PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TERPADU DAN CTL TERHADAP HASIL BELAJAR IPS DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 1 KAPAS BOJONEGORO TAHUN 2013

Masrukin Masrukin, Haris Mudjiman, Puguh Karyanto

Abstract

Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) sebagai salah satu mata pelajaran yang memiliki peranan penting dalam membentuk warga negara yang baik. IPS mengkaji seperangkat peristiwa, fakta, konsep, dan generalisasi yang berkaitan dengan isu sosial. Tujuan penelitian ini : (1) untuk mengetahui perbedaan pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran terpadu dan model pembelajaran CTL, (2) untuk mengetahui perbedaan pengaruh yang signifikan antara kelompok siswa yang mempunyai motivasi tinggi dengan kelompok siswa yang mempunyai motivasi rendah , dan (3) untuk mengetahui interaksi pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran terpadu dengan pembelajaran CTL dan motivasi siswa terhadap hasil belajar IPS. Metode penelitian ini adalah quasi exsperimen. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Kapas Kabupaten Bojonegoro tahun pelajaran 2013/ 2014. Populasi seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kapas yang terdiri dari tujuh kelas paralel. Jumlah sampel 62 siswa terdiri dari 31 siswa kelas VIII B sebagai kelompok kelas eksperimen dengan pembelajaran model pembelajaran terpadu dan 31 siswa kelas VIII A sebagai kelompok kelas kontrol dengan pembelajaran CTL. Pengambilan sampel dengan tehnik cluster random sampling dengan uji homogenitas dari seluruh kelas. Tehnik analisis data dengan Anava satu jalan. Terdapat perbedaan pengaruh antara pembelajaran terpadu dengan pembelajarn CTL terhadap hasil belajar IPS (Fhitung = 4,084 > Ftabel = 4,00). Terdapat perbedaraan pengaruh antara siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi dengan siswa yang memiliki motivasi belajar rendah terhadap hasil belajar IPS (Fhitung = 34,992 > Ftabel = 4,00). Tidak terdapat interaksi positif antara model pembelajaran terpadu dan pembelajaran CTL serta motivasi siswa terhadap hasil belajar IPS (Fhitung = 2,053 < Ftabel = 4,00). Terdapat perbedaan pengaruh antara model pembelajaran dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar IPS. Kata kunci : Model Pembelajaran Terpadu, Pembelajaran CTL, Motivasi Belajar, Hasil Belajar IPS.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.