BPKP RI public communication through instagram social media utilization

Mayva Eka Wulandary, Alfi Rahmawati

Abstract

Abstrak: Media sosial saat ini menjadi sarana strategis dalam membangun komunikasi publik instansi pemerintahan, salah satunya Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan Republik Indonesia (BPKP RI). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemanfaatan media sosial instagram dalam menjalankan komunikasi publik di BPKP RI menggunakan teori 4C. Teori 4C yang digunakan adalah teori dari Chris Heuer dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif. Penelitian ini menggunakan teknik pengambilan wawancara, observasi serta studi literatur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemanfaatan media sosial instagram dalam menjalankan komunikasi publik di BPKP RI telah mengimplementasikan teori 4C oleh Chris Heuer. Terdapat 4 aspek yaitu Context ditunjukkan dari isi konten yang relevan dengan fungsi lembaga. Communication dilihat dari cara menyampaikan informasi menggunakan format foto, video, serta interaksi di kolom komentar menggunakan bahasa yang komunikatif. Collaboration ditunjukkan melalui hubungan antarlembaga yang informasinya diunggah menggunakan fitur collab instagram. Connection dapat dilihat melalui penggunaan sapaan dan keaktifan dalam menjawab komentar terhadap pengikutnya. Temuan ini menunjukkan bahwa strategi komunikasi publik BPKP RI melalui instagram telah memanfaatkan media sosial secara efektif untuk membangun hubungan yang lebih dekat dan partisipastif dengan masyarakat

 

Kata kunci : kolaborasi; komunikasi; koneksi; konteks; konten


Abstract: Social media has become a strategic tool for building public communication within government institutions, including the Financial and Development Supervisory Agency of the Republic of Indonesia (BPKP RI). This study analyzes the utilization of Instagram social media in implementing public communication at BPKP RI using Chris Heuer's 4C theory. This research employs a descriptive qualitative method with data collection conducted through interviews, observation, and literature review. The findings demonstrate that BPKP RI has successfully implemented the four aspects of Chris Heuer's 4C theory in its Instagram-based public communication strategy. Context is reflected through content that aligns with the institution's functions. Communication is evident in information delivery methods using photos, videos, and interactive comment section engagement with communicative language. Collaboration is demonstrated through inter-agency relationships displayed via Instagram's collaboration feature. Connection is manifested through greetings and active responses to followers' comments. These findings indicate that BPKP RI's public communication strategy via Instagram has effectively utilized social media to foster closer and more participatory relationships with the public.

 

Keywords : collabration; communcation; connection; content; context

Keywords

kolaborasi; komunikasi; koneksi; konteks; konten; collabration; communcation; connection; content; context

Full Text:

PDF

References

Dataindonesia.id. (2024). Deretan negara pengguna Instagram terbesar pada Juli 2024, Indonesia nomor 4. https://dataindonesia.id/internet/detail/deretan-negara-pengguna-instagram-terbesar-pada-juli-2024-indonesia-nomor-4

Djaffar, R., & Syarifuddin. (2022). Pola komunikasi publik di era digital. JASIMA: Jurnal Komunikasi Korporis dan Media, 3, 1–11.

Fadli, R. M. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/Hum.V21i1

Febiansah, D., Wulandari, A., Putri, S. H., & Saputra, I. P. (2020). Studi kasus personal branding konten kreator pada akun Twitter @Brojabrooo. WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 19(1), 92–108. https://doi.org/10.32509/wacana.v19i1.1019

Feroza, C. S., & Misnawati, D. (2024). Penggunaan media sosial Instagram pada akun @Yhoophii_Official sebagai media komunikasi dengan pelanggan. Jurnal Inovasi, 14(1), 32–41.

Handoko. (2025). Keterbukaan informasi publik di era digital. Direktorat Jenderal Perbendaharaan. https://djpb.kemenkeu.go.id/kanwil/ntt/id/data-publikasi/artikel/3394-keterbukaan-informasi-publik-di-era-digital.html

Hanifah, F., & Dzuhrina, I. (2024). Optimasi media sosial Instagram Disdukcapil Sidoarjo sebagai upaya peningkatan kualitas pelayanan publik. Jurnal Pustaka Komunikasi, 7(1), 87–98. https://doi.org/10.32509/pustakom.v7i1.3676

Lupianto, E. N. (2024). Komunikasi publik instansi pemerintah. Direktorat Jenderal Kekayaan Negara. https://www.djkn.kemenkeu.go.id/kpknl-pekalongan/baca-artikel/16979/Komunikasi-Publik-Instansi-Pemerintah.html

Mekarisce, A. A. (2020). Teknik pemeriksaan keabsahan data pada penelitian kualitatif di bidang kesehatan masyarakat. Jurnal Ilmiah Kesehatan Masyarakat: Media Komunikasi Komunitas Kesehatan Masyarakat, 12(3), 145–151. https://doi.org/10.52022/JIKM.V12I3.102

Purnama, T. T. (2022). Pemanfaatan media sosial Instagram sebagai media komunikasi publik di Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bandung [Doctoral dissertation, Universitas Pasundan].

Rijali, A. (2018). Analisis data kualitatif. Jurnal Alhadharah, 17(33), 81–95.

Sari, I. N., Susanto, A., Wibowo, R., & Pratama, D. (2022). Metode penelitian kualitatif. Unisma Press.

Solis, B. (2010). Engage! The complete guide for brands and businesses to build, cultivate, and measure success in the new web. Wiley.

Susanto, D., Risnita, & Jailani, M. S. (2023). Teknik pemeriksaan keabsahan data dalam penelitian ilmiah. Qosim: Jurnal Pendidikan, Sosial & Humaniora, 1(1), 153–161.

Tutik, A. D., & Rivai Yazid. (2020). Analisis deiksis dalam film "Yowis Ben 2" karya Bayu Skak dan Fajar Nugros: Sebuah kajian pragmatik. Jalabahasa, 16(2), 132–142.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.