ANALISIS PELAKSANAAN FUNGSI MANAJEMEN DI DINAS PENGENDALIAN PENDUDUK DAN KELUARGA BERENCANA KOTA SURAKARTA

Isna Firdha Rahmawati

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan fungsi manajemen, hambatan-hambatan yang terjadi dalam pelaksanaan fungsi manajemen, dan solusi dalam mengatasi hambatan-hambatan yang terjadi dalam pelaksanaan fungsi manajemen. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel purposive sampling dan bola salju (Snowball Sampling). Hasil penelitian adalah sebagai berikut: 1) Pelaksanaan fungsi manajemen di Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Surakarta sebagai berikut: (a) pelaksanaan fungsi perencanaan terdiri dari perencanaan jangka panjang dan menengah serta perencanaan jangka pendek yang disusun oleh kepala dinas dan pegawai, (b) pelaksanaan fungsi pengorganisasian melalui adanya struktur organisasi dan tugas pokok pegawai, (c) pelaksanaan fungsi pengarahan melalui program arahan kerja dan motivasi setiap apel pagi, (d) bentuk fungsi pengawasan berupa presensi pegawai serta monitoring dan evaluasi. 2) Hambatan-hambatan yang terjadi dalam pelaksanaan fungsi manajemen sebagai berikut: (a) kurangnya koordinasi antar pegawai, (b) fasilitas penunjang pekerjaan kantor yang terbatas, (c) pegawai kurang memahami tugas dan prosedur kerja, (d) kurangnya motivasi kerja pegawai. 3) Beberapa upaya untuk mengatasi permasalahan yaitu: (a) meningkatkan koordinasi antar pegawai melalui kegiatan informal, (b) menambah fasilitas penunjang pekerjaan kantor, (c) mensosialisasikan tugas pokok tertulis kepada pegawai, (d) memberikan pengarahan yang jelas kepada pegawai.

Keywords

fungsi manajemen, perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengawasan

Full Text:

PDF

References

Badrudin. (2014). Dasar-dasar Manajemen. Bandung: Alfabeta.

Boddy D. (2008). Management: an Introduction (4th ed.). Harlow: Pearson Education Limited.

Handoko, Hani. (2015). Manajemen. Yogyakarta: BPFE Yogya.

http://www.pendidikanekonomi.com/2015/04/syarat-syarat-perencanaan-planning.html diakses pada 10 Desember 2017

Rusniati dan Ahsanul. (2017). Perencanaan Strategis dalam Perspektif Organisasi. Jurnal INTEKNA XIV. Vol. 12 No. 2. Mei: 102-209

Saefruddin. (2017). Pengorganisasian dalam Manajemen. Jurnal Manajemen Al Hikmah. Vol. 5 No. 2. Oktober: 56-67.

Sarwoto. (2013). Dasar-dasar Organisasi dan Manejemen. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Siagian, Sondang P. (2014). Manajemen Sumberdaya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Silalahi, Ulber. (2015). Asas-asas Manajemen. Bandung: Refika Mediatama.

Sutisna, Oteng. (2016). Administrasi Pendidikan: Dasar Teoritis untuk Praktik Profesional Edisi Revisi. Bandung: Bina Aksara.

Terry, George R. (2013). Prinsip-prinsip Manajemen. Jakarta: Bumi Aksara

Refbacks

  • There are currently no refbacks.