Pengaruh Gaya Mengajar Guru dan Perhatian Orang Tua terhadap Motivasi Belajar Siswa di SMK Batik 1 Surakarta

virra juliap, Anton Subarno, - Susantiningrum

Abstract

ABSTRAK

 

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) pengaruh gaya mengajar guru terhadap motivasi belajar siswa di SMK Batik 1 Surakarta; 2) pengaruh perhatian orang tua terhadap motivasi belajar siswa di SMK Batik 1 Surakarta; dan 3) pengaruh gaya mengajar guru dan perhatian orang tua secara bersama-sama terhadap motivasi belajar siswa di SMK Batik 1 Surakarta.  Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X program keahlian Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran di SMK Batik 1 yang berjumlah 82 siswa. Sampel penelitian diambil menggunakan rumus Bungin dengan teknik random sampling sejumlah 68 siswa. Teknik pengumpulan data dengan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) terdapat pengaruh positif dan signifikan gaya mengajar guru terhadap motivasi belajar siswa dibuktikan dengan thitung>ttabel (2,30 > 1,99); 2) terdapat pengaruh positif dan signifikan perhatian orang tua terhadap motivasi belajar siswa dibuktikan dengan thitung>ttabel (4,32 > 1,99); 3) terdapat pengaruh positif dan signifikan gaya mengajar guru dan perhatian orang tua secara bersama-sama terhadap motivasi belajar siswa dibuktikan dengan Fhitung > Ftabel (30,57 > 3,14). Hasil penelitian ini menunjukkan sumbangan efektif secara bersama-sama sebesar 48,50% dan sisanya sebesar 51,50% dipengaruhi variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini.

 

Kata kunci: keterampilan mengajar, kepedulian orang tua, dan dorongan belajar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.