Inovasi Pelayanan Pemerintah Desa / Kelurahan Di Kabupaten Sukoharjo Melalui E-Government

Bella Alfiana Marthalia, Herwan Parwiyanto

Sari

Inovasi merupakan suatu kebaruan yang dapat memberikan manfaat. Manfaat inovasi dalam pelayanan publik akan dapat terlihat apabila sampai ke pemerintahan yang paling rendah yaitu pemerintahan desa / kelurahan. Inovasi pelayanan publik di tingkat desa / kelurahan di Kabupaten Sukoharjo hadir melalui e-Government yaitu pelayanan publik berbasis digital yang dibuat oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sukoharjo. Pelayanan publik tersebut adalah Aplikasi Skuter (Surat Keterangan Desa / Kelurahan Terpadu Kabupaten Sukoharjo) yang memberikan kemudahan dalam pembuatan surat keterangan, yaitu surat pengantar, layanan surat kelahiran, layanan surat kematian, dan layanan surat pindah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis inovasi pelayanan melalui e-Government pada Aplikasi Skuter yang dilaksanakan oleh pemerintah desa / kelurahan di Kabupaten Sukoharjo. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan data diperoleh dari wawancara, observasi, dan dokumentasi di Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sukoharjo, Pemerintah Desa Cemani, dan Kelurahan Jombor. Analisis penelitian ini menggunakan lima kriteria inovasi pelayanan publik menurut Everet M. Rogers. Hasil penelitian menunjukkan bahwa inovasi pelayanan surat keterangan menggunakan Aplikasi Skuter yang dilaksanakan oleh pemerintah desa dan kelurahan di Kabupaten Sukoharjo memiliki keuntungan relatif, kesesuaian, kerumitan, kemungkinan dicoba dan kemudahan diamati.

Kata Kunci

Inovasi Pelayanan; E-Government; Aplikasi Skuter

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

___. 2017. Sukoharjo Terima Penghargaan Smart City. Diakses pada 28 Maret 2020 dari https://jatengprov.go.id/beritadaerah/sukoharjo-terima-penghargaan-smart-city/.

___. 2019. Sukoharjo Raih Top Digital Bintang Empat, Satu-satunya di Indonesia. Diakses pada 28 Maret 2020 dari https://sukoharjonews.com/sukoharjo-raih-top-digital-bintang-empat-satu-satunya-di-indonesia/.

Adi, F. N. 2018. Master Plan Smart City Pemkab Sukoharjo Sabet Penghargaan. Diakses pada 28 Maret 2020 dari https://www.suaramerdeka.com/nasional/pr-0480259/master-plan-smart-city-pemkab-sukoharjo-sabet-penghargaan.

BPS. 2018. Indeks Pembangunan Teknologi Informasi dan Komunikasi (IP-TIK) Tahun 2017. Jakarta: Badan Pusat Statistik.

Hartono, D.U., & Mulyanto, E. 2010. Electronic Government Pemberdayaan Pemerintahan dan Potensi Desa Berbasis Web. Jurnal Teknologi Informasi 1(6), 9-21.

Inovasi (Def. 1,2). (n.d). Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Online. Diakses pada 25 Juli 2020 pada https://kbbi.web.id/inovasi.

Maharani, K., & Siswayu, G. 2019. Indeks Pembangunan Teknologi, Informasi, dan Komunikasi 2018. Jakarta: Badan Pusat Statistik.

Muharam, R. S., & Melawati, F. 2019. Inovasi Pelayanan Publik dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0 di Kota Bandung. Decision: Jurnal Administrasi Publik, 1(01), 39-47.

Pemerintah Kabupaten Sukoharjo. 2020. Data Surat Keterangan. Diakses pada 2 Februari 2021 dari http://dataskuter.sukoharjokab.go.id/surmat.

Pemerintah Kabupaten Sukoharjo. 2020. Data Surat Keterangan. Diakses pada 2 Februari 2021 dari http://dataskuter.sukoharjokab.go.id/surlah.

Pemerintah Kabupaten Sukoharjo. 2020. Data Surat Keterangan. Diakses pada 2 Februari 2021 dari http://dataskuter.sukoharjokab.go.id/surpeng.

Peraturan Bupati Sukoharjo Nomor 10 Tahun 2019 tentang Tata Cara Pelayanan Administrasi Kependudukan secara Online

Peraturan Bupati Sukoharjo Nomor 22 Tahun 2019 tentang Perubahan Atas Peraturan Bupati Sukoharjo Nomor 3 Tahun 2018 tentang Rencana Induk Smart City Kabupaten Sukoharjo.

Prasetyo, H., & Sutopo, W. 2018. Industri 4.0: Telaah Klasifikasi Aspek dan Arah Perkembangan Riset. Jurnal Teknik Industri, 13(1), 17-26.

Pristiandaru, D. L., & Wicaksono. B. E. 2017. Siap Menuju Smart City, Solo dan Sukoharjo Dapat Penghargaan dari Telkom. Diakses pada 28 Maret 2020 dari https://m.solopos.com/siap-menuju-smart-city-solo-dan-sukoharjo-dapat-penghargaan-dari-telkom-880620.

Ramzi, M. 2013. LKP: Rancang Bangun Aplikasi Penjadwalan Mata Pelajaran Berbasis Web Pada SMK Negeri I Cerme. Diakses pada 25 Juli 2020 dari http://sir.stikom.edu/100/5/BAB%20III.pdf.

Rogers, E. M. 1983. Diffusion of Innovations. London: The Free Press.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik.

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.