PENGARUH MINAT BELAJAR DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMK KRISTEN 1 SURAKARTA
Abstract
Tujuan penelitian mengetahui: (1) pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran korespondensi di SMK Kristen 1 Surakarta; (2) pengaruh kemandirian belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran korespondensi di SMK Kristen 1 Surakarta; dan 3) pengaruh minat belajar dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran korespondensi di SMK Kristen 1 Surakarta.
Populasi adalah kelas OTKP tahun 2017/2018 SMK Kristen 1 Surakarta jumlah 53 siswa dengan metode korelasional dan pendekatan kualitatif. Sampel ialah keseluruhan jumlah populasi. Tenik yang diterapkan adalah sampling jenuh. Metode angket didukung dokumentasi adalah metode yang dipakai teknik mengumpulkan data dengan SPSS 17 untuk menganalisa data.
Kesimpulannya antara lain; (1) pengaruh positif dan signifikan terhadap (Y) siswa mata pelajaran korespondensi di SMK Kristen 1 Surakarta sebesar 83,43%; (2) pengaruh positif dan signifikan terhadap (Y) siswa mata pelajaran korespondensi di SMK Kristen 1 Surakarta sebesar 66,1%; (3) pengaruh positif dan signifikan dan terhadap (Y) siswa mata pelajaran korespondensi di SMK Kristen 1 Surakarta. Tingkat pencapaian variabel (Y) sebesar 81%. Dengan SE sebesar 30,3%, SE sebesar 30,4% dan SR ) sebesar 50,0%, SR () sebesar 50,1%.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.