PENGARUH GAYA MENGAJAR GURU DAN PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMK BATIK 1 SURAKARTA

Virra Juliap, Anton Subarno, - Susantiningrum

Abstract

 

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) pengaruh gaya mengajar guru terhadap motivasi belajar siswa di SMK Batik 1 Surakarta; 2) pengaruh perhatian orang tua terhadap motivasi belajar siswa di SMK Batik 1 Surakarta; dan 3) pengaruh gaya mengajar guru dan perhatian orang tua secara bersama-sama terhadap motivasi belajar siswa di SMK Batik 1 Surakarta.  Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X program keahlian Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran di SMK Batik 1 yang berjumlah 82 siswa. Sampel penelitian diambil menggunakan rumus Bungin dengan teknik random sampling sejumlah 68 siswa. Teknik pengumpulan data dengan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) terdapat pengaruh positif dan signifikan gaya mengajar guru terhadap motivasi belajar siswa dibuktikan dengan thitung>ttabel (2,30 > 1,99); 2) terdapat pengaruh positif dan signifikan perhatian orang tua terhadap motivasi belajar siswa dibuktikan dengan thitung>ttabel (4,32 > 1,99); 3) terdapat pengaruh positif dan signifikan gaya mengajar guru dan perhatian orang tua secara bersama-sama terhadap motivasi belajar siswa dibuktikan dengan Fhitung > Ftabel (30,57 > 3,14). Hasil penelitian ini menunjukkan sumbangan efektif secara bersama-sama sebesar 48,50% dan sisanya sebesar 51,50% dipengaruhi variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini.

Full Text:

PDF

References

Abuddin, N. (2011). Perspektif Islam Tentang Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Ahmadi, A & Supriyono, W. (2013). Psikologi Belajar. Jakarta:PT Rineka Cipta.

Departemen Pendidikan Nasional. (2008). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Dikmenum. Depdiknas.

Djamarah, S.B. (2013). Strategi Pembelajaran. Bandung: PT. Rineka Cipta.

Dumanauw, S. (2017). Pengaruh Perhatian Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas VI SD Inpres Malalayang II Manado. Jurnal Forum Pendidikan. 13 (2). Diperoleh pada tanggal 11 Maret 2019. Dari http://ejournal.unima.ac.id/ind ex.php/jfp/article/view/529/481.

Gonida, E.N. (2007). Parental influences on student motivation, affect and behaviour Introduction

to the Special Issue. European Journal of Psychology of Education. 12 (1). Diperoleh pada tanggal 23 April 2019.

dari http://www.researchgate.net.

Indah, N. (2019). Pengaruh Gaya Mengajar Guru terhadap Motivasi Belajar Siswa Jurusan Administrasi Perkantoran di SMK Nurul Qalam Makassar. Diperoleh pada tanggal 02 Agustus 2019. dari http://eprints.unm.ac.id/12967/1/Jurnal.pdf.

Sardiman. (2016). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Syamsu, Y. (2009). Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Bandung: Rizqi Pers

Tanveer, M. A., Shabbir, M.F., Ammar, M., Dolla, S.I., & Aslam, H.D. (2012). Influence of Teacher on Student’ Learning Motivation in Management Sciences Studies. American Journal of Scientific Research. 67 (76-78). Diperoleh pada tanggal 23 April 2019. dari http://www.reseacrhgate.net.

Sukaesih, C. (2012). Pengaruh Perhatian Orang Tua terhadap Motivasi Belajar Siswa Pendidikan Agama Islam di SD N Limusnunggal 01 kecamatan cileungsi Bogor.Skripsi.UIN Syarif Hidayatullah. Diperoleh pada tanggal 06 Agustus 2019. dari http://repository.uinjkt.ac.id/d space/bitstream/12345678/25140/4/CICIH%20SUKAESIH- FTIK.pdf

Refbacks

  • There are currently no refbacks.