ANALISIS MANAJEMEN KONFLIK PADA SOLO INTERNATIONAL PERFORMING ARTS (SIPA) COMMUNITY DALAM KEBERLANGSUNGAN EVENT SECARA ONLINE

Florentina Ayu Damayanti, Wiedy Murtini, Tri Murwaningsih

Abstract

ANALISIS MANAJEMEN KONFLIK PADA SOLO INTERNATIONAL PERFORMING ARTS (SIPA) COMMUNITY DALAM KEBERLANGSUNGAN EVENT SECARA ONLINE. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan narative inkuiri. Berdasarkan hasil penelitan mengenai manajemen konflik pada SIPA Community dalam keberlangsungan event SIPA diperoleh konflik yang terjadi diantaranya (1) konflik pribadi, di dalamnya merupakan konflik antar panitia dan konflik antar panitia dengan direktur, (2) konflik kelompok, yang mana konflik antar panitia dengan pihak vendor, konflik antar panitia dengan Pemerintah Kota Surakarta,  (3) konflik konstruktif yang bersifat membangun yakni konflik yang dikarenakan adanya pandemik covid – 19, sedangkan penyebab konflik diantaranya (1) miss communication atau salah persepsi, (2) tidak adanya sinkron data, (3) masalah pribadi terkait asmara; perasaan iri; dan sebagainya, (4) adanya kasus pandemik covid – 19, (5) munculnya gank atau gap antar panitia. Bentuk manajemen yang diterapkan adalah metode penyelesaian konflik, sedangkan strategi yang digunakan yaitu avoiding dan compromming dengan upaya tindakannya adalah (1) merubah sistem keberlangsungan event SIPA, (2) meningkatkan kreativitas dan inovasi dalam rangka menarik penonton, dan (3) meningkatkan komitmen panitia SIPA.

Full Text:

PDF

References

Aziz, (2016). Manajemen Konflik Teori (Versi Elektronik). Academia Education, 34. Diperoleh 25 Maret 2020, dari http://eprints.walisongo.ac.id/162/3/Safarudin_Tesis_Bab2.pdf,34. Kurniawan, C. (2016). Manajemen Konflik : Definisi dan Teori-Teori Konflik. Kumpulan abstrak hasil penelitian Universitas Islam Negeri Surabaya Tahun 2016, Hlm. 5-10. LPPM UINSBY. Modern Learning Solution. (2019). Retrieved from Langkah Pemecahan Masalah Efektif dalam Organisasi, Diperoleh 26 Desember 2020, dari https://www.mditack.co.id/2019/04/09/langkah-pemecahan-masalah-efektif-dalam-organisasi/ Sari, M. (2017). Implementasi Manajemen Konflik dalam Menyelesaikan Masalah di SDIT AR RAUDAH TAMIN. Lampung : UIN. sosiologi, d. (2020, oktober 12). DosenSosiologi.com. Retrieved from Kajian Sosiologi. Diperoleh 26 Desember 2020, dari https://dosensosiologi.com/pengertianpreventif/#:~:text=yang%20mungkin%20terjadi.-,Pengertian%20Preventif%20Menurut%20Para%20Ahli,jenis%20penyakit%20sosial%20atau%20kejahatan. Wahyudi. (2017). MANAJEMEN KONFLIK DAN STRES DALAM ORGANISASI. Bandung: Alfabeta.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.