OPTIMALISASI PENERAPAN QUICK RESPONSE CODE INDONESIA STANDARD (QRIS) PADA MERCHANT DI WILAYAH SURAKARTA
Abstract
Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian dilakukan di Kantor Perwakilan Bank Indonesia Solo dan para merchant yang ada di wilayah Surakarta. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan QRIS, mengetahui hambatan yang terjadi, mengetahui manfaat yang diperoleh, dan mengetahui solusi dari permasalahan penerapan QRIS. Data penelitian diperoleh dari informan, peristiwa, dokumen dengan teknik pegambilan sampel menggunakan purposive dan snowball sampling. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan QRIS pada merchant di Wilayah Surakarta mengalami peningkatan selama tahun 2020 sebanyak 276%. Hambatan yang dialami yaitu pemahaman para pedagang yang masih kurang, konsumen tidak dapat melakukan scan kode QR, dan juga penempelan stiker masih belum sesuai. Manfaat penerapan QRIS antara lain proses transaksi lebih mudah, mencegah uang palsu, pendaftaran merchant atau toko lebih mudah, dan alternatif pembayaran semakin beragam. Solusinya ialah melakukan edukasi kepada merchant, pedagang/merchant dapat meningkatkan literasi keuangan, dan pedagang berkoordinasi dengan pihak acquirer untuk menanyakan kendala. Kesimpulan dari penelitian ini ialah penerapan QRIS di wilayah Surakarta masih belum optimal yang dapat dilihat dari hambatan tersebut. Saran bagi para merchant harus lebih meningkatkan literasi keuangan digital. Penelitian ini dapat dijadikan sebagai sumber referensi bagi lembaga pemerintah dan bank untuk mengetahui hambatan
penerapan QRIS.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agustinus, M. (2019). Literasi Keuangan Digital Masih Jadi Kendala Perluasan QRIS. Kumparan, 3–5.
Aji, H. M., Berakon, I., & Md Husin, M. (2020). COVID-19 and e-wallet usage intention: A multigroup analysis between Indonesia and Malaysia. Cogent Business and Management, 7(1). https://doi.org/10.1080/23311975.2020.1804181
Appkey. (2020). Merchant adalah : Pengertian Merchant ! Bagaimana Cara Kerja Merchant ? Markey.Id.
Arner, D. W., Barberis, J. N., & Buckley, R. P. (2015). The Evolution of Fintech: A New Post-Crisis Paradigm? SSRN Electronic Journal, January. https://doi.org/10.2139/ssrn.2676553
Aspers, P., & Corte, U. (2019). What is Qualitative in Qualitative Research. Qualitative Sociology, 42(2), 139–160. https://doi.org/10.1007/s11133-019-9413-7
Ayu, S. (2019). ANALISIS TINGKAT LITERASI KEUANGAN UMKM KOTA SOLO [UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA]. http://eprints.ums.ac.id/73014/1/NASKAH PUBLIKASI.pdf
Bank Indonesia. (2017). QR Code Indonesian Standard (QRIS). BMC Public Health, 5(1), 1–8. https://ejournal.poltektegal.ac.id/index.php/siklus/article/view/298%0Ahttp://repositorio.unan.edu.ni/2986/1/5624.pdf%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.jana.2015.10.005%0Ahttp://www.biomedcentral.com/1471-2458/12/58%0Ahttp://ovidsp.ovid.com/ovidweb.cgi?T=JS&P
Bank Indonesia. (2020). Apa itu Uang Elektronik. Bank Indonesia. https://www.bi.go.id/id/edukasi/Pages/Apa-itu-Uang-Elektronik.aspx
Gathmir, M. (2016). Tinjauan Regulasi Tentang Pembayaran Melalui E-Wallet. Journal of Chemical Information and Modeling, 6(2), 1–9. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Genady, D. I. (2018). Pengaruh Kemudahan, Kemanfaatan, Dan Promosi Uang Elektronik Terhadap Keputusan Penggunaan Uang Elektronik Di Masyarakat (Studi Kasus di Provinsi DKI Jakarta). In Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta (Issue 11140850000042). http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/39728/2/DIEN ILHAM GENADY-FEB.pdf
Indonesia, B. (2019). Regulation of Board of Member of Governors.
Ipsos. (2020). Ipsos Media Conference - Strategi Menang Tanpa Bakar Uang. Ipsos.Com, 1–5. https://www.ipsos.com/en-id/ipsos-media-conference-strategi-menang-tanpa-bakar-uang
Mayanti, R. (2020). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penerimaan User Terhadap Penerapan Quick Response Indonesia Standard Sebagai Teknologi Pembayaran Pada Dompet Digital. Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis, 25(2), 123–135. https://doi.org/10.35760/eb.2020.v25i2.2413
Mulyana, A., & Wijaya, H. (2018). Perancangan E-Payment System pada E-Wallet Menggunakan Kode QR Berbasis Android. Komputika : Jurnal Sistem Komputer, 7(2), 63–69. https://doi.org/10.34010/komputika.v7i2.1511
Nassaji, H. (2015). Qualitative and descriptive research: Data type versus data analysis. Language Teaching Research, 19(2), 129–132. https://doi.org/10.1177/1362168815572747
PBI 18/40/PBI/2016 Penyelenggaraan Pemrosesan Transaksi Pembayaran, Bank Indonesia Official Web Site 51 (2016). https://www.bi.go.id/id/peraturan/sistem-pembayaran/Pages/pbi_184016.aspx
Putri, C. A. (2019). Pengaruh jumlah uang beredar, uang palsu dan pertumbuhan ekonomi terhadap transaksi uang elektronik di indonesia.
Saputri, O. B. (2020). Preferensi Konsumen Dalam Menggunakan Quick Response Code Indonesia Standard (QRIS) Sebagai Alat Pembayaran Digital. Journals of Economics and Business Mulawarman, 17(2), 237–247.
Setiawan, I. W. A., & Mahyuni, L. P. (2020). QRIS DI MATA UMKM: EKSPLORASI PERSEPSI DAN INTENSI UMKM MENGGUNAKAN QRIS. E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 10, 921–946.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (2nd ed., Vol. 53). Alfabeta.
Terry, G. R., Rue, L. W., & Ticoalu, G. A. (2019). Dasar-Dasar Manajemen (edisi revi). Bumi Aksara.
Trisnaningtyas, F. (2021). Dorong Digitalisasi Ekonomi, BI Solo Gencar Sosialisasi QRIS. Solo Pos, April, 1–32.
Refbacks
- There are currently no refbacks.