PENGARUH LINGKUNGAN KERJA FISIK DAN PEMBERIAN KOMPENSASI TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA KARYAWAN DI PERUSAHAAN ROKOK HENDRA JAYA KUDUS

Tiara Damayanti, Djoko Santosa, Jumiyanto Widodo

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) ada tidaknya pengaruh lingkungan kerja fisik terhadap produktivitas kerja karyawan bagian produksi di Perusahaan Rokok Hendra Jaya Kudus; (2) ada tidaknya pengaruh pemberian kompensasi terhadap produktivitas kerja karyawan bagian produksi di Perusahaan Rokok Hendra Jaya Kudus; (3) ada tidaknya pengaruh lingkungan kerja fisik dan pemberian kompensasi secara bersama-sama terhadap produktivitas kerja karyawan bagian produksi di Perusahaan Rokok Hendra Jaya Kudus. Penelitian ini digunakan metode deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh karyawan bagian produksi di Perusahaan Rokok Hendra Jaya Kudus. Sampel penelitian ini adalah 115 orang karyawan bagian produksi di Perusahaan Rokok Hendra Jaya Kudus. Teknik pengambilan sampel yang digunakan proporsional random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan angket (kuesioner) yang sebelumnya telah diuji coba (try out) dan diuji validitas serta uji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Lingkungan kerja fisik berpengaruh positif terhadap produktivitas kerja karyawan bagian produksi di Perusahaan Rokok Hendra Jaya Kudus (t hitung = 2,039, sign < 0,05); (2) Pemberian kompensasi berpengaruh positif terhadap produktivitas kerja karyawan bagian produksi di Perusahaan Rokok Hendra Jaya Kudus (t hitung = 2,174, sign < 0,05); (3) lingkungan kerja fisik dan pemberian kompensasi secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap produktivitas kerja karyawan bagian produksi di Perusahaan Rokok Hendra Jaya Kudus (F hitung = 5,529, sign < 0,05).

Keywords

lingkungan kerja fisik; pemberian kompensasi; produktivtas kerja

Full Text:

PDF

References

Analisa, L. W. (2011). Analisis Pengaruh Motivasi Kerja dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan. Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro. Semarang.

Apriani, W. R. (2012). Pengaruh Kompensasi dan Lingkungan Kerja terhadap Produktivitas Kerja Karyawan PT BPR Restu Artha Makmur Kantor Pusat Majapahit Semarang. Jurnal Universitas Diponegoro, 1(1), 252-260.

Arikunto, S. ( 2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S. ( 2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (Ed. Revisi). Jakarta: PT Rineka Cipta.

Dhermawan, A.A. N.B., I Gede, A.S., I Wayan, M. U. (2012). Pengaruh Motivasi, Lingkungan Kerja, Kompetensi, dan Kompensasi terhadap Kepuasan Kerja dan Kinerja Pegawai di Lingkungan Kantor Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Bali. Jurnal Manajemen, Strategi Bisnis, dan Kewirausahaan, 6(2).

Hadinata, H.C. (2014). Pengaruh Lingkungan Kerja dan Kompensasi Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Pabrik Genteng Massokka Kebumen, Jawa Tengah. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta.

Haynes, B. P. (2007). Office Productivity: A Theoretical Framework. Journal of Corporate Real Estate,

9(2), 97-110. Diakses dari http://dx.doi.org/10.1108/14630010710828108pada tanggal 11 Mei 2017.

Iskandar. (2013). Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial. Jakarta: Referensi.

Nawawi, H. ( 2009). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Purwaningsih, A. (2011). Pengaruh Kompensasi dan Lingkungan Kerja terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Bagian Produksi pada PT Metec Semarang (Studi Kasus pada PT Metec Semarang). Fakultas Ekonomi Universitas Semarang. Semarang.

Purwaningsih, Ari. (2012).Pengaruh Kompensasi dan Lingkungan Kerja terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Bagian Produksi pada PT Metec Semarang (Studi Kasus pada PT Metec Semarang). Jurnal SDM, 2(3), 129-144.

Riani, A. L. ( 2011). Prespektif Kompensasi Perusahaan, CEO, dan Karyawan. Surakarta: Yuma Presindo.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2014). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sumampouw, C.L. (2012). Pengaruh Kompensasi terhadap Produktivitas Kerja Karyawan pada PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional, Tbk Manado. Jurnal Universitas Sam Ratulangi, 2(3), 11-22.

Yani, M. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Yuniarsih, T. ( 2009). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: CV Alfabeta.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.