menggunakan analisis data model interaktif Miles and Huberman.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan e-Faktur di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Surakarta meliputi: a) perencanaan dan persiapan penerapan e-Faktur, b) pelaksanaan e-Faktur meliputi, langkah-langkah bagi seorang PKP untuk dapat menggunakan e-Faktur, proses pengiriman PPN melalui e-Faktur, penerimaan e-Faktur, pemberian sosialisasi kepada wajib pajak mengenai e-Faktur, c) monitoring dan evaluasi penerapan e-Faktur. 2) Penerapan e-Faktur di KPP Pratama Surakarta memiliki faktor penghambat dan solusi penerapan e-Faktur diantaranya, a) faktor penghambat internal yaitu kegagalan sistem dan pemberitahuan kadaluarsa sertifikat elektronik dan faktor eksternal yaitu PKP yang gagap teknologi, b) upaya mengatasi hambatan adalah pemberitahuan melalui sosial media, menambah jumlah pegawai di helpdesk, c) upaya pengawasan berupa membatasi Nomor Seri Faktur Pajak, pengecekan rutin transaksi PKP yang sudah atau belum melakukan pelaporan pajak terutangnya. 3) Dampak dan harapan penerapan e-Faktur diantaranya, a) dampak dalam penerimaan PPN, mempermudah pengawasan, menghemat biaya kertas dan penyimpanan, b) harapan jangka panjangnya adalah pembaharuan aplikasi secara terus menerut dan PKP melek teknolodi dan update informasi.

Keywords

e-invoice, VAT, Directorate General of Taxes

Full Text:

PDF

References

Caroko, B., Susilo, H., & Z, A, Z. (2015). Pengaruh pengetahuan perpajakan, kualitas pelayanan pajak, dan sanksi pajak terhadap motivasi wajib pajak orang pribadi dalam membayar pajak. Jurnal Perpajakan, 1(1), 1–10.

Alfioreta, N., Purnamawati, I., & Kartika. (2016). Pengaruh Penerapan Sistem E-Faktur Terhadap Kepatuhan Pengusaha Kena Pajak Dengan Pemahaman Internet Sebagai Variabel Moderasi (Studi Empiris Pada Pengusaha Kena Pajak Yang Terdaftar Menggunakan E-Faktur Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Jember). Artikel Ilmiah Mahasiswa, 1–6

Hasibuan, M.S. P. (2011). Dasar, Pengertian, dan Masalah. PT. Bumi Aksara

Laudon, Kenneth dan Jane Laudon. (2005). Sistem Informasi Manajemen Mengelola Perusahaan Digital. Diterjemahkan Erwin Philippus. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan: Pendalaman Kualitatif, dan R & D. Bandung: CV. Alfabeta

Refbacks

  • There are currently no refbacks.