PENGARUH SOSIAL EKONOMI ORANG TUA DAN LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA TERHADAP MOTIVASI MELANJUTKAN PENDIDIKAN KE PERGURUAN TINGGI

Ghardiya Sari, Patni Ninghardjanti, - Susantiningrum

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh sosial ekonomi orang tua terhadap motivasi melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi; (2) pengaruh lingkungan teman sebaya terhadap motivasi melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi; dan (3) pengaruh sosial ekonomi orang tua dan lingkungan teman sebaya secara bersama-sama terhadap motivasi melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran SMK Batik 2 Surakarta. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling jenuh yang berjumlah 53 siswa yaitu kelas XI OTKP 1 dan 2. Teknik pengumpulan data dengan kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian adalah: (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan sosial ekonomi orang tua terhadap motivasi melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi (thitung = 2,92, sign < 0,05), (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan lingkungan teman sebaya terhadap motivasi melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi (thitung = 4,25, sign < 0,05), dan (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan sosial ekonomi orang tua lingkungan teman sebaya secara bersama-sama terhadap motivasi melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi (fhitung = 13,87, sign < 0,05). Persamaan regresi linier Ŷ = -6,93 + 0,95X1 + 1,11X2. Sumbangan efektif pada penelitian ini secara bersama-sama sebesar 36% dan sisanya sebesar 64% dipengaruhi variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini.

Full Text:

PDF

References

Dalyono. (2012). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta

Dharmesta, B. S & Handoko, T. H. (2012). Manajemen Pemasaran Analisis Perilaku Konsumen. Yogyakarta: BPFE.

Enoch M, M. (2007). Pendidikan Tinggi dalam Perspektif Sejarah dan Perkembangan di Indonesia. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional

Gerungan, W. A. (2011). Psikologi Sosial. Bandung: PT. Refika Aditama.

Hurlock, E. B. (2011). Psikologi Perkembangan. Jakarta: Erlangga

Nasirotun, S. (2013). Pengaruh Kondisi Sosial Ekonomi dan Pendidikan Orang Tua terhadap Motivasi Melanjutkan Pendidikan ke Perguruan Tinggi Pada Siswa SMK Kartika Aqasa Bhakti Semarang. Jurnal Pendidikan Ekonomi IKIP Veteran Semarang. 1 (2).

Pradipta, W. R. (2018). Pengaruh Motivasi Belajar, Lingkungan Teman Sebaya, dan Perhatian Orang Tua terhadap Minat Melanjutkan ke Perguruan Tinggi bagi Siswa Kelas XI IPS SMA N 1 Jatisrono Wonogiri Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Ekonomi. 7 (4).

Priansa, D. J. (2014). Perencanaan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Bandung: Alfabeta.

Santrock, J. W. (2011). Perkembangan Anak Edisi 7Jilid 2. (Terjemahan: Sarah Genis B) Jakarta: Erlangga.

Sardiman, A. M. (2012). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: Rajawali Pers.

Slameto. (2010) Belajar dan faktor- faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Slavin, R. E. (2011). Psikologi Pendidikan Teori Praktik. Jakarta: PT Indeks.

Surna, I. N & Olga, D. P. (2014). Psikologi Pendidikan 1. Jakarta: Erlangga.

Syah, M. (2008). Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.