Self-efficacy and interpersonal communication effects on teaching readiness of pre-service office administration teachers

Dea Pungky Febriana, Hery Sawiji

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh self efficacy dan komunikasi interpersonal terhadap kesiapan mengajar mahasiswa PLP Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran FKIP UNS Angkatan 2021 baik secara simultan maupun parsial. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif kausalitas. Populasi berjumlah 81 mahasiswa. Sampel penelitian menggunakan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Teknik Analisis data menggunakan teknik analisis regresi linear berganda  dengan bantuan IBM SPSS Statistic 26. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan self efficacy terhadap kesiapan mengajar mahasiswa PLP dengan nilai thitung > ttabel (6,143 > 1,665) dan nilai signifikasi pada self efficacy sebesar 0,00 < 0,05; (2) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan komunikasi interpersonal terhadap kesiapan mengajar mahasiswa PLP dengan nilai thitung > ttabel (6,750 > 1,665) dan nilai signifikasi pada komunikasi interpersonal sebesar 0,00 < 0,05; (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan self efficacy dan komunikasi interpersonal secara bersama-sama terhadap kesiapan mengajar mahasiswa PLP  dengan nilai Fhitung > Ftabel (229,47 > 3,11) dan nilai signifikasi sebesar 0,00 < 0,05. Persamaan regresi penelitian adalah Ŷ =0,207+0,487 X1+0,500 X2 dengan nilai R2 sebesar 0,855. Kontribusi self efficacy dan komunikasi interpersonal secara bersama-sama sebesar 85,5% dan sisanya dipengaruhi variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian. 

 

Keywords: efikasi diri; komunikasi interpersonal; kesiapan mengajar

 

Abstract: This research aims to determine the influence of self-efficacy and interpersonal communication on teaching readiness among Pengenalan Lingkungan Persekolahan (PLP) students of the Office Administration Education Program, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Sebelas Maret (UNS), Class of 2021, both simultaneously and partially. The study employed a quantitative causal approach. The population consisted of 81 students. Saturated sampling technique was utilized for sample selection. Data were collected through questionnaires and analyzed using multiple linear regression analysis with IBM SPSS Statistics 26. The results indicate that: (1) there is a positive and significant influence of self-efficacy on teaching readiness among PLP students, evidenced by t-calculated > t-table (6.143 > 1.665) with a significance value of 0.00 < 0.05; (2) there is a positive and significant influence of interpersonal communication on teaching readiness among PLP students, evidenced by t-calculated > t-table (6.750 > 1.665) with a significance value of 0.00 < 0.05; (3) there is a positive and significant simultaneous influence of self-efficacy and interpersonal communication on teaching readiness among PLP students, evidenced by F-calculated > F-table (229.47 > 3.11) with a significance value of 0.00 < 0.05. The regression equation is Ŷ = 0.207 + 0.487X₁ + 0.500X₂ with an R² value of 0.855. Self-efficacy and interpersonal communication together contribute 85.5% to teaching readiness, while the remainder is influenced by other variables not included in this study.

 

Keywords: self efficacy; interpersonal communication; teaching readiness

Keywords

efikasi diri; komunikasi interpersonal; kesiapan mengajar; self efficacy; interpersonal communication; teaching readiness

Full Text:

PDF

References

Aziz, A. (2017). Komunikasi pendidik dan peserta didik dalam pendidikan islam. Mediakita, 1(2), 173–184. https://doi.org/10.30762/mediakita.v1i2.365

Azizah, N., & Rahmi, E. (2019). Persepsi mahasiswa tentang peranan mata kuliah micro teaching terhadap kesiapan mengajar pada mahasiswa Pendidikan Ekonomi UNP. Jurnal Ecogen, 2(2), 197. https://doi.org/10.24036/jmpe.v2i2.7312

Dahlan, A., Septiyani, D., Munawaroh, A., & ... (2023). Pengaruh komunikasi interpersonal terhadap kesiapan mengajar mahasiswa PLP Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu. … Education Journal, 4, 270–283. https://www.siducat.org/index.php/ghaitsa/article/view/745

Damayanti, R., & Puspasari, D. (2022). Pengaruh komunikasi interpersonal terhadap kesiapan mengajar mahasiswa PLP Prodi Administrasi Perkantoran Universitas Negeri Surabaya. Journal of Office Administration : Education and Practice, 2(2), 115–131. https://doi.org/10.26740/joaep.v2n2.p115-131

Ghozali, I. (2018). Aplikasi analisis multivariate dengan program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Kurniasari, I. D., & Rahmawati, D. (2016). Pengaruh minat menjadi guru dan praktik pengalaman lapangan (ppl) terhadap kesiapan mengajar. Jurnal Kajian Pendidikan Akuntansi Indonesia, 1–14. http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/kpai/article/view/5680

Kurniawan, R. Y., & Devi, H. R. P. (2023). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi kesiapan calon guru ekonomi. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 16(2), 96. https://doi.org/10.17977/um014v16i22023p096

Nabila, F. A., Indriayu, M., & Octoria, D. (2023). Pengaruh kepercayaan diri dan komunikasi interpersonal terhadap kesiapan mengajar praktik pengenalan lapangan persekolahan (PLP) pada Mahasiswa FKIP UNS. Journal on Education, 06(01), 6790–6800.

Putra, A., & Ahyanuardi, A. (2022). Pengaruh metoda mengajar khusus, praktik lapangan kependidikan dan efikasi diri terhadap kesiapan menjadi guru. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 3(2), 218–225. https://doi.org/10.24036/jpte.v3i2.239

Safitri, R. D., Mayangsari, M. D., & Erlyani, N. (2019). Pengaruh komunikasi interpersonal terhadap kesiapan kerja mahasiswa praktik pengalaman lapangan (PPL) dalam memasuki dunia kerja di STKIP PGRI Banjarmasin the effect of interpersonal communication on work readiness of students practical field experience i. Jurnal Kognisia, 2(2), 102–110.

Sari, D. P., Ferdiansyah, M., Surtiyoni, E., & Arizona, A. (2022). Kemampuan komunikasi interpersonal guru bimbingan konseling dalam menumbuhkan self-efficacy siswa di sekolah menengah pertama. Bulletin of Counseling and Psychotherapy, 4(2), 533–539. https://doi.org/10.51214/bocp.v4i2.277

Sari & Krismiyati. (2021). Exploring source of self-efficacy of informatics and computer engineering teacher education students during their teaching practicum. International Journal of Active Learning, 6(2), 100–110. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/ijal/article/view/31671 Sugiyono. (2023). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan r&d. Alfabeta.

Wijarini, F. (2021). Keterampilan mengajar mahasiswa pendidikan biologi melalui kegiatan pengenalan lapangan persekolahan (PLP) ditinjau dari aspek penggunaan media pembelajaran. Borneo Journal of Biology Education (BJBE), 3(2), 125–129. https://doi.org/10.35334/bjbe.v3i2.2337

Yulianto, A., & Khafid, M. (2016). Pengaruh praktik pengalaman lapangan (ppl), minat menjadi guru, dan prestasi belajar terhadap kesiapan mahasiswa menjadi guru yang profesional. Economic Education Analysis Journal, 5(1), 100-114.

Zahruddin. (2015). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Guru Dalam Rangka Menciptakan Professional Learning. Seminar Nasional Professional Learning Untuk Indonesia Emas, 1–640.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.