ANALISIS PELAYANAN PRIMA PADA BIDANG PENCATATAN SIPIL DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN KARANGANYAR

Is Rahayu Ditta Hapsari, Drs. Djoko Santosa TH, M.Pd., Drs. Sutaryadi M. Pd

Abstract

ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui pelaksanaan pelayanan prima pada penerbitan akta kelahiran di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Karanganyar, (2) Mengetahui apa saja yang menjadi kendala pada proses pelayanan penerbitan akta kelahiran di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Karanganyar, (3) Mengetahui solusi atas kendala-kendala yang terjadi pada proses pelayanan penerbitan akta kelahiran di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Karanganyar.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini berasal dari informan, observasi, dokumentasi dan arsip. Untuk teknik pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik purposive sampling dan snowball sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, peristiwa dan tempat, dokumen dan arsip. Validitas data menggunakan triangulasi data dan metode. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data model interaktif yaitu pengumpulan data, reduksi data, sajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi.

Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, pelaksanaan pelayanan prima pada bidang pencatatan sipil di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Karanganyar telah memberikan pelayanan yang berkualitas. Kualitas pelayanan yang diberikan dapat dilihat dari dimensi kualitas pelayanan yang meliputi berwujud, kehandalan, daya tanggap, jaminan dan empati. Selain itu, dalam memberikan pelayanan juga mengutamakan kepentingan masyarakat sehingga dapat memberikan kepuasan masyarakat. Namun, untuk sarana prasarana seperti peralatan kerja pegawai dan perlengkapan bantu perlu diganti dan ditambah karena tidak dapat menunjang kebutuhan pegawai serta ruangan kerja yang masih panas dan penataannya tidak rapi sehingga tidak memberikan kenyamanan untuk pegawai. Sedangkan fasilitas untuk masyarakat sudah memadai karena fasilitas yang disediakan lengkap. Kedua, adanya kendala yang terjadi yaitu kurangnya kesadaran masyarakat untuk mematuhi aturan dalam pemenuhan persyaratan penerbitan akta kelahiran, dan pegawai tidak teliti saat proses input data. Ketiga, solusi atas kendala yang terjadi pada proses pelayanan penerbitan akta kelahiran yaitu dengan memanggil pegawai bagian IT untuk memperbaiki printer yang eror dan melakukan restart pada komputer yang lambat, memanggil secara manual tanpa menggunakan alat panggil, memberikan penjelasan dan melakukan sosialisasi serta mengoreksi secara berulangkali.

 

Kata Kunci : Pelayanan Prima, Penerbitan Akta Kelahiran, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Masyarakat.

Keywords

Pelayanan Prima; Penerbitan Akta Kelahiran; Kualitas Pelayanan; Kepuasan Masyarakat

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.