PENGARUH KEBIASAAN MEMBACA DAN KONSEP DIRI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA PAP PADA MATA KULIAH SIM

Fadilah Desy Anggraini, Hery Sawiji, Susantiningrum Susantiningrum

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya: (1) pengaruh kebiasaan membaca terhadap kemampuan berpikir kritis mahasiswa PAP angkatan 2017 pada mata kuliah Sistem Informasi Manajemen (2) pengaruh konsep diri terhadap kemampuan berpikir kritis mahasiswa PAP angkatan 2017 pada mata kuliah Sistem Informasi Manajemen, (3) pengaruh kebiasaan membaca dan konsep diri bersama-sama terhadap kemampuan berpikir kritis mahasiswa PAP angkatan 2017 pada mata kuliah Sistem Informasi Manajemen. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Mahasiswa PAP Angkatan 2017. Pengambilan sampel dilakukan secara acak sederhana pada 65 mahasiswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada pengaruh positif yang signifikan kebiasaan membaca terhadap kemampuan berpikir kritis mahasiswa PAP angkatan 2017 pada mata kuliah Sistem Informasi Manajemen (thitung = 5,110  > ttabel = 1,999). (2) ada pengaruh positif yang signifikan konsep diri terhadap kemampuan berpikir kritis mahasiswa PAP angkatan 2017 pada mata kuliah Sistem Informasi Manajemen (thitung = 8,260 > ttabel = 1,999) (3) ada pengaruh positif yang signifikan kebiasaan membaca dan konsep diri secara bersama-sama terhadap kemampuan berpikir kritis mahasiswa PAP angkatan 2017 pada mata kuliah Sistem Informasi Manajemen (Fhitung = 179,277 > Ftabel = 3,145).

Keywords

kebiasaan membaca; konsep diri; kemampuan berpikir kritis.

Full Text:

PDF

References

Anggi, I. (2014). Pengembangan kemampuan berpikir kritis melalui membaca. Skripsi, Jurusan Sastra Indonesia Universitas Negeri Malang. Diperoleh pada 06 Oktober 2019 dari http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/sastra-indonesia/article/view/36720

Diem, Chuzaimah Dahlan dan Atmanegara, Yunani. (2014). Cultivating childern’s reading habit: literacy learning enhancement in the digitization era, International Junal of Innovative Social an Science Education Reaseach, 3 : 1-13. Diperoleh pada 06 Oktober 2019 dari http://seahipaj.org/journals-ci/june-2015/IJISSER/full/IJISSER-J-1-2015.pdf.

Fatmawati, N. & Basuki, I. 2018. Pengaruh model pembelajaran PBI dan konsep diri terhadap pencapaian kompetensi siswa pada mata pelajaran elektronika dasar di kelas X AV SMK Negeri 3 Surabaya, Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 5 (1), 183-191. Diperoleh pada 28 Juni 2019 dari http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-teknik-elektro/article/view/13775.

Khotimah, R.H., Radjah, C.L., & Handarini, D.M. (2016). Hubungan antara konsep diri akademik , efikasi diri, harga diri dan prokrastinasi akademik pada siswa SMP Negeri di kota Malang, Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling, 1 (2), 60-67. Diperoleh pada 30 Juni 2019 dari http://journal.um.ac.id/indeks.php/bk

Muhammad, E.B., Sholichah, A.S., & Aziz, J.A. (2019). Pengaruh Budaya Membaca Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Di SMP Islam Al Syukron Universal Ciputat, Jurnal Pendidikan Islam, 1(2) 332–343. Diperoleh pada 27 April 2020 dari http://jurnalptiq.com/index.php/andragogi/article/view/61

Maryam. S., Setiawati. S., Ekasari, M. F. (2008). Buku ajar berpikir kritis dalam proses keperawatan. Jakarta: EGC.

Rehanja, M. (2017). Pengaruh konsep diri akademis terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Diperoleh pada 04 Juli 2019 dari http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/21680.

Rohmat, A.N., & Lestari, W. (2019). Pengaruh Konsep Diri dan Percaya Diri terhadap Kemampuan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis. Jurnal Kajian Matematis, 5(1), 73–84. Diperoleh pada 27 April 2020 dari http://journal.lppmunidra.ac.id/index.php/jkpm/

Samsuri, (2016). Membanguun budaya membaca di sekolah dasar berbasis revolusi mental, Jurnal Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 1 (2), 147-161.

Simanjutak, Melling. (2011). Memaknai hakikat minat baca untuk tujuan praktis, Visi Pustaka, 3 (13) : 45-49.

Surasa, N.N. Witjaksono., & Utomo. (2017). Proses belajar siswa dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis mata pelajaran ekonomi SMA, Jurnal Pendidikan, 2 (1), 78-84. Diperoleh pada 04 Juli 2019 dari http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/8443.

Yanti, S. (2015). Pengaruh konsep diri dan kemampuan komunikasi interpersonal terhadap kemampuan berpikir kritis matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5 (3). Diperoleh pada 04 Juli 2019 dari https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Formatif/article/vi

Refbacks

  • There are currently no refbacks.