Students' perceptions of teaching methods and learning interest effects on general administration outcomes

Silmi Najma Mumtaza, Tri Murwaningsih

Abstract

Abstrak: Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya permasalahan pada hasil belajar siswa kelas XI MPLB SMK Negeri 6 Surakarta pada mata pelajaran administrasi umum yang dipengaruhi oleh persepsi siswa tentang metode mengajar guru dan minat belajar siswa. Diketahui bahwa ketuntasan hasil belajar siswa kelas XI MPLB pada mata pelajaran administrasi umum hanya sebesar 32,08%. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh (1) persepsi siswa tentang metode mengajar guru terhadap hasil belajar siswa, (2) minat belajar siswa terhadap hasil belajar siswa, dan (3) persepsi siswa tentang metode mengajar guru dan minat belajar siswa terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode survei. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh positif dan siginifikan pada persepsi siswa tentang metode mengajar guru terhadap hasil belajar siswa yang dibuktikan dengan nilai signifikansi 0,004 ˂ 0,05 (2) terdapat pengaruh negatif pada minat belajar siswa terhadap hasil belajar siswa yang dibuktikan dengan nilai signifikansi 0,034 ˂ 0,05 dan nilai koefisien pada kolom B sebesai -0,315 (3) terdapat pengaruh secara simultan pada persepsi siswa tentang metode mengajar guru dan minat belajar siswa terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran administrasi umum kelas XI MPLB SMK Negeri 6 Surakarta yang dibuktikan dengan nilai signifikansi sebesar 0,008 ˂ 0,05.

 

Kata kunci: evaluasi pembelajaran; ketuntasan belajar; kuantitatif; survei


Abstract: This study investigated the relationship between students' perceptions of teachers' teaching methods and learning interest with learning outcomes among grade XI MPLB students at SMK Negeri 6 Surakarta in general administration. The learning completion rate was only 32.08%. This quantitative survey research examined: (1) the effect of students' perceptions of teaching methods on learning outcomes, (2) the effect of learning interest on learning outcomes, and (3) the simultaneous effect of both variables on learning outcomes. Results indicated that (1) students' perceptions of teaching methods had a significant positive effect on learning outcomes (p = 0.004), (2) learning interest had a significant negative effect on learning outcomes (p = 0.034, B = -0.315), and (3) both variables simultaneously and significantly affected learning outcomes (p = 0.008).

 

Keywords: learning completeness; learning evaluation; quantitative; survey

Keywords

evaluasi pembelajaran; ketuntasan belajar; kuantitatif; survei; learning completeness; learning evaluation; quantitative; survey

Full Text:

PDF

References

Achru, A. (2019). Pengembangan minat belajar dalam pembelajaran. Jurnal Idaarah, 3(2), 205-215. https://doi.org/10.24252/idaarah.v3i2.10012

Angraini, W. D. (2016). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar mata pelajaran ekonomi kelas XI IIS SMA. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 5(8). https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/16253

Arikunto, S. (2020). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Rineka Cipta.

Az-zahra, F. F. (2019). Pengaruh persepsi siswa tentang metode mengajar guru dan penggunaan media pembelajaran terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran tata kelola sarana dan prasarana kelas XI jurusan administrasi perkantoran SMK Negeri 1 Sukoharjo tahun ajaran 2018/2019. (Skripsi, FKIP, Universitas Sebelas Maret) Surakarta, Indonesia.

Deswita, A. P., & Dahen, L. D. (2015). Pengaruh persepsi siswa tentang gaya mengajar guru dan minat belajar siswa terhadap hasil belajar akuntansi pada program keahlian akuntansi siswa kelas X di SMKN 1 Sawahlunto. Economica: Journal of Economic and Economic Education, 2(1), 1-10. https://doi.org/10.22202/economica.2013.v2.i1.211

Dewi, O. (2023). Pengaruh persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru dan minat belajar terhadap prestasi belajar akuntansi dasar di SMK Negeri 3 Surakarta. (Skripsi, FKIP, Universitas Sebelas Maret) Surakarta, Indonesia.

Firmansyah, D. (2015). Pengaruh strategi pembelajaran dan minat belajar terhadap hasil belajar matematika. Judika (Jurnal Pendidikan UNSIKA), 3(1). https://doi.org/10.35706/judika.v3i1.199

Hamid, A. (2019). Berbagai metode mengajar bagi guru dalam proses pembelajaran. Aktualita: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 9(2), 1-16. http://ejournal.an-nadwah.ac.id/index.php/aktualita/article/view/97

Hasan, M., Nasution, N., Sofyan, S., Guampe, F. A., Rahmah, N., Mendo, A. Y., & Atirah, A. (2023). Pendidikan dan sumber daya manusia: Menggagas peran pendidikan dalam membentuk modal manusia. Penerbit Tahta Media.

Heriyati, H. (2017). Pengaruh minat dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 7(1). https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/formatif

Ilyas, M., & Armizi, A. (2020). Metode mengajar dalam pendidikan menurut Nur Uhbiyati dan E. Mulyasa. Al-Liqo: Jurnal Pendidikan Islam, 5(02), 185-196. https://ejournal.stai-tbh.ac.id/al-liqo/article/view/244

Karwati, E., & Priansa, D. J. (2019). Manajemen kelas guru profesional yang inspiratif, kreatif, menyenangkan dan berprestasi (Cetakan Ketiga). Alfabeta.

Kismurdiani, N. S. I., Wijoyo, S. H., & Herlambang, A. D. (2022). Pengaruh motivasi belajar dan minat belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran administrasi sistem jaringan melalui kegiatan praktikum pada siswa kelas XI TKJ 2 SMK N 11 Malang. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 6(10), 5022-5031. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/jptik/article/view/16174

Krisnawan, I., Nasaruddin, DM., Fritzy, I., Septiadi., & Lindriany, J. (2024). Pengaruh metode mengajar guru terhadap sikap belajar siswa di SDN 005 Sambaliung. Edunomika, 8(1), 1-7. https://jurnal.stie-aas.ac.id/index.php/jie/article/view/12054

Mahmudi, I., Athoillah, M. Z., Wicaksono, E. B., & Kusuma, A. R. (2022). Taksonomi hasil belajar menurut Benyamin S. Bloom. Jurnal Multidisiplin Madani, 2(9), 3507-3514. https://journal.formosapublisher.org/index.php/mudima/article/view/1132

Mona, M., Kekenusa, J., & Prang, J. (2015). Penggunaan regresi linear berganda untuk menganalisis pendapatan petani kelapa. studi kasus: petani kelapa di desa Beo, kecamatan Beo kabupaten Talaud. d'CARTESIAN: Jurnal Matematika dan Aplikasi, 4(2), 196-203. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/decartesian/article/view/9211

Muthahharah, I., & Fatwa, I. (2022). Analisis regresi linear berganda untuk media pembelajaran daring terhadap prestasi belajar mahasiswa di STKIP Pembangunan. Jurnal MSA (Matematika dan Statistika serta Aplikasinya), 10(1), 53-60. https://alauddin.ac.id/index.php/msa/article/view/25145

Nabillah, T., & Abadi, A. P. (2020). Faktor penyebab rendahnya hasil belajar siswa. Prosiding Sesiomadika, 2(1c). https://journal.unsika.ac.id/sesiomadika/

Nafisah, K., Margunani, M., & Latifah, L. (2015). Faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar akuntansi siswa kelas XI program keahlian akuntansi SMK Negeri 2 Semarang. Economic Education Analysis Journal, 4(1). https://journal.unnes.ac.id/sju/eeaj/article/view/4695/4331

Nasution, J. S. (2022). Hubungan antara motivasi belajar dan minat belajar terhadap hasil belajar bahasa arab pada siswa kelas viii smpit fajar ilahi batam. Jurnal As-Said, 2(1), 100-115. http://ejournal.institutabdullahsaid.ac.id/index.php/AS-SAID/article/view/77

Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Misykat, 3(1). https://ejurnal.iiq.ac.id/index.php/misykat/article/view/2229

Putra, I. N. J. O. D. (2024). Pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Sawan tahun ajaran 2021/2022. (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Ganesha). http://repo.undiksha.ac.id/view/divisions/P-ILKOM2/2022.type.html

Rachmawati, N. Y., & Rosy, B. (2021). Pengaruh model pembelajaran problem based learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah pada mata pelajaran administrasi umum kelas X OTKP di SMK Negeri 10 Surabaya. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(2), 246-259. https://doi.org/10.26740/jpap.v9n2.p246-259

Sari, K. Z., Afandi, T. Y., & Surindra, B. (2021). Pengaruh persepsi siswa tentang metode mengajar guru dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar akuntansi pada siswa kelas X akuntansi SMK PGRI 3 Kediri. PINUS: Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran, 6(2), 62-69. https://doi.org/10.29407/pn.v6i2.14915

Sirait, E. D. (2016). Pengaruh minat belajar terhadap prestasi belajar matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(1). https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Formatif/article/view/750

Sugiyono. (2022). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. CV. Alfabeta.

Triyono, T., & Febriani, R. D. (2018). Persepsi peserta didik sekolah menengah atas terhadap pendidikan lanjutan. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 70-77. https://doi.org/10.32585/edudikara.v3i1.81

Wulandari, W., Azmi, S., Kurniati, N., & Hikmah, N. (2021). Pengaruh motivasi berprestasi dan persepsi siswa tentang cara guru mengajar terhadap hasil belajar matematika siswa. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 1(3), 455-466. https://doi.org/10.29303/griya.v1i3.86

Refbacks

  • There are currently no refbacks.