PENGARUH DISIPLIN BELAJAR DAN LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN SIMULASI DIGITAL DI JURUSAN OTOMATISASI DAN TATA KELOLA PERKANTORAN SMK NEGERI 1 SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2018/2019
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) ada tidaknya pengaruh disiplin belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran simulasi digital. (2) ada tidaknya pengaruh lingkungan teman sebaya terhadap hasil belajar mata pelajaran simulasi digital. (3) ada tidaknya pengaruh disiplin belajar dan lingkungan teman sebaya secara bersama-sama terhadap hasil belajar mata pelajaran simulasi digital. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan korelasional. penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) ada pengaruh positif dan signifikan disiplin belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran simulasi digital di jurusan otomatisasi dan tata kelola perkantoran SMK Negeri 1 Sukoharjo. Hasil ini diperoleh berdasarkan nilai t hitung > t tabel atau (2,221 > 1,989), (2) ada pengaruh positif dan signifikan disiplin belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran simulasi digital di jurusan otomatisasi dan tata kelola perkantoran SMK Negeri 1 Sukoharjo. Hasil ini diperoleh berdasarkan nilai t hitung > t tabel atau (2,010 > 1,989), (3) ada pengaruh positif dan signifikan disiplin belajar dan lingkungan teman sebaya secara bersama-sama terhadap hasil belajar mata pelajaran simulasi digital di jurusan otomatisasi dan tata kelola perkantoran SMK Negeri 1 Sukoharjo. Hasil ini diperoleh berdasarkan nilai Fhitung > Ftabel atau (8,352 > 3,11).
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.