Inovasi Pelayanan Akta Kelahiran Anak oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) di Kota Surakarta
Sari
Cakupan kepemilikan akta kelahiran di Indonesia masih rendah, tetapi Pemerintah Kota Surakarta berhasil melampaui target Nasional dengan cakupan kepemilikan pada tahun 2016 yaitu 95,85%. Tingginya kepemilikan akta kelahiran didukung inovasi yang dilakukan Dispendukcapil Kota Surakarta yaitu Relasi Pencatatan Kelahiran, Kartu Insentif Anak (KIA), Mobil Keliling, Pelayanan Online, Pelayanan 3in1, serta Akta untuk Anak Terlantar dan HIV. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bentuk inovasi akta kelahiran menggunakan teori Tipologi Inovasi dari Muluk, serta Level dan Kategori inovasi dari Mulgan dan Albury (dalam Muluk: 2008). Dan untuk menganalisis faktor yang mempengaruhi sehingga inovasi sektor publik dengan teori Suwarno (2008) yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan teori triangulasi sumber dan teknik analisis data menurut Sugiyono (2013). Hasil penelitian menunjukkan bahwa tipologi inovasi yang dilakukan yaitu inovasi metode layanan, inovasi produk layanan, inovasi proses dan inovasi kebijakan. Level inovasi adalah inovasi inkremental, sedangkan kategori inovasi adalah inovasi sustaining. Faktor-faktor yang mempengaruhi inovasi pelayanan akta kelahiran Disendukcapil Kota Surakarta yaitu visi misi, sarana prasarana, Sumber Daya Manusia, keuangan, demografi, teknologi dan politik.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Ancok, D. (2002). Psikologi Kepemimpinan dan Inovasi. Jakarta: Erlangga.
Muluk, K. (2008). Knowledge Management: Kunci Sukses Inovasi Pemerintahan Daerah. Malang: Bayumedia Publishing.
Suwarno, Y. (2008). Inovasi di Sektor Publik. Jakarta: STIA-LAN Press.
Sumarwati. (2013). Menulis Karya Ilmiah dalam Bahasa Indonesia. Surakarta: UNS Press.
Sugiyono. (2010). Metode penelitian pendidikan: pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta Bandung.
Anton, M. (2016). Target nasional akta kelahiran. Diperoleh dari: http://www.birojasaabhimata.com/targe t -nasional-akta-kelahiran/, pada: 2 April 2017
Kusnadi. (2017). Disdukcapil Blora Kerjasama dengan RS dan Kemenag untuk Layanan Cepat Adminduk. Diperoleh dari: http://infopublik.id/read/188519/disduk capil-blora-kerjasama-dengan-rs-dankemenag-untuk-layanan-cepatadminduk.html, pada: 3 April 2017.
Humas 2 Kementrian Koordinasi Bidang Pebangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK). (2017). Jadi Agenda Prioritas, Kemenko PMK Dorong Kepemilikan Akta Kelahiran. Diperoleh dari: https://www.kemenkopmk.go.id/artikel/ jadi-agenda-prioritas-kemenko-pmkdorong-kepemilikan-akta-kelahiran, pada: 1 April 2017.
Wahyudiyanta, I. (2015). 8 Kota/Kabupaten Tembus Target Kepemilikan Akta Kelahiran Anak. Diperoleh dari: http://news.detik.com/berita-jawa-timur/3037745/8-kotakabupatentembus-target-kepemilikan-aktakelahiran-anak, pada: 25 Maret 2017.
Cara, Syarat, dan Biaya Mengurus Akta Kelahiran Baru (2016). Diperoleh dari : https://www.cermati.com/artikel/carasyarat-dan-biaya-mengurus-aktakelahiran-baru, pada : 5 April 2017.
Dahniar, A. (2014). Inovasi Birokrasi: Harapan Atas Reformasi Birokrasi Indonesia di Era Pemerintahan Baru. Diperoleh dari: http://bdkbandung.kemenag.go.id/jurnal /240-inovasi-birokrasi-harapan-atasreformasi-birokrasi-indonesia-di-erapemerintahan-baru, pada: 2 April 2017.
Pieczka, M & Escobar, O. (2013). 'Dialogue and science: Innovation in policy- making and the discourse of public engagement in the UK' Science and Public Policy, 40 (1) pp. 113-126. DOI:10.1093/scipol/scs073
Anggraeny, C. (2013). Inovasi Pelayanan Kesehatan dalam Meningkatan Kualitas Pelayanan di Puskesmas Jagir Kota Surabaya. Kebijakan dan Manajemen Publik. 1 (1), ISSN 2303 - 341X.
Handiyastuti, V.I. (2014). “Lahir Procot, Pulang Bawa Akta”: Sebuah Inovasi Pelayanan Penerbitan Akta Kelahiran di Kecamatan Banyuwangi Kabupaten Banyuwangi. Laporan Penelitian Tidak Dipublkasikan. FISIP Universitas Jember.
Mayangsari, P.I. (2012). Inovasi PT. Pos Indonesia dalam Menjaga Eksistensi dan Daya Saing Pelayanan Publik (Studi Pada PT. Pos Indonesia Sidoarjo 62100). Jurnal Administrasi Publik (JAP), Vol 1, No.2, hal. 248-256.
Mirnasari, R.M. (2013). Inovasi Pelayanan Publik UPTD Terminal Purabaya-Bungurasih. Kebijakan dan Manajemen Publik. 1 (1), ISSN 2303-341X.
Fitriana, D.N. (2014). Inovasi Pelayanan Publik BUMN (Studi Deskriptif tentang Inovasi Boarding Pass System dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Kereta Api PT KAI di Stasiun Gubeng Surabaya). Kebijakan dan Manajemen Publik. 2 (1), ISSN 2303 - 341X.
Pratama, M.R. (2013). Inovasi Pelayanan Publik (Studi Deskriptif Tentang Nilai Tambah (Value Added) Inovasi Pelayanan Perizinan Bagi Masyarakat Di Kota Kediri). Kebijakan dan Manajemen Publik. 1 (2). 2013 ISSN 2303 - 341X
Prawira, M.A. Noor, I. & Nurani, F. (2014). Inovasi Layanan (Studi Kasus Call Center SPGDT 119 sebagai Layanan Gawat Darurat pada Dinas Kesehatan Provinisi DKI Jakarta). Jurnal Administrasi Publik (JAP). 2 (4). Hal. 715-721
Samsara, L. (2013). Inovasi Pelayanan Paspor di Kantor Imigrasi (Studi tentang Peningkatan Kualitas Pelayanan Surat Perjalanan Republik Indonesia di Kantor Imigrasi Klas I Khusus Surabaya ). Kebijakan dan Manajemen Publik. 1 (1). ISSN 2303 - 341X
Zulita, L.N. & Kanedi,I. (2011). Sistem Administrasi Pelayanan Pada Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kota Bengkulu. Jurnal Media Infotama. 7 (2). ISSN 1858 – 2680.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.