Influence of TPACK and parental support on students' teaching career interest

Farhan Daniswara Ramadhan Pratama, Tri Murwaningsih

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh (1) penguasaan TPACK terhadap minat menjadi guru, (2) dukungan orang tua terhadap minat menjadi guru, serta (3) pengaruh bersama antara penguasaan TPACK dan dukungan orang tua terhadap minat menjadi guru pada mahasiswa Prodi Pendidikan Administrasi Perkantoran FKIP UNS angkatan 2021. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan teknik sampling jenuh, melibatkan seluruh populasi sebanyak 81 mahasiswa yang telah melaksanakan PLP. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis menggunakan regresi linear berganda dengan bantuan IBM SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan penguasaan TPACK terhadap minat menjadi guru (thitung 4,31 > ttabel 1,99; sig. 0,00 < 0,05), (2) dukungan orang tua juga berpengaruh signifikan (thitung 2,11 > ttabel 1,99; sig. 0,03 < 0,05), dan (3) secara simultan, TPACK dan dukungan orang tua berpengaruh signifikan terhadap minat menjadi guru (Fhitung 22,13 > Ftabel 3,14). Sumbangan efektif penguasaan TPACK sebesar 25% dan dukungan orang tua sebesar 10%, dengan total kontribusi 35%, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian.

 

Kata kunci: dukungan orangtua; minat menjadi guru; penguasaan TPACK


Abstract: This study examined the influence of (1) Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK) mastery on interest in teaching careers, (2) parental support on interest in teaching careers, and (3) the combined influence of TPACK mastery and parental support on interest in teaching careers among students in the Office Administration Education program at FKIP UNS, class of 2021. This quantitative study employed a saturated sampling technique, including all 81 students who had completed the Teaching Practice Program (PLP). Data were collected through questionnaires and analyzed using multiple linear regression with IBM SPSS version 25. Results revealed that (1) TPACK mastery exerted a positive and significant influence on interest in teaching careers (t = 4.31, p < .001), (2) parental support also demonstrated a significant effect (t = 2.11, p = .038), and (3) collectively, TPACK mastery and parental support significantly influenced interest in teaching careers (F = 22.13, p < .001). TPACK mastery contributed 25% of the variance, while parental support contributed 10%, yielding a total explained variance of 35%. The remaining 65% may be attributed to variables not examined in this study.

 

Keywords : parental support; teaching career interest; TPACK mastery

Keywords

dukungan orangtua; minat menjadi guru; penguasaan TPACK; parental support; teaching career interest; TPACK mastery

Full Text:

PDF

References

Achru, P. A. (2019). Pengembangan minat belajar dalam pembelajaran. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 3(2), 205. https://doi.org/10.24252/idaarah.v3i2.10012

Akhwani, A., & Rahayu, D. W. (2021). Analisis komponen TPACK guru sd sebagai kerangka kompetensi guru profesional di abad 21. Jurnal Basicedu, 5(4), 1918-1925. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1119

Ananda, J. S. A. (2024). Pengaruh TPACK dan self efficacy terhadap kesiapan menjadi guru mahasiswa program studi pendidikan ekonomi 2020. Jurnal Pendidikan Ekonomi. http://jurnal.stkippersada.ac.id/jurnal/index.php/JPE

Chotimah. (2024). Pengaruh pengenalan lapangan persekolahan dan persepsi kesejahteraan guru terhadap minat menjadi guru mahasiswa prodi pendidikan administrasi perkantoran FKIP UNS [Skripsi, Universitas Sebelas Maret]. https://digilib.uns.ac.id/dokumen/detail/95510

Eka, N. A. (2018). Pengaruh efikasi diri dan persepsi terhadap minat menjadi guru ekonomi pada mahasiswa program studi pendidikan ekonomi 2015 UNESA. Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen dan Keuangan, 2(2), 83-96. https://doi.org/10.26740/jpeka.v6n2.p83-96

Erlina, & Ulfah, M. (2022). Profil kemampuan technological pedagogical and content knowledge (TPACK) guru kimia SMA di Kalimantan Barat. Jurnal Kependidikan Kimia, 10(2).

Fadlilah, M. (2020). Hubungan dukungan orangtua dengan minat belajar. Aisyiyah Medika, 2(7), 898-908.

Fathiya, S. R., Feby, A. K., & Masni A, E. S. (2021). Bentuk dukungan orangtua pada anak usia dini (aud) selama belajar dari rumah bdr). 4(1), 18-25.

Indrianti, E. D., & Listiadi, A. (2021). Pengaruh lingkungan keluarga, prestasi belajar, dan kesejahteraan guru terhadap minat menjadi guru akuntansi. 9(1), 13-24.

Kurniawan, F. A. (2023). Kemampuan berpikir kritis matematis ditinjau dari hasil belajar siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 10, 636-649.

Purnomo, R. A. (2016). Analisis statistik ekonomi dan bisnis dengan SPSS. CV Wade Group.

Rachman, T. (2018). Pengertian minat dalam pembelajaran. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951-952.

Sugiyono. (2019). Metode penelitian pendidikan (kuantitatif, kualitatif, kombinasi, R&D dan penelitian pendidikan). Alfabeta.

Sukma, A. N., Karlina, E., & Priyono, P. (2020). Pengaruh persepsi profesi guru terhadap minat menjadi guru pada mahasiswa pendidikan ekonomi universitas Indraprasta PGRI. Research and Development Journal of Education, 1(1), 110. https://doi.org/10.30998/rdje.v1i1.7573

Yuliani, R., Abdi, A. W., & A. T. (2020). Hubungan minat menjadi guru dan dukungan orangtua dengan hasil belajar mahasiswa jurusan pendidikan geografi FKIP Universitas Syiah Kuala. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Geografi FKIP Unsyiah, 5, 236-245.

Zulhazlinda, W., Noviani, L., & Sangka, K. B. (2023). Pengaruh TPACK terhadap kesiapan menjadi guru profesional pada mahasiswa pendidikan ekonomi di jawa tengah. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 11(1), 26–38. https://doi.org/10.26740/jupe.v11n1.p26-38

Refbacks

  • There are currently no refbacks.