PENINGKATAN HASIL BELAJAR ADMINISTRASI KEUANGAN MELALUI STRATEGI ACTIVE KNOWLEDGE SHARING MENGGUNAKAN MEDIA PEERWISE PADA SISWA KELAS XI ADMINISTRASI PERKANTORAN 2
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui strategi active knowledge sharing dan media peerwise. Pendekatan penelitian yang digunakan kualitatif. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitan Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian ini adalah guru dan siswa. Data penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Sumber data penelitian ini adalah informan, peristiwa dan dokumen. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui beberapa kegiatan berupa wawancara, observasi, dokumentasi dan tes. Validitas data menggunakan teknik trianggulasi sumber, trianggulasi metode dan validitas isi. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif komparatif dan analisis kritis. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat peningkatan hasil belajar siswa pada ranah kognitif sebesar 83,58 dengan persentase 100%, ranah psikomotorik sebesar 80 dengan persentase 100% dan ranah afektif persentase 100% atau minimal mendapat nilai B. Simpulan hasil penelitian ini bahwa penerapan strategi active knowledge sharing menggunakan media peerwise dapat menigkatkan hasil belajar siswa.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.