MODEL TES ESSAY BERBASIS WEBSITE PADA MATA KULIAH SISTEM INFORMASI MANAJEMEN

Helmi Nugroho, Anton Subarno, Tutik Susilowati

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan tes essay berbasis website dan mengetahui apakah model tes essay berbasis website dapat dipertimbangkan sebagai alternative solusi pada mata kuliah Sistem Informasi Manajemen program studi Pendidikan Administrasi Perkantoran FKIP UNS. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model Hannafin dan Peck yang terdiri dari tiga proses utama yaitu tahap analisis kebutuhan, tahap desain dilanjutkan dengan tahap pengembangan dan implementasi. Sumber informasi didapat dari informasi primer berasal dari hasil wawancara dan kuosioner dan sekunder berasal dari dari buku dan jurnal. Model kuosioner yang digunakan menggunakan kuosioner skala 4 dengan metode EUCS yaitu content, accuracy, format, ease of use, dan timeliness. Analisis menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif. Analisis data kuantitatif yang digunakan untuk menganalisis validitas menggunakan korelasi product moment pearson dan uji realiabilitas dengan menggunakan teknik Cronbrach’ Alpha. Analisis kualitatif yagn digunakan yaitu deskriptif untuk menjelaskan hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model tes essay berbasis website merupakan model  tes yang efisien berdasarkan analisis kebutuhan dan penggunaan aplikasi tes essay berbasis website sangat membantu dosen dan mahasiswa dalam melaksanakan tes. Oleh karena itu, model tes  essay berbasis website dapat dipertimbangkan sebagai alternatif solusi permasalahan tes tertulis konvensional yang menggunakan kertas untuk menuliskan jawaban essay.

Keywords

Essays test;Online test, Website test

Full Text:

PDF

References

Salim, M. A. (2017). Pengembangan Aplikasi Penilaian Ujian Essay Berbasis Online Menggunakan Algoritma Nazief dan Adriani dengan Metode Cosine Similarity. IT-Edu: Jurnal Information Technology and Education, 2(01). Al-Shalabi, E. F. (2016). An automated system for essay scoring of online exams in Arabic based on stemming techniques and Levenshtein edit operations. arXiv preprint arXiv:1611.02815. Atoum, Y., Liu, Y., Jourabloo, A., & Liu, X. (2017, October). Face anti-spoofing using patch and depth-based CNNs. In 2017 IEEE International Joint Conference on Biometrics (IJCB) (pp. 319-328). IEEE. Aw, S., Widiarti, P. W., & Hastasari, C. (2019). Evaluasi Program Pelatihan Keterampilan Dasar Komunikasi Bagi Siswa di SMKN 1 Godean Sleman. Efisiensi: Kajian Ilmu Administrasi, 16(1), 11-20. Balfour, S. P. (2013). Assessing Writing in MOOCs: Automated Essay Scoring and Calibrated Peer Review™. Research & Practice in Assessment, 8, 40-48. Farida, I. (2017). Evaluasi Pembelajaran Berdasarkan Kurikulum Nasional. 2nd ed. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Hanafi, M. (2020). Pelayanan publik pemerintah provinsi daerah istimewa yogyakarta melalui efektivitas content website. Efisiensi: Kajian Ilmu Administrasi, 17(2), 156-170. Liu, I. F., Chen, R. S., & Lu, H. C. (2015). An exploration into improving examinees' acceptance of participation in an online exam. Journal of Educational Technology & Society, 18(2), 153-165. Milne, D. L., Reiser, R. P., Cliffe, T., & Raine, R. (2011). SAGE: preliminary evaluation of an instrument for observing competence in CBT supervision. Cognitive Behaviour Therapist, 4(4). Ridlo, I. A. (2017). Panduan pembuatan flowchart. Fakultas Kesehatan Masyarakat, Departemen Administrasi Dan Kebijakan Kesehatan. Putra, R. R., Arhandi, P., Prasetyo, A. (2016). Rancang bangun aplikasi tes online real time. Jurnal Teknologi Informasi 7(2):149–56. Sarrayrih, M. A., & Ilyas, M. (2013). Challenges of online exam, performances and problems for online university exam. International Journal of Computer Science Issues (IJCSI), 10(1), 439. Sébastien, V., Ralambondrainy, H., Sébastien, O., & Conruyt, N. (2012, October). Score analyzer: Automatically determining scores difficulty level for instrumental e-learning. In 13th International Society for Music Information Retrieval Conference (ISMIR 2012) (pp. 571-576). Setemen, K. (2010). Pengembangan evaluasi pembelajaran online. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 43(3). Haberman, S. J., & Sinharay, S. (2010). Reporting of subscores using multidimensional item response theory. Psychometrika, 75(2), 209-227. Suhartanto, M. (2017). pembuatan website sekolah menengah pertama negeri 3 delanggu dengan menggunakan php dan mysql. Speed-Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi, 4(1).. Sukardi. 2015. Penilaian Pendidikan Prinsip Dan Operasionalnya. Jakarta Timur: PT Bumi Aksara. Tegeh, I. (2014). Model Penelitian Pengembangan. Yogyakarta: Graha Ilmu. Tristianti, W., Sastrawijaya, Y., & Yunanto, P. W. (2018). Pengembangan Aplikasi Ujian Online Berbasis Website pada Mata Pelajaran Sistem Operasi Kelas X TKJ SMK Negeri 7 Jakarta. PINTER: Jurnal Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, 2(1), 45-54. Zupanc, K., & Bosnić, Z. (2017). Automated essay evaluation with semantic analysis. Knowledge-Based Systems, 120, 118-132. 120:118–32.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.