PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA DAN KETERSEDIAAN SARANA PRASARANA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK BATIK 1 SURAKARTA
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini berjudul Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Ketersediaan Sarana Prasarana terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas XI Administrasi Perkantoran SMK BATIK 1 SURAKARTA. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: pengaruh lingkungan keluarga, ketersediaan sarana prasarana terhadap motivasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah probability sampling jenis simple random sampling. Sumber data yang digunakan adalah informan, tempat dan peristiwa, arsip dan dokumen. Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan angket. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Terdapat pengaruh yang signifikan Lingkungan keluarga terhadap motivasi belajar siswa kelas XI Administrasi Perkantoran SMK Batik 1 Surakarta. Hal Ini terbukti dari hasil analisis regresi yang memperoleh thitung > ttabel yaitu 2,182 > 1,988 pada taraf signifikansi 0,05; (2) Terdapat pengaruh yang signifikan Ketersediaan sarana prasarana terhadap motivasi belajar siswa kelas XI Administrasi Perkantoran SMK Batik 1 Surakarta. Hal Ini terbukti dari hasil analisis regresi yang memperoleh thitung > ttabel yaitu 2,822 > 1,988 pada taraf signifikansi 0,05; (3) Terdapat pengaruh yang signifikan lingkungan keluarga dan ketersediaan sarana prasarana terhadap motivasi belajar kelas XI Administrasi Perkantoran SMK Batik 1 Surakarta. Hal ini terbukti dari hasil analisis regresi yang memperoleh Fhitung > Ftabel yaitu 9.646 > 3,100 pada taraf signifikansi 0,05
Kata Kunci : Lingkungan Keluarga, Ketersediaan Sarana Prasarana dan Motivasi Belajar
ABSTRACT
This research is THE EFFECT OF FAMILY ENVIRONMENT AND AVAILIABILITY OF INFRASTRUCTURE FACILITIES ON LEARNING MOTIVATION OF OFFICE ADMINISTRATION GRADE XI STUDENTS OF SMK BATIK 1 SURAKARTA. This research position is to find : influence of family environment and the availability of infrastructure facilities on learning motivation of grade XI students of SMK Batik 1 Surakarta.. This research is a quantitative descriptive study. The sampling technique used probability samplings type simple random sampling. The technique of collecting data used questionnaires which previously had been tested. The data analysis technique used multiple regression analysis. From the analysis, it is found that: (1) Family environment had a significant effect on student's learning motivation of grade XI Administration Office SMK Batik 1 Surakarta. It was shown from the result of the regression analysis which obtained tcount>ttable = 2,822 > 1,988 at the significance level of 0,05; (2) The availability of infrastructure had a significant effect on students' learning motivation in grade XI Administration Office SMK Batik 1 Surakarta. It was shown from the result of the regression analysis which obtained tcount>ttable = 2,822 > 1,988 at the significance level of 0,05; (3) family environment and the availability of infrastructure facilities had a significant effect on students’ learning motivation of grade XI Administration Office SMK Batik 1 Surakarta. It can be seen from the result of the regression analysis which obtained Fcount>Ftable = 9.646 > 3,100 at the significance level of 5%.
Keywords: family environment, availability of infrastructure facilities, learning motivation
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.