Implementasi e-government di masa pandemi dalam pelayanan publik oleh Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Sragen

Haniyah Salsabila, Jumiyanto Widodo

Abstract

 

Abstrak: Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi di era Revolusi Industri 4.0 menyebabkan perubahan pada sistem yang ada di masyarakat dan pemerintahan. Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam sistem pemerintahan khususnya dalam hal Pelayanan Publik kepada masyarakat menjadi lebih efektif terutama di masa pandemi yang membatasi dimensi ruang pelayanan. E-Government yang digunakan pemerintah dapat mempermudah proses penyampaian pelayanan dari masyarakat kepada pemerintah. Penulis memilih Pemerintah Daerah Kabupaten Sragen karena Kabupaten Sragen telah mendapatkan penghargaan dalam best of the best e-goverment Award 2007 dari Warta Ekonomi. Penulis fokus pada penerapan e-Government di perangkat daerah khususnya Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Sragen, berdasarkan hasil kajian penerapan E-Government oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Sragen belum terlaksana di semua perangkat regional.

Kata kunci: departemen koperasi; pemerintahan digital; usaha mikro, kecil, dan menengah

 

Abstract: Information and communication technology development in the Industrial Revolution era 4.0 caused changes in existing systems in society and government. The use of information and communication technology in the government system, especially in terms of Public Services to the community, becomes more effective, especially during a pandemic that limits the dimension of service space. E-Government used by the government can facilitate the process of submitting services from the public to the government. The author chose the Regional Government of Sragen Regency because Sragen Regency has received an award in the best of the best e-government Award 2007 from Warta Ekonomi. The author focuses on the implementation of e-government in regional devices, especially the Cooperative and SME Office of Sragen Regency, based on the results of a study of the implementation of E-Government by the Regional Government of Sragen Regency has not been implemented in all regional devices.

Keywords: cooperative department; digital government; micro small and medium enterprises



Keywords

departemen koperasi; pemerintahan digital; usaha mikro, kecil, dan menengah; cooperative department; digital government; micro small and medium enterprises

Full Text:

PDF

References

Rianto, B., & Lestari, T. (2012). Aplikasi E-Government dalam Pelayanan Publik. CV Putra Media Nusantara (PMN).

Indonesia, P.R. 2003. Instruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2003 tentang Kebijakan dan Strategi Nasional Pengembangan E-Goverment. Sekretaris Negara.

Indrajit, R. E. 2002. Membangun Aplikasi e-Government. PT. Elek Media Komputindo.

Kurnia, T.S., Rauta, U., & Siswanto, A. 2017. E-Government dalam Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah di Indonesia. Masalah-masalah Hukum, 46(2), 170-181.

Prayogo, Y.A. (2012).Strategi Dinas Perindustrian Koperasi dan UMKM Kabupaten Sragen dalam Pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah Mandiri di Kabupaten Sragen.

(Skripsi). Universitas Sebelas Maret.

Santoso, S., & Jati, N.C. (2020), Analisis Ketepatan Kebijakan Pembinaan UMKM di Kecamatan Kedawung Kabupaten Sragen. Dialogue: Jurnal Ilmu Administrasi Publik, 2(1), 33-50.

Setiawan, A., Hermini R., & Manar, D.G. (2013). Efektivitas Penerapan E-governmentPada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Sragen Dalam Program Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK). Journal of Politic and Government Studies, 2(3), 1-15.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.