Pengaruh Pergaulan Teman Sebaya dan Persepsi Siswa tentang Media Pembelajaran terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas XI Jurusan Administrasi Perkantoran SMK Batik 2 Surakarta Tahun Ajaran 2017/2018

Rani Puspitasari, Hery Sawiji, Susanti Ningrum

Abstract

ABSTRAK

Rani Puspitasari. K7514048. PENGARUH PERGAULAN TEMAN SEBAYA DAN PERSEPSI SISWA TENTANG MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK BATIK 2 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2017/2018. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret. Surakarta, Juli 2018.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) ada tidaknya pengaruh teman sebaya terhadap motivasi belajar siswa kelas XI Jurusan Administrasi Perkantoran SMK Batik 2 Surakarta; (2) ada tidaknya pengaruh persepsi siswa tentang media pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa kelas XI Jurusan Administrasi Perkantoran SMK Batik 2 Surakarta; (3) ada tidaknya pengaruh teman sebaya dan persepsi siswa tentang media pembelajaran secara bersama-sama terhadap motivasi belajar siswa kelas XI Jurusan Administrasi Perkantoran SMK Batik 2 Surakarta.
Dalam penelitian ini digunakan metode penelitian kuantitatif jenis korelasional yang menggambarkan sifat atau keadaan sementara yang sedang berjalan dan berusaha meneliti sejauh mana pengaruh antar variabel satu dengan variabel lainnya. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Jurusan Administrasi Perkantoran SMK Batik 2 Surakarta yang berjumlah 83 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah sampel jenuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket (kuesioner) yang telah diuji coba dan diuji validitas serta uji reliabilitas. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis linier berganda.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh simpulan: (1) ada pengaruh positif dan signifikan pergaulan teman sebaya terhadap motivasi belajar siswa kelas XI Jurusan Administrasi Perkantoran SMK Batik 2 Surakarta. Hal ini terbukti dari hasil analisis regresi yang diperoleh thitung > ttabel yaitu 2,690>1990 pada taraf signifikansi 5%; (2) ada pengaruh positif dan signifikan persepsi siswa tentang media pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa kelas XI Jurusan Administrasi Perkantoran SMK Batik 2 Surakarta. Hal ini terbukti dari hasil analisis regresi yang diperoleh thitung > ttabel yaitu 2,381>1990 pada taraf signifikansi 5%; (3) ada pengaruh positif dan signifikan pergaulan teman sebaya dan persepsi siswa tentang media pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa kelas XI Jurusan Administrasi Perkantoran SMK Batik 2 Surakarta. Hal ini terbukti dari hasil analisis regresi yang diperoleh Fhitung > Ftabel yaitu 13,435>3,11 pada taraf signifikansi 5%.

Kata kunci: Pergaulan Teman Sebaya, Persepsi Siswa, Media Pembelajaran, Motivasi Belajar. 

Keywords

Pergaulan Teman Sebaya, Persepsi Siswa, Motivasi Belajar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.