PENGARUH KELOMPOK TEMAN SEBAYA DAN PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK

Rizky Fauzyah

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kelompok teman sebaya dan perhatian orang tua terhadap motivasi belajar peserta didik. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar peserta didik. Metode penelitian ini adalah korelasi dengan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian sebanyak 83 peserta didik yang ditentukan dengan proportional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket skala likert yang dimodifikasi dan didukung dengan dokumentasi. Berdasarkan analisis data menunjukkan ada pengaruh yang signifikan kelompok teman sebaya dan perhatian orang tua secara bersama-sama terhadap motivasi belajar peserta didik. Nilai koefisien korelasi X1 terhadap Y = 0,471; X2 terhadap Y = 0,601; dan nilai koefisien determinasi = 0,401 atau 40,1%. Dapat ditafsirkan kelompok teman sebaya dan perhatian orang tua memiliki kontribusi sebesar 40,1% terhadap motivasi belajar.

Keywords

kelompok teman sebaya, perhatian orang tua, motivasi belajar.

Full Text:

PDF

References

Agustiana, Rakhmita Dias. 2015. Pengaruh Teman Sebaya, Lingkungan Keluarga dan Motivasi Belajar terhadap Disiplin Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI Akuntansi SMK Gatra Praja Pekalongan Tahun Ajaran 2014/2015. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Agustiani, Kamila. 2016. Pengaruh Kelompok Teman Sebaya terhadap Motivasi Belajar Siswa di SMAN 6 Bandung: Studi Deskriptif terhadap Siswa Kelas XI IIS di SMAN 6 Bandung. Bandung: UniversitasPendidikan Indonesia.

Ahmadi, Abu & Uhbiyati, Nur. 2001. Ilmu Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Ahmadi, Abu. 1999. Psikologi Sosial. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Ali, Mohammad & Asrori, Mohammad. 2015. Psikologi Remaja Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Al-Mighwar, Muhammad. 2006. Psikologi Remaja: Petunjuk bagi Guru dan Orang Tua. Bandung: Pustaka Setia.

Anggraini, Yessi. 2011. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Siswa dalam Mengikuti Pelajaran Pengawetan di SMK Negeri 1 Pandak, Bantul: Studi Kasus SMK Negeri 1 Pandak Kelas X Teknologi Hasil Pertanian 1. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Anggranini, Irmalia Susi. 2005. Motivasi Belajar dan Faktor-Faktor yang Berpengaruh: Sebuah Kajian pada Interaksi Pembelajaran Mahasiswa. Malang: Universitas Negeri Malang.

Damsar. 2011. Pengantar Sosiologi Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Danim, Sudarwan. 2010. Pengantar Kependidikan Landasan, Teori dan 234 Metafora Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Dantes, Nyoman. 2012. Metode Penelitian. Yogyakarta: CV Andi Offset.

Darmawan, Deni. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Desmita. 2008. Psikologi Perkembangan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Dimyati & Mujiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2002. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Dumanauw, Selfie. 2017. Pengaruh Perhatian Orang Tua terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas VI SD Inpres Malalayang II Manado. Jurnal Forum Pendidikan Volume 13 Nomor 2. Minahasa: Universitas Negeri Manado.

Evi, A. 2014. Pengaruh Pergaulan Teman Sebaya dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas XII Ilmu Pengetahuan Sosial SMA Negeri 1 Sukodono Tahun Ajaran 2013/2014. Jurnal Program Studi Pendidikan Akutansi Halaman 9. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Fan, Wihua & Williams, C. M. 2010. The Effects of Parental Involvement on Student’s Academic Sefl-efficacy, Engagement and Intrinsic Motivation. Educational Psychology, Vol. 30, No. 1, 53-74.

Fathoni, Abdurrahmat. 2006. Metodologi Penelitian dan Teknik Penyusunan Skripsi. Jakarta: Rineka Cipta.

Fatimah, Enung. 2008. Psikologi Perkembangan (Perkembangan Peserta Didik). Bandung: CV Pustaka Setia.

Fitria, Restu Dwi; Rosra, Muswardi & Mayasari, Shinta. 2017. Pengaruh Pergaulan Teman Sebaya terhadap Motivasi Belajar Siswa. Bandar Lampung: Universitas Lampung.

FKIP-UNS. 2016. Buku Pedoman Penyusunan Skripsi. Surakarta: UNS Press.

Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariete dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8). Semarang: UNDIP Press.

Gunarsa &Gunarsa. Y. S. D. 1995. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Jakarta: Gunung Mulia.

Harandi, Safieh Rajee. 2015. Effects of E-Learning on Students' Motivation. Procedia - Social and Behavioral Sciences 181 ( 2015 ) 423 – 430.

Hasbullah. 2005. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Hayati, Yayat Sri; Dahar, Ratna Wilis. 2011. Teori-Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Erlangga.

Henslin, J. M. 2007. Sosiologi. Terj. Sunarto. Jakarta: Erlangga.

Hidayat, Putra. 2016. Pengaruh Pergaulan Teman Sebaya dan Perhatian Orang Tua terhadap Prestasi Belajar IPS Siswa di SMP N 4 Sleman. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Huda, A. 2013. Pengaruh Peranan Teman Sebaya, Disiplin Belajar dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas X di SMA Negeri 1 Lembah Melintang Kabupaten Pasaman Barat. Jurnal Program Studi Pendidikan Ekonomi Halaman 7-12. Padang: Universitas Negeri Padang.

Hurlock, E. B. 2004. Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Terj. Istiwidayanti Soedjarwo. Jakarta: Erlangga.

Iskandar. 2008. Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial. Jakarta: GP. Press.

Kartadinata, Sunaryo. 2002. Bimbingan di Sekolah Dasar. Bandung: CV Maulana.

Kartono, Kartini. 1992. Patologi Sosial 2: Kenakalan Remaja. Jakarta: Rajawali.

Margono, S. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Maslow, Abraham H. 1994. Motivasi dan Kepribadian; Teori Motivasi dengan Pendekatan Hierarki Kebutuhan Manusia (Motivation and Personality). Jakarta: Pustaka Binaman Pressindo.

Narbuko, Cholid & Achmadi, Abu. 2016. Metodologi Penelitian. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Palaniswamy, Udhayakumar & Ponnuswami, Ilango. 2013. Social Changes and Peer Group Influence among the Adolescents Pursuing Under Graduation. International Research Journal of Social Sciences, ISSN 2319-3565, Vol. 2 (2), 1-5.

Panisoara, Georgeta; Duta Nicoleta & Panisoara, Ion-Ovidiu. 2015. The Influence of Reasons Approving on Student Motivation for Learning. Procedia-Social and Behavioral Sciences 197 (2015) 1215 – 1222.

Panuju, Panut; Umami, Ida. 2005. Psikologi Remaja. Yogyakarta: Tiara Wacana Yogya.

Purwanto, M. N. 2011. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Purwanto, Santosa Budi. 2010. Metodologi Penelitian Kuantitatif untuk Psikologi dan Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rahmawati, Rima. 2016. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Piyungan pada Mata Pelajaran Ekonomi Tahun Ajaran 2015/2016. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Ryan, A. M. 2001. The Peer Group as a Context for the Development of Young Adolescent Motivation and Achievement. Child Development. Vol. 72, No. 4, 1135-1150.

Santosa, Bambang, dkk. 2008. Ilmu Sosial dan Budaya Dasar. Surakarta: UPT MKU UNS dan UNS Press.

Santosa, Slamet. 1999. Dinamika Kelompok. Jakarta: Bumi Aksara.

Santrock, J. W. 2009. Psikologi Pendidikan (Educational Psychology). Terj. Rachmawati Kuswanti. Jakarta: Salemba Humanika.

Sardiman. 2014. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sarwono, Jonathan. 2006. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sarwono, Sarlito Wirawan. 2005. Psikologi Sosial: Psikologi Kelompok dan Psikologi Terapan. Jakarta: Balai Pustaka.

Sarwono, Sarlito Wirawan. 2015. Psikologi Remaja. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Satiadarma, Monty P. 2001. Persepsi Orang Tua Membentuk Perilaku Anak: Dampak Pymalion di dalam Keluarga. Jakarta: Pustaka Populer Obor.

Siagian, Sondang P. 1989. Teori Motivasi dan Aplikasinya. Jakarta: Bina Aksara.

Siagian, Sondang P. 2012. Teori Motivasi dan Aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sjukur, Sulihin B. 2012. Pengaruh Blended-Learning terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa di Tingkat SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi 2 (3). Yogyakarta:Universitas Negeri Yogyakarta.

Sukaesih, Cicih. 2012. Pengaruh Perhatian Orang Tua terhadap Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa di SDN Limusnunggal 01 Kecamatan Cileungsi Kabupaten Bogor. Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Sulaeman, Dadang. 1995. Psikologi Remaja. Bandung: Mandar Maju.

Sunarto, H; Hartono B, Agung. 2006. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Rineka Cipta.

Suprihatin, Siti. 2015. Upaya Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro 3 (1), 73-82. Lampung: Universitas Muhammadiyah Metro.

Suryabrata, Sumadi. 2008. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Suryabrata, Sumadi. 2016. Metodologi Penelitian. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sutikno, M Sobri. 2007. Peran Guru dalam Membangkitkan Motivasi Belajar Siswa. Jakarta: Univeristas Bina Nusantara.

Suwarto, Slamet. 2007. Dasar-Dasar Metodologi Penelitian Kuantitatif. Surakarta: UNS Press.

Turel, Yalin Kilic & Sanal, Seda Ozer. 2018. The Effect of an ARCS based E-Book on Student’s Achievement Motivation and Anxiety. Computer & Education 127 (2018) 130-140.

Uno, Hamzah B. 2016. Teori Motivasi dan Pengukurannya; Analisis Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Wahab, Rohmalina. 2015. Psikologi Belajar. Depok: Raja Grafindo Persada.

Wahono. 1996. Fungsi Keluarga dalam Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia. Jakarta: Departemen Pendidikand dan Kebudayaan.

Widoyoko, Eko Putro. 2017. Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Wulandari, Bekti & Surjono, Herman Dwi. 2013. Pengaruh Problem-Based Learning terhadap Hasil Belajar Ditinjau dari Motivasi Belajar PLC di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi 3 (2). Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.