Strategi Pengembangan Sumber Daya Manusia Untuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik di Kota Dili

Pascoela Noronha Martins, Sudarmo Sudarmo

Sari

Tujuan penelitian ini, untuk mengetahui dan menganalisis Strategi Pengembangan Sumber Daya Manusia untuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik pada Pemerintah Daerah Dili. Masalah tersebut dilatarbelakangi oleh meningkatnya kebutuhan masyarakat yang akan mendapatkan pelayanan publik, tapi sumber daya manusia yang tersedia, dilihat belum cukup dan mampu untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dibidang pelayanan publik. Permasalahan yang akan diteliti dalam penelitian ini yakni: Bagaimana strategi pengembangan sumber daya manusia untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik pada pemerintah daerah Dili. Dengan menggunakan teori strategi pengembangan sumber daya manusia menurut Jons: Pelatihan, Pendidikan, Pembinaan, Rekrutmen, dan perubahan sistem. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pengembangan SDM dalam peningkatan kualitas pelayanan publik di Pemerintah Daerah Dili dilakukan dengan mencoba program pendidikan pengembangan dan pelatihan dengan memberi izin studi kepada staf untuk melanjutkan pendidikan di universitas-universitas Timor Leste, berdasarkan pada keterampilan dan kemauan staf untuk belajar, serta kembali ke layanan pemerintah daerah setelah menyelesaikan studi, dengan tujuan untuk meningkatkan kinerja dan profesionalisme, dan mencapai kualitas pelayanan publik sesuai harapan masyarakat. Dari sini dapat disimpulkan bahwa pemerintah daerah Dili telah menyusun berbagai program pendidikan dan pelatihan dan mengeluarkan izin belajar bagi staf untuk meningkatkan keterampilan dan kemampuannya untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik sesuai dengan harapan masyarakat untuk terwujudnya good governance dalam sistem pemerintahan Timor-Leste

Kata Kunci

Dili Timor Leste; Kualitas Pelayanan Publik; Pengembangan SDM

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Akhmad. 2016. Studi Pengembangan Kemampuan Sumber Daya Manusia Dalam Pelayanan Publik di Kantor Pelayanan Terpadu Kabupaten Jeneponto. Jurnal Administrasi Publik vol. 6, no. 2.

Dwiyanto. 2012. Manajemen Pelayanan Publik. Cetakan ke III. Penerbit Gadjah Mada University Press.

Elias. 2016. Statistika Municipio Dili.

Gage. 2013. Strategi Pelayanan Pelanggang. Cetakan I, Diterbitkan oleh Tugu Publisher.

Hardiyansyah. 2011. Kualitas Pelayanan Publik. Cetakan I, Penerbit Gava Media.

Hartatik. 2014. Buku Praktis Mengembangkan Sumber Daya Manusia. Cetakan I, Penerbit Laksana, Banguntapan Jogyakarta.

Kadarisman. 2013. Manajemen Pengembangan Sumber Daya Manusia. Cetakan ke II, Penerbit PT.RajaGrafindo Persada, Jakarta.

Kaswan. 2013. Pelatihan dan Pengembangan untuk meningkatkan Kinerja SDM. Cetakan ke II, Penerbit Alfabeta Bandung.

Masdar dkk. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia Berbasis Kompetensi untuk Pelayanan Publik. Cetakan I, Penerbit Airlangga University Press.

Moenir. 2014. Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Cetakan ke 10, Dicetak oleh Sinar Grafika Offset.

Mulyadi. 2018. Studi Kebijakan Publik dan Pelayanan Publik. Cetakan III, Penerbit CV Alfabeta, Bandung.

Priansa. 2014. Perencanaan dan Pengembanga SDM. Penerbit Alfabeta Bandung.

Punna Mohram. 2014. Pengaruh Kemampuan Sumber Daya Manusia Terhadap Pelayanan Publik (Studi Tentang KTP pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Nagan Raya). Skripsi Universitas Teuku Umar.

Ratminto dan Winarsih. 2014. Manajemen Pelayanan. Cetakan ke XII, Penerbit Pustaka Belajar, Yogyakarta.

Riska Madogo. 2016. Upaya Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia Di Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Pulau Morotai Provinsi Maluku Utara Tahun 2016. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Rudi Rinaldi. 2012. Analisis Kualitas Pelayanan Publik (Studi Pada Biro Umum Sekretariat Daerah Propinsi Sumatera Utara). Jurnal Administrasi Publik, vol.1, no.1.

Soedarmayanti. 2014. Manajemen Strategi. Cetakan ke I, Diterbitkan oleh PT.Refika Aditama.

Suryono. 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia: Etika dan Standar Profesional Sektor Publik. Cetakan I, Penerbit Universitas Brawijaya Press.

Yuniarsih dan Suwatno. 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia. Cetakan ke III, Penerbit Alfabeta Bandung.

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.