Effects of Internship Experience and Digital Literacy on SMK Student Work Readiness

Daffa Amzarina, Tri Murwaningsih

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh pengalaman PKL terhadap kesiapan kerja; (2) pengaruh kemampuan digital literacy terhadap kesiapan kerja; dan (3) pengaruh pengalaman PKL dan kemampuan digital literacy secara simultan terhadap kesiapan kerja siswa kelas XII SMK Batik 2 Surakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XII SMK Batik 2 Surakarta berjumlah 132 siswa dengan sampel 100 responden yang dipilih melalui teknik proportional random sampling serta sisa. Pengumpulan data menggunakan kuesioner, dan analisis data dilakukan dengan regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan: (1) pengalaman PKL berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesiapan kerja Sig. 0,000 < 0,05 (thitung 5,858 > ttabel 1,984); (2) kemampuan digital literacy juga berpengaruh positif dan signifikan Sig. 0,000 < 0,05 (thitung 3,592 > ttabel 1,984); (3) secara simultan, keduanya berpengaruh signifikan terhadap kesiapan kerja Sig. 0,000 < 0,05 (Fhitung 98,357 > Ftabel 3,94). Nilai R Square sebesar 0,670 menunjukkan bahwa 67% variasi kesiapan kerja dipengaruhi oleh pengalaman PKL dan kemampuan digital literacy. Penelitian selanjutnya diharapkan menggunakan metode yang lebih beragam dan menggali variabel lain yang turut memengaruhi kesiapan kerja.

 

Kata kunci: dunia industri; kesiapan siswa; kompetensi kerja; literasi teknologi; pengalaman belajar

 

Abstract: This study aimed to investigate: (1) the influence of industrial work practice (IWP) experience on work readiness; (2) the influence of digital literacy capabilities on work readiness; and (3) the simultaneous influence of IWP experience and digital literacy capabilities on work readiness among 12th-grade students at SMK Batik 2 Surakarta. Employing a quantitative approach with correlational methodology, this research involved a population of 132 12th-grade students at SMK Batik 2 Surakarta, with 100 respondents selected through proportional random sampling. Data collection utilized questionnaires, and data analysis employed multiple regression analysis. The findings revealed that: (1) IWP experience demonstrated a positive and significant influence on work readiness (Sig. 0.000 < 0.05; tcount 5.858 > ttable 1.984); (2) digital literacy capabilities also showed a positive and significant influence (Sig. 0.000 < 0.05; tcount 3.592 > t­table 1.984); (3) simultaneously, both variables significantly influenced work readiness (Sig. 0.000 < 0.05; Fcount 98.357 > Ftable 3.94). The R Square value of 0.670 indicated that 67% of work readiness variation was influenced by IWP experience and digital literacy capabilities. Future research should employ more diverse methodologies and explore additional variables that influence work readiness.

 

Keywords: industrial world; learning experience; student readiness; technology literacy; work competence

Keywords

dunia industri; kesiapan siswa; kompetensi kerja; literasi teknologi; pengalaman belajar; industrial world; learning experience; student readiness; technology literacy; work competence

Full Text:

PDF

References

Abrosimova, G. A. (2020). Digital literacy and digital skills in university study. International Journal of Higher Education, 9(8), 52-58. https://doi.org/10.5430/ijhe.v9n8p52

Azky, S., & Mulyana, P. O. (2024). Faktor-faktor yang mempengaruhi kesiapan kerja mahasiswa. Journal of Social Science Research, 4(1), 3178-3192. https://j-innovative.org/index.php/Innovative

Badan Pusat Statistik. (2024). Keadaan ketenagakerjaan Indonesia Agustus 2024.

Bartle, E. (2015). Innovation experiential learning: An overview contents. Institute for Teaching and Learning, The University of Queensland. https://espace.library.uq.edu.au/view/UQ:357949

Fauzi, N. F. (2022). Analisis kemampuan literasi digital siswa SMK. Journal of Multidisciplinary Research and Development, 4(2), 173-180. https://doi.org/10.38035/rrj.v4i2

Habibah, I. F., & Dwijayanti, R. (2023). Pengaruh praktik kerja lapangan (PKL), self-efficacy, dan internal locus of control terhadap kesiapan kerja siswa SMKN Mojoagung Jombang. Jurnal Pendidikan Tata Niaga, 11(2), 142-151. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jptn/article/view/53898

Hamruni, Irza, S. A., Zakiah, & Dewi, P. I. I. (2021). Teori belajar behaviorisme dalam perspektif pemikiran tokoh-tokohnya. Pascasarjana Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan. https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/57830/1/

Kusnaeni, Y. (2016). Pengaruh persepsi tentang praktik kerja lapangan, informasi dunia kerja dan motivasi memasuki dunia kerja terhadap kesiapan kerja siswa SMK. Economic Education Analysis Journal, 5(1), 16-29. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj

Muspawi, M., & Lestari, A. (2020). Membangun kesiapan kerja calon tenaga kerja. Jurnal Literasiologi, 4(1), 111-117. https://doi.org/10.47783/literasiologi.v4i1.138

Nasrullah, M., & Ismail, S. (2022). Pengaruh praktik kerja industri terhadap kesiapan kerja siswa kelas XII kompetensi keahlian administrasi perkantoran di SMKN 1 Enrekang. Journal of Public Administration, 1-10.

Naufal, H. A. (2021). Literasi digital. Perspektif, 1(2), 195-202. https://doi.org/10.53947/perspekt.v1i2.32

Prianto, A., & Qomariyah, U. N. (2021). The effect of digital literacy and future time perspective on the self-confidence of prospective vocational school graduates entering the job market. Technium Social Sciences Journal, 24(1), 74-88. www.techniumscience.com

Purba, A., & Purba, S. (2024). Pengaruh prakerin terhadap kesiapan kerja siswa. Gudang Jurnal Multidisiplin Ilmu, 2(1), 404-408. https://gudangjurnal.com/index.php/gjmi/article/view/558/511

Putra, R., Santoso, P. H., Setywan, O., Darmasari, R., & Aprila, B. N. (2023). Pembekalan praktik kerja industri (prakerin) di SMK Muhammadiyah 3 Terpadu. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 69-75.

Putri, R. Y., & Supriansyah, S. (2021). Pengaruh literasi digital terhadap kesiapan kerja generasi Z di sekolah menengah kejuruan. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 3007-3017. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.1055

Susanti, R., & Mulyoto, D. (2020). Kesiapan kerja siswa BLK ditinjau dari kemandirian belajar, motivasi kerja dan pengalaman on the job training. Media Manajemen Pendidikan, 3(1), 1-12. http://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/mmp

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. (2003). Presiden Republik Indonesia.

Yusadinata, A. S., Machmud, A., & Santoso, B. (2021). Pengaruh pengalaman praktik kerja industri (prakerin), informasi dunia kerja dan motivasi memasuki dunia kerja terhadap kesiapan kerja siswa SMK. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 4108-4117. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1318

Refbacks

  • There are currently no refbacks.