Family social support, self-efficacy and academic resilience among MPLB students of SMKN 1 Karanganyar
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh (1) dukungan sosial keluarga terhadap resiliensi akademik (2) self-efficacy terhadap resiliensi akademik (3) dukungan sosial keluarga dan self-efficacy terhadap resiliensi akademik siswa kelas XI dan XII MPLB di SMKN 1 Karanganyar. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif korelasi. Sampel penelitian sebanyak 105 dari jumlah populasi sebanyak 142 yang diperoleh dengan menggunakan teknik proportionate stratified random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti yaitu observasi, wawancara dan angket/kuesioner. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara dukungan sosial keluarga terhadap resiliensi akademik siswa kelas XI dan XII MPLB di SMKN 1 Karanganyar dilihat dari nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 dan hasil nilai thitung sebesar 3,862 > 1,986; 2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara self-efficacy terhadap resiliensi akademik siswa kelas XI dan XII MPLB di SMKN 1 Karanganyar dilihat dari nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 dan hasil nilai thitung sebesar 5,824 > 1,986; 3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara dukungan sosial keluarga dan self-efficacy secara bersama-sama berpengaruh terhadap resiliensi akademik siswa kelas XI dan XII MPLB di SMKN 1 Karanganyar dilihat dari nilai nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dan hasil Fhitung yaitu 35,969 > 3,09.
Kata kunci : psikologi pendidikan; sekolah vokasi; strategi koping edukatif
Abstract: This study aims to determine the effect of (1) family social support on academic resilience (2) self-efficacy on academic resilience (3) family social support and self-efficacy on academic resilience of class XI and XII MPLB students at SMKN 1 Karanganyar. This research method uses a quantitative correlation approach. The research sample was 105 from a population of 142 obtained using the proportionate stratified random sampling technique. Data collection techniques used by the researcher were observation, interviews and questionnaires. The results of this study indicate that: 1) There is a positive and significant effect between family social support on academic resilience of class XI and XII MPLB students at SMKN 1 Karanganyar seen from the significance value of 0.000 <0.05 and the t-test result of 3.862> 1.986; 2) There is a positive and significant influence between self-efficacy on academic resilience of class XI and XII MPLB students at SMKN 1 Karanganyar seen from the significance value of 0.000 <0.05 and the calculated t value of 5.824> 1.986; 3) There is a positive and significant influence between family social support and self-efficacy together influencing academic resilience of class XI and XII MPLB students at SMKN 1 Karanganyar seen from the significance value of 0.000 <0.05 and the calculated F result of 35.969> 3.09.
Keywords : educational coping strategies; educational psychology; vocational schools
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Akmal, S. Z., Patnani, M., Nurhayati, E., & Fourianalistyawati, E. (2024). Strategi peningkatan motivasi dan resiliensi akademik siswa SMK melalui pembekalan guru bimbingan konseling. Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 5(1), 62–73. https://doi.org/10.37802/society.v5i1.708
Cassidy, S. (2016). The academic resilience scale (ARS-30): A new multidimensional construct measure. Frontiers in Psychology, 7(NOV), 1–11. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2016.01787
Ferdyansyah, A., Rohaeti, E. E., & Suherman, M. M. (2020). Gambaran self efficacy siswa terhadap pembelajaran. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling Dalam Pendidikan), 3(1), 16. https://doi.org/10.22460/fokus.v3i1.4214
Honicke, T., & Broadbent, J. (2016). The influence of academic self-efficacy on academic performance: A systematic review. Educational Research Review, 17, 63–84. https://doi.org/10.1016/j.edurev.2015.11.002
Ibda, F. (2023). Dukungan sosial: Sebagai bantuan menghadapi stres dalam kalangan remaja yatim di panti asuhan. Intelektualita, 12(2), 153–169. https://doi.org/10.22373/ji.v12i2.21652
Irawan, R., Renata, D., & Dachmiati, S. (2022). Resiliensi akademik siswa. Orien: Cakrawala Ilmiah Mahasiswa, 2(2), 135–140. https://doi.org/10.30998/ocim.v2i2.8130
Jaya, H., Hambali, M., & Fakhrurrozi, F. (2023). Transformasi pendidikan: Peran pendidikan berkelanjutan dalam menghadapi tantangan abad ke-21. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 6(4), 2416–2422.
Kodir, A. (2025). Peran bimbingan konseling dalam meningkatkan resiliensi siswa yang menghadapi tantangan akademik pada smp kartini 2 batam. Jurnal Pendidikan Dan Keguruan, 3(2), 238–246. https://www.researchgate.net/publication/387989679_PERAN_BIMBINGAN_KONSELING_DALAM_MENINGKATKAN_RESILIENSI_SISWA_YANG_MENGHADAPI_TANTANGAN_AKADEMIK_PADA_SMP_KARTINI_2_BATAM
Missasi, V., & Izzati, I. D. C. (2019). Faktor – faktor yang mempengaruhi resiliensi. Prosiding Seminar Nasional Magister Psikologi Universitas Ahmad Dahlan, 2009, 433–441. http://www.seminar.uad.ac.id/index.php/snmpuad/article/view/3455
Muthmainah, M. (2022). Dukungan sosial dan resiliensi pada anak di wilayah perbukitan Gunung Kidul Yogyakarta. Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 6(1), 78–88. https://doi.org/10.21831/diklus.v6i1.48875
Qudsyi, H., & Putri, M. I. (2016). Self-efficacy and anxiety of national examination among high school students. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 217, 268–275. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2016.02.082
Rosana, S. D., Saripah, I., & Nadhirah, A. N. (2023). Resiliensi remaja dalam menghadapi stres akademik di sekolah. Jurnal Al-Taujih: Bingkai Bimbingan Dan Konseling Islami, 9(2), 112–122. https://ejournal.uinib.ac.id/jurnal/index.php/attaujih/article/view/5536
Virgiana, M. B., Azizah, I. N., Aula, S. T., Masfia, I., Fahmy, Z., Psikologi, P. S., Kesehatan, F. P., & Semarang, U. I. N. W. (2024). Dukungan keluarga sebagai faktor penentu prestasi akademik anak disabilitas netra. Observasi: Jurnal Publikasi Ilmu Psikologi, 2(3), 112–138. https://journal.arikesi.or.id/index.php/Obsesrvasi/article/view/415
Yumika, T., & Marheni, A. (2023). Peran ketangguhan dan dukungan sosial keluarga terhadap stres akademik pada mahasiswa yang sedang menyusun skripsi. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(23), 836–852. https://doi.org/10.5281/zenodo.10421397
Zander, L., Brouwer, J., Jansen, E., Crayen, C., & Hannover, B. (2018). Academic self-efficacy, growth mindsets, and university students’ integration in academic and social support networks. Learning and Individual Differences, 62(January), 98–107. https://doi.org/10.1016/j.lindif.2018.01.012
Zegarac, N., Mesl, N., Burgund Isakov, A., Buciuceanu-Vrabie, M., Maria Pereira Antunes, A., & Nunes, C. (2024). Family support workforce skills: Pathways towards (new) conceptualizations. Children and Youth Services Review, 163(June), 107777. https://doi.org/10.1016/j.childyouth.2024.107777
Refbacks
- There are currently no refbacks.