PENGARUH MINAT BELAJAR DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMK KRISTEN 1 SURAKARTA

Florentina Anggun Cahyani, Cicilia Dyah Sulistyaningrum Indrawati, Tri Murwaningsih

Abstract

Tujuan penelitian mengetahui: (1) pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran korespondensi di SMK Kristen 1 Surakarta; (2) pengaruh kemandirian belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran korespondensi di SMK Kristen 1 Surakarta; dan 3) pengaruh minat belajar dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran korespondensi di SMK Kristen 1 Surakarta.

Populasi adalah kelas OTKP tahun 2017/2018 SMK Kristen 1 Surakarta jumlah 53 siswa dengan metode korelasional dan pendekatan kualitatif. Sampel ialah keseluruhan jumlah populasi. Tenik yang diterapkan adalah sampling jenuh. Metode angket didukung dokumentasi adalah metode yang dipakai teknik mengumpulkan data dengan SPSS 17 untuk menganalisa data.

Kesimpulannya antara lain; (1) pengaruh positif dan signifikan  terhadap (Y) siswa mata pelajaran korespondensi di SMK Kristen 1 Surakarta sebesar 83,43%; (2) pengaruh positif dan signifikan  terhadap (Y) siswa mata pelajaran korespondensi di SMK Kristen 1 Surakarta sebesar 66,1%; (3) pengaruh positif dan signifikan  dan  terhadap (Y) siswa mata pelajaran korespondensi di SMK Kristen 1 Surakarta. Tingkat pencapaian variabel (Y) sebesar 81%. Dengan SE  sebesar 30,3%, SE  sebesar 30,4% dan SR ) sebesar 50,0%, SR () sebesar 50,1%.

Keywords

minat belajar; kemandirian belajar; hasil belajar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.