Evaluasi Kinerja Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sukoharjo Dalam Manajemen Pelayanan Pendidikan Dasar
Sari
Dinas Pendidikan dan Kebudayaan di kota/kabupaten merupakan Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) yang bertanggung jawab terhadap manajemen pelayanan pendidikan di daerah. Kabupaten Sukoharjo merupakan salah satu Kabupaten yang masih menghadapi beberapa permasalahan pelayanan Pendidikan seperti pengurangan jumlah sekolah karena adanya penggabungan sekolah, kurangnya sarana prasarana pembelajaran, dan pelaksanaan manajemen berbasis sekolah (MBS) yang belum berjalan optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan kinerja Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sukoharjo sebagai evaluasi terhadap manajamen pelayanan Pendidikan Dasar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara kepada informan yang dipilih secara purposive (informan yang mengetahui hal yang berkaitan dengan permasalahan penelitian) dan studi dokumentasi terhadap dokumen-dokumen terkait Pendidikan dasar. Validitas data dilakukan dengan menggunakan triangulasi sumber dan teknis analisis data interkatif yang meliputi reduksi, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kinerja Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sukoharjo dalam manjemen pelayanan pendidikan dasar pada indikator responsibilitas organisasi ditunjukkan dengan pelaksanaan kegiatan dan pemberian layanan yang sesuai dengan prinsip administrasi dan kebijakan organisasi, serta telah diterapkan sesuai dengan standar profesionalisme. Pada indikator responsivitas, kinerja Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sukoharjo dalam manjemen pelayanan pendidikan dasar ditunjukkan dengan upaya dalam melakukan pencarian kebutuhan pelayanan SMP dan SD, dan mampu untuk menyusun agenda prioritas pelayanan, serta mengembangkan program-program pelayanan publik. Dalam pemenuhan pengembangan program, perlu memperhatikan hasil asesmen nasional terkait kemampuan sekolah dalam aspek literasi dan numerasi. Kinerja dari indikator akuntabilitas ditunjukkan dari keberpihakan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sukoharjo pada kepentingan masyarakat serta pemenuhan kewajiban memberikan pertanggung jawaban organisasi kepada pihak terkait termasuk kepada masyarakat. Dinas pendidikan dan kebudayaan kebupaten sukoharjo di bidang sd dan smp supaya meningkatkan prioritas pelayanan dan pengembangan program layanan publik kepada sekolah-sekolah di jenjang pendidikan dasar yang mendapatkan penilaian buruk saat assesment nasional. Dinas pendidikan dan kebudayaan Kabupeten Sukoharjo dapat melakukan monitoring kepada sekolah-sekolah tanpa perlu menunggu pertemuan rutin atau keluhan muncul. Dinas pendidikan dan kebudayaan Kabupaten Sukoharjo dapat mengadakan pelatihan rutin bagi para pegawai tanpa menunggu adanya perubahan seperti berubahnya kurikulum.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Almaushofia, N. (2023, 7 9). Pendidikan dan Pembangunan Manusia: Seberapa Penting bagi Pembangunan Negara? Retrieved 3 15, 2024, from Kumparan: https://kumparan.com/nafaalmaushofia/pendidikan-dan-pembangunan-manusia-seberapa-penting-bagi-pembangunan-negara-20julGLKjal/3 Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sukoharjo. (2021). Renstra OPD Th 2021-2026. Retrieved 2 29, 2024, from Dikbud Sukoharjo: https://dikbud.sukoharjokab.go.id/submenu-multi/renstra-opd-th-2021-2026-1 Febiyanti, S dan Kriswibowo, A. (2023). Evaluasi Electronic Government dalam Meningkatkan Kinerja Pelayanan Publik. Jurnal Aplikasi Kebijakan Publik dan Bisnis, 301-3012. Fikri, M dan Achmadi. (2019). Analisis Penilaian Kinerja Pelayanan Publik Studi Kasus Kantor Camat Sako Kota Palembang Tahun 2018 (Berdasarkan Pedoman Permenpan No.7 Tahun 2010). Jurnal Ilmiah Bina Manajemen, 42-51. Grace, M. (2012). Thesis PENGGUNAAN METODE BERCERITA DALAM MENINGKATKAN ASPEK PERKEMBANGAN ANAK USIA DINI : Studi Kasus Pada Kelas Balita Umur 3-5 Tahun Sekolah Minggu Gekari Kota Tanpa Tembok (GKTT) Cabang Kota Bandung. Juarisman, R; Tua, H; S, R.F and Yusri, A. (2020). Evaluasi Kinerja Pelayanan Publik. Jurnal Ilmu Administrasi Negara, 163-173. Nuraeni, I. (n.d.). Thesis Pengaruh Pengalaman Bisnis dan Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Berwibawa Mahasiswa Fakultas Pendidikan Ekonomi dan BisnisUniversitas Pendidikan Indonesia. 2020. Pratisia, N.E; Indarti, S; Dwi, Astri. (2020). Penerapan Responsibilitas dan Transparansi dalam Layanan Publik. Jurnal Profesional FIS UNIVED, 43-49. Rahadi, D. R. (2010). Manajemen Kinerja Sumber Daya Manusia. Malang: Tunggal Mandiri Publishing. Rahardjo, M. (2010, 10 15). Triangulasi dalam penelitian kualitatif. Retrieved 06 26, 2024, from UIN Malang: https://uin-malang.ac.id/r/101001/triangulasi-dalam-penelitian-kualitatif.html Rahayu, A.Y.S; Rahmayanti, K.P; Mahendra, W; Syarien, M.I.A and Afra, S.A. (2020). Performance Evaluation of Public Service Mall (Mall Pelayanan Publik) in Indonesia using the Balanced Scorecard. Public and Governance Review, 123-140. Ristanto, A. D. (2018). Skripsi Studi Kinerja DPRD Kabupaten Pacitan dalam Pelaksanaan Fungsi Legislasi Periode 2014-2019. Pacitan, Indonesia. Sugiarto, E. C. (2019, Juni 25). Pembangunan SDM Menuju Indonesia Unggul. Retrieved April 27, 2024, from Setneg: https://setneg.go.id/baca/index/pembangunan_sumber_daya_manusia_sdm_menuju_indonesia_unggul Thabroni, G. (2022, 4 7). Pendidikan: Pengertian, Unsur, Tujuan, Fungsi, dsb (Lengkap). Retrieved 2 29, 2024, from Pendidikan: https://serupa.id/pendidikan-pengertian-unsur-tujuan-fungsi-dsb-lengkap/ Unicef. (2020, Maret 30). Dengan 23 negara belum membuka kembali sekolah secara penuh, pendidikan berisiko menjadi ‘pemisah terbesar’, seiring pandemi COVID-19 memasuki tahun ketiganya – UNICEF. Retrieved Mei 09, 2024, from Unicef org: https://www.unicef.org/indonesia/id/siaran-pers/dengan-23-negara- Wicaksono, K.W and Ismail, H.H. (2013). PENERAPAN PRINSIP-PRINSIP ADMINISTRASI DALAM BIROKRASI INDONESIA (Sebuah Telaah Kritis Terhadap Reformasi Birokrasi di Indonesia Berdasarkan Perspektif Prinsip-Prinsip Administrasi). Jurnal Bina Praja, 163-168. Widodo, J. (2001). Good governance: telaah dari dimensi akuntabilitas dan kontrol birokrasi pada era desentralisasi dan otonomi daerah. Surabaya: Insan Cendikia. Wiyanto, J. (2022). Thesis Manajemen Komite Sekolah dalam Meningkatkan Kualitas Layanan Pendidikan di Sekolah Dasar Muhammadiyah Palur, Kecamatan Mojolaban, Kabupaten Sukoharjo Tahun 2022. Sukoharjo, Indonesia. Yarrow; Afkar, N. B; Masood, R; Gauthier, E dan Bernard. (2020). Measuring the Quality of MoRA's Education Services. Indonesia: World Bank. Yusuf, D. I. (2015). Skripsi VOTING BEHAVIOR OF ETHICAL SOCIETY AT LOCAL ELECTION (Study on Lampung Siwo Mego Buay Subing Ethnical at Labuhan Ratu Village Labuhan Ratu District of East Lampung Regency). Lampung.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.