Analisis tata ruang kantor dinas pekerjaan umum dan penataan ruang kota surakarta

yoga nur rohman

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kondisi tata ruang kantor yang ada pada di Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Surakarta, (2) Hambatan-hambatan yang timbul dalam penataan tata ruang kantor pada di Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Surakarta, (3) upaya mengatasi hambatan yang terjadi dalam pengelolaan tata ruang kantor di Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Surakarta.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Sumber data yang digunakan adalah informan, tempat dan peristiwa, serta arsip atau dokumen. Teknik pengambilan sample yang digunakan adalah purposive sampling dan snowball sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik uji validitas data yang digunakan adalah trianggulasi sumber dan trianggulasi metode. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif.
Dari hasil penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa (1) kondisi tata ruang kantor Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Surakarta yaitu setiap bidang yang diberikan ruangan oleh pihak sekretariat sudah sudah dapat digunakan secara keseluruhan, tetapi belum mampu melakukan penyusunan sesuai prinsip tata ruang kantor. Jenis penataan ruang di Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Surakarta yaitu terbuka dan semi terbuka; (2) hambatan-hambatan dalam pengelolaan tata ruang kantor Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Surakarta yaitu luas ruangan setiap bidang kurang ideal dengan jumlah karyawan yang tersedia. Selain itu, ketersediaan ruang arsip, ruang tamu dan ruang rapat belum tersedia serta kurangnya penerapan asas jarak terpendek; 3) upaya-upaya untuk mengatasi hambatan dalam pengelolaan tata ruang kantor Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Surakarta yaitu mengurangi perabot yang tidak terpakai dan memindahkan arsip lama ke ruang arsip bidang di bagian Perencanaan Evaluasi dan Pelaporan. Pemanfaatan ruang kerja yang ada juga digunakan untuk mengatasi tidak adanya ruang arsip, ruang tamu dan ruang rapat.

Kata kunci: Tata ruang kantor, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, manajemen tata ruang kantor

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.