Efek Penggunaan Emoji Terhadap Kesan Hangat dan Kompeten di Konteks Proyek Virtual Mahasiswa
Abstract
Penggunaan emoji dalam komunikasi virtual digunakan sebagai media menyampaikan pesan non-verbal kepada lawan bicara. Namun belum banyak penelitian yang mengungkap efek penggunaan emoji terhadap kesan yang ditimbulkan. Penelitian sebelumnya justru mengungkap adanya kesan kurang kompeten bagi individu yang menggunakan emoji smiley dalam percakapan. Namun hasil ini masih samar-samar. Oleh karena itu, penelitian ini mencoba mengungkap efek penggunaan emoji smiley dan folded hands terhadap kesan hangat dan kompeten di konteks proyek virtual mahasiswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian kuasi-eksperimen. Desain yang digunakan adalah post-test only control group design dengan analisis data menggunakan a one-way analysis of variance (ANOVA). Sebanyak 82 partisipan terlibat dalam penelitian ini (Musia= 20,06; SDusia= 1,27; 76,8% perempuan). Hasil penelitian menunjukkan tidak adanya pengaruh penggunaan emoji, baik pada kesan hangat maupun kompeten, bagi individu. Hasil ini menunjukkan bahwa pada setting proyek virtual mahasiswa, penggunaan emoji tidak memiliki dampak signifikan dalam mempengaruhi kesan pertama.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Annamalai, S., & Salam, S. N. A. (2017). Undergraduates’ interpretation on whatsapp smiley emoji. Jurnal Komunikasi: Malaysian Journal of Communication, 33(4), 89–103. https://doi.org/10.17576/JKMJC-2017-3304-06
Arafah, B., & Hasyim, M. (2019). The Language of Emoji in Social Media. KnE Social Sciences, 2019, 494–504. https://doi.org/10.18502/kss.v3i19.4880
Bai, Q., Dan, Q., Mu, Z., & Yang, M. (2019). A Systematic Review of Emoji: Current Research and Future Perspectives. Frontiers in Psychology, 10(October). https://doi.org/10.3389/fpsyg.2019.02221
Chairunnisa, S., & A.S., B. (2017). Analysis of Emoji and Emoticon Usage in Interpersonal Communication of Blackberry Messenger and WhatsApp Application User. International Journal of Social Sciences and Management, 4(2), 120–126. https://doi.org/10.3126/ijssm.v4i2.17173
Ganster, T., Eimler, S. C., & Krämer, N. C. (2012). Same same but different!? the differential influence of smilies and emoticons on person perception. Cyberpsychology, Behavior, and Social Networking, 15(4), 226–230. https://doi.org/10.1089/cyber.2011.0179
Glikson, E., Cheshin, A., & van Kleef, G. A. (2018). The Dark Side of a Smiley: Effects of Smiling Emoticons on Virtual First Impressions. Social Psychological and Personality Science, 9(5), 614–625. https://doi.org/10.1177/1948550617720269
Kerslake, L., & Wegerif, R. (2017). The Semiotics of Emoji: The Rise of Visual Language in the Age of the Internet. Media and Communication, 5(4), 75–78. https://doi.org/10.17645/mac.v5i4.1041
Muzakky, M., Hidayat, D. N., & Alek, A. (2021). The Communicative Function of Non-Face Emoji “Folded Hands” in WhatsApp Interaction among Indonesians. Langkawi: Journal of The Association for Arabic and English, 7(1), 95. https://doi.org/10.31332/lkw.v7i1.2374
Nguyen, M. H., Gruber, J., Fuchs, J., Marler, W., Hunsaker, A., & Hargittai, E. (2020). Changes in Digital Communication During the COVID-19 Global Pandemic: Implications for Digital Inequality and Future Research. Social Media and Society, 6(3). https://doi.org/10.1177/2056305120948255
Novak, P. K., Smailović, J., Sluban, B., & Mozetič, I. (2015). Sentiment of emojis. PLoS ONE, 10(12), 1–22. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0144296
Prada, M., Rodrigues, D. L., Garrido, M. V., Lopes, D., Cavalheiro, B., & Gaspar, R. (2018). Motives, frequency and attitudes toward emoji and emoticon use. Telematics and Informatics, 35(7), 1925–1934. https://doi.org/10.1016/j.tele.2018.06.005
Sampietro, A. (2019). Emoji and rapport management in Spanish WhatsApp chats. Journal of Pragmatics, 143, 109–120. https://doi.org/10.1016/j.pragma.2019.02.009
Zebrowitz, L. A. (2017). First Impressions From Faces. Current Directions in Psychological Science, 26(3), 237–242. https://doi.org/10.1177/0963721416683996
DOI: https://doi.org/10.20961/wacana.v15i2.72892
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Wacana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal WACANA
Fakultas Psikologi Universitas Sebelas Maret (UNS)
Gedung D Fakultas Psikologi
Jl. Ir. Sutami 36A Kentingan, Jebres, Surakarta Jawa Tengah 57126
email : wacana@mail.uns.ac.id
Phone : 081326277762