PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI DINAS KEARSIPAN DAN PERPUSTAKAAN KABUPATEN KARANGANYAR

Anuri Dwi Puspitasari, Djoko Santoso TH, Susantiningrum Susantiningrum

Abstract

ABSTRAK

 

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) ada tidaknya pengaruh positif dan signifikan gaya kepemimpinan terhadap kinerja pegawai Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Karanganyar; (2) ada tidaknya pengaruh positif dan signifikan disiplin kerja terhadap kinerja pegawai Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Karanganyar; (3) ada tidaknya pengaruh positif dan signifikan gaya kepemimpinan dan disiplin kerja secara bersama-sama terhadap kinerja pegawai Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Karanganyar. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif yang bermaksud menggambarkan fakta pada objek penelitian yang tampak secara nyata dan penarikan kesimpulan didasarkan pada angka-angka yang diolah secara statistik. Populasi penelitian ini adalah seluruh pegawai Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Karanganyar yaitu sejumlah 47 pegawai. Sampel penelitian ini adalah seluruh pegawai Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Karanganyar yaitu sejumlah 47 pegawai. Teknik pengambilan sampel menggunakan non probability sampling dengan jenis sampling jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan angket (kuesioner) yang sebelumnya telah diuji coba (try out) dan diuji validitas serta uji reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan gaya kepemimpinan terhadap kinerja pegawai Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Karanganyar. Hal ini dibuktikan melalui hasil uji t yaitu nilai t hitung > t tabel atau 2,136  > 2,014; (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan disiplin kerja terhadap kinerja pegawai Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Karanganyar. Hal ini dibuktikan melalui hasil uji t yaitu nilai t hitung > t tabel atau  3,769 > 2,014; (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan gaya kepemimpinan dan disiplin kerja secara bersama-sama terhadap kinerja pegawai Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Karanganyar. Hal ini dibuktikan melalui uji F yaitu nilai F hitung > F tabel  atau  14,229 > 3,209.

Keywords

Gaya Kepemimpinan, Disiplin Kerja, Kinerja Pegawai

Full Text:

PDF

References

Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Baru. Jakarta: Rineka Cipta.

Fatokun, Jonathan O, Salaam Mulikat O, dan Ajegbomogun, Fredrick Olatunju. (2010). The Influence of Leadership Style on the Performance of Subordinates in Nigerian Libraries. Library Philosophy and Practice (e-journal). 422. ISSN: 1522-0222

Hasanah, Nur. (2012). Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Disiplin Kerja terhadap Produktivitas Kerja Karyawan pada Assalaam Hypermarket Kartasura. Skripsi. Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran FKIP Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Hasibuan, Malayu S.P (2012). Manajemen Sumberdaya Manusia Edisi Revisi (Cetakan ke 16). Jakarta: PT Bumi Aksara.

Iskandar. (2013). Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial: Cetakan Kelima. Jakarta: Referensi.

Mangkunegara, Awan Prabu. (2013). Manajemen Sumberdaya Manusia Perusahaan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Martono, Nanang. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT Raya Grafindo Persada.

Moehariono. (2012). Pengukuran Kinerja Berbasis Kompetensi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Purwanto. (2010). Metodologi Penelitian Kuantitatif untuk Psikologi dan Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rivai, Veithzal Fawzi dan Sagala, Ella Jauvani. (2011). Manajemen Sumberdaya Manusia Untuk Perusahaan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Rivai, Veithzal Fawzi. (2014) Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sutrisno, Edy. (2011). Manajemen Sumberdaya Manusia. Jakarta: PT. Kencana Prenada Media Grup.

Thoha, Miftah. (2010). Kepemimpinan dalam Manajemen. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Uha, Ismail Nawawi. (2013). Budaya Organisasi Kepemimpinan & Kinerja. Jakarta: Prenada Media Grup.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.