PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG STRATEGI PEMBELAJARAN DAN KELOMPOK TEMAN SEBAYA TERHADAP HIGH ORDER THINKING SKILLS SISWA PADA MATA PELAJARAN ADMINISTRASI SARANA DAN PRASARANA

Kulahin Turas Husodo

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh 1) persepsi siswa tentang strategi pembelajaran terhadap high order thinking skills siswa, 2) kelompok teman sebaya terhadap high order thinking skills  siswa, dan 3) persepsi siswa tentang strategi pembelajaran dan kelompok teman sebaya secara bersama-sama terhadap high order thinking skills  siswa pada mata pelajaran Administrasi Sarana dan Prasarana. Populasi penelitian kuantitatif dengan metode korelasional ini adalah seluruh siswa kelas XII Administrasi Perkantoran SMK N 1 Banyudono Tahun Pelajaran 2018/2019 sebanyak 71 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah random sampling sebanyak 65 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner, tes, dan dokumen. Teknik analisis data menggunakan uji t dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan  signifikan 1) persepsi siswa tentang strategi pembelajaran terhadap high order thinking skills siswa. Berdasarkan uji t diperoleh thitung>ttabel sebesar 3,680> 1,999 dan nilai signifikansi yaitu 0,000 (< 0,05), 2) kelompok teman sebaya terhadap high order thinking skills (hots) siswa. Berdasarkan uji t diperoleh thitung>ttabel yaitu 4,476> 1,999 dan nilai signifikansi yaitu 0,000 (<0,05), dan 3) persepsi siswa tentang strategi pembelajaran dan kelompok teman sebaya terhadap high order thinking skills (hots) siswa. Berdasarkan hasil uji F diperoleh Fhitung>Ftabel yaitu 22,850> 3,145 pada taraf signifikansi 5%.

 

Keywords

Persepsi Siswa tentang Strategi Pembelajaran, Kelompok Teman Sebaya, High Order Thinking Skills (HOTS) Siswa.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.