PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG METODE PEMBELAJARAN DAN PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR SMK BATIK 1 SURAKARTA

Zarfi Rozania, Wiedy Murtini, Patni Ninghardjanti

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) apakah terdapat pengaruh persepsi siswa tentang metode pembelajaran terhadap hasil belajar; (2) apakah terdapat pengaruh perhatian orang tua terhadap hasil belajar; dan  (3) apakah terdapat pengaruh persepsi siswa tentang metode pembelajaran dan pehatian orang tua secara bersama-sama terhadap hasil belajar. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif korelasional. Pengumpulan data dilaksanakan dengan angket untuk variabel persepsi siswa tentang metode pembelajaran dan perhatian orang tua sementara untuk dokumentasi digunakan untuk melengkapi data hasil belajar yang berupa jumlah siswa dan data nilai selama satu semester gasal. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Bidang Keahlian Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran SMK Batik 1 Surakarta tahun ajaran 2018/2019 sebanyak 82 siswa. Sampel yang dipilih sebanyak 68 siswa menggunakan teknik proporsional random sampling. Analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi linier berganda. Sedangkan untuk uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas, linieritas, dan multikolonieritas dengan taraf signifikasi 0,05. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan persepsi siswa tentang metode pembelajaran terhadap hasil belajar mata pelajaran administrasi umum kelas X Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran dibuktikan dengan thitung (2,053) > ttabel (1,997) dan signifikansi (0,044 < 0,05); (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan perhatian orang tua terhadap hasil belajar mata pelajaran administrasi umum kelas X Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran dibuktikan dengan thitung (2,493) > ttabel (1,997) dan signifikansi (0,015 < 0,05); (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan persepsi siswa tentang metode pembelajaran dan perhatian orang tua secara bersama-sama terhadap hasil belajar mata pelajaran administrasi umum kelas X Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran dibuktikan dengan Fhitung (32,717) > Ftabel (3,14) dan signifikansi (0,000 < 0,05).

Full Text:

PDF

References

Ahmadi, A. & Supriyono, W. (2013). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta

Desmita. (2012). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Hackathorn, J., Solomon, E. D., & Blankmeyer, K. L. (2011). Learning by Doing: An Empirical Study of Active Teaching Technique. 11 (2), 40-54.

Helmawati. (2014). Pendidikan Keluarga Teoritis dan Praktis. Bandung: Remaja Rosdakarya

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Suryani, N. & Agung, L. (2012). Strategi Belajar Mengajar. Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Susanto, A. (2013). Teori belajar dan Pembelajaran di sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sutikno, M.S. (2013). Pengembangan Media Pembelajaran.Yogyakarta: Pedagogia

Thoha, I & Wulandari, D. (2016). The Effect Of Parents Attention And Learning Discipline On Economics Learning Outcomes. 6 (2), 100-104.

Walgito, B. (2010). Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: CV Andi Offset.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.